Pemain Terbaik Ballon d’Or (FIFA). Senin 9 Desember 2013 FIFA mengumumkan 3 kandidat calon pemain terbaik dunia Ballon d’Or. Dari 10 kandidat tiga kandidat terpilih, yakni Christiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Franck Ribery. Dari ketiga kandidat tersebut Ronaldo lebih difavoritkan untuk mendapatkan piala Pemain Terbaik Dunia Ballon d’Or 2013.

Tulisbaca.com Ribery,Messi,Ronaldo
Ribery | Messi | Ronaldo

Penyerang asal Swedia yang memperkuat tim Paris Saint German (PSG), Zlatan Ibrahimovic gagal masuk 3 kandidat. Namun, Ibrahimovic berpeluang besar untuk mendapatkan penghargaan gol terindah 2013 atau Puskas Award 2013. Gol tersebut tercipta saat laga Swedia melawan Inggris dalam pertandingan persahabatan. Ibrahimovic menciptakan gol dengan tendangan voli membelakangi gawang, jauh dari luar kotak penalti.

Dari ketiga kandidat tersebut CR lebih difavoritkan untuk menjadi pemain terbaik dunia ballond’Or 2013. Dengan permainan terbaiknya pemain berusia 28 tahun ini bereluang menggantikan takhta 4 tahun terakhir yang selalu dipegang oleh Lionel Messi. Dan dua tahun terakhir Ronaldo hanya menempati posisi 2 terbaik.

Christiano Ronaldo sangat berpengaruh besar terhadap klubnya Real Madrid dan tim nasional Portugal. Tahun ini Ronaldo mencetak 38 gol, termasuk hattrick dalam playoff kedua piala dunia melawan Swedia, pertengahan November Lalu. Portugal lolos ke Brasil menang agregat 4-2 dengan Swedia.

Artikel terkait : Pemain Bintang yang Absen Piala Dunia 2014

Musim ini Ronaldo lebih unggul dam produktif dibandingkan Lionel Messi. Liga Spanyol –  Ronaldo menetak 17 gol, sedangkan Messi hanya mencetak 8 gol. Kompetisi antar klub Eropa Liga Spanyol Ronaldo mencetak 8 gol, sedangkan Messi hanya 6 gol.

Ketika nama Ronaldo dan Messi tersebut muncul sebagai kandidat Pemain Terbaik Ballon d’Or mungkin tak asing lagi bagi kita. Namun, nama baru muncul yaitu Franck Ribery. Pemain asla Prancis ini sukses membawa klubnya Bayern Munchen menjadi treble pada musim 2012/2013. Bayern Munchen menjuarai Liga Jerman, Piala Jerman, dan Liga Champions. Ribery sukses mempersembahkan 15 gol untuk Bayern Munchen.

Untuk kategori pelatih terbaik FIFA mengumumkan tiga kandidat, tiga kandidat tersebut adalah Alex Ferguson (mantan Manajer Manchester United), Jupp Heynkes(mantan Pelatih Bayern Munchen), dan Jurge Klopp (Pelatih Borussia Dortmund).

Untuk kategori pemain putri terbaik FIFA mengumumkan 3 kandidat terbaik, yaitu Nadine Angerer (Jerman), Marta (Brasil), dan Abby Wambach (Amerika Serikat). Dan kandidat pelatih putri terbaik adalah Ralf Kellerman (Vfl Wolfsburg), Silvia Neid(Tim Nasional Jerman), dan Pia Sudhage (Tim Nasional Swedia).

Pengumuman Pemain Putra Terbaik, Pelatih Putra Terbaik, Pemain Putri Terbaik, dan Pelatih Putri Terbaik akan diumumkan pada 13 Januari 2014 di Zurich, Swiss.

Siapa Jagoanmu ?