Kursus-Online

Salah satu contoh peluang usaha/bisnis yang menjanjikan adalah membuka kursus online. Tak harus berjarak kilometer untuk mendapatkan ilmu saat ini, dengan jarak sentimeter kita sudah bisa menimba ilmu. Salah satunya dengan mengikuti kursus online. Namun, pada artikel ini saya akan membahas cara membuka kursus online dan menjadikannya uang/konversi ke uang.

Persiapan Membuka Kursus Online

1. Kemauan
Tanpa kemauan sesuatu tak akan terlaksana. Saya rasa anda mengklik artikel ini karena 2 hal : pertama tertarik akan judulnya, kedua, ingin mengetahui isinya dan mengamalkannya sekaligus. Bila anda tertarik untuk mengadakan kursus online berarti itu sudah ada yang namanya KEMAUAN.

2. Keterampilan / Kemampuan
Ini adalah hal pokok bila ingin mengadakan kursus online. Keterampilan/kemampuan dapat berupa pandai bahasa inggris, mendesain template blog, menjahit, SEO, bisnis online, dll. Yang penting anda memilki keterampilan/kemampuan yang benar-benar telah dipahami. Ragu bila peminatnya tidak ada? Teruslah nantinya untuk berpromosi, karena setiap keterampilan pasti ada pemintatnya.

3. Media Penyampaian
Setelah persiapan nomor 2 telah terpikirkan, mulailah memikirkan seperti apa media penyampaian materi kepada murid-murid anda. Media penyampaian bisa berupa ebook, grup diskusi, video, artikel, audio, dan skype ( berdiskusi melalui video ).

4. Media Promosi
Hal terpenting kedua, yakni promosi. Ingin melakukan suatu bisnis tak melakukan promosi, jangan harap akan sesuai rencana. Jangankan mendapat pelanggan, dikenal orang pun tak ada. Itulah arti penting promosi. Media promosi bisa melalui fb ads, pay per click, menjadi advertiser, dan membuat suatu sitis untuk memiliki situs website self host.
Baca Juga ini : Peluang Bisnis Modal Kecil

P.S : Selain website anda juga bisa memanfaatkan Fans Page facebook sebagai media promosi.

5. Media Registrasi Member
Inilah hal utama lainnya. Kalo gak ada media registrasi member, gimana cara tau bahwa ada yang tertarik dengan kursus anda ? Media registrasi dapat berupa konfirmasi dengan sms atau menyediakan form registrasi di situs anda dan bisa juga dengan mengirim data diri ke email yang telah anda persiapkan.

Membuka Kursus Online dan menKonversinya ke fee

Tahap selanjutnya anda lakukan bila persiapan-persiapan di atas telah terpenuhi. Langkah sederhana untuk memulai yakni dengan memulai berpromosi.

~ Berpromosi
Kenalkanlah kursus yang anda adakan pada teman-teman terdekat dan teman-teman anda di media internet. Intinya kursus online anda dikenal orang-orang yang dirasa membutuhkan ( sesuai pasar ). Promosi yang ampuh mendatangkan murid yakni dengan mengadakan kontes, bisa berupa kontes review/kontes review + SEO.

~ Produk Trial
Produk Trial merupakan produk gratis yang diberikan pada pengguna internet. Hal ini bertujuan untuk berpromosi,  meyakinkan orang-orang bahwa anda benar-benar mengadakan sebuah kursus, dan menyampaikan materi/gambaran materi bila mereka mengikuti kursus yang anda adakan.

~ Mengkonversikan materi ke fee (monetize)
Inilah yang selalu diharapkan, pengguna internet menjadi penghasilan bagi anda. Cara mengkonversikan member menjadi fee sebagai berikut :

          1. Premium Member.
Hal dasar menjadi murid sebuah kursus yakni dengan membayar. Jadi, setiap pengguna internet yang ingin mengikuti kursus anda harus membayar untuk mendapatkan materi.

          2. Materi Spesial
Materi special adalah materi yang gratis untuk premium member dan berbayar bagi fee member ( pengguna internet yang bukan murid ). Ini merupakan cara kedua memonetize kursus anda menjadi uang. Buatlah materi special ( kursus ) mengenai suatu hal, isinya harus lengkap dan to the point.
Materi special juga berfungsi untuk merekrut murid baru. Bila saja mereka yang memiliki materi special tertarik untuk mengikuti kursus anda.
Baca Juga ini : Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

SIMULASI !

Sebutlah namanya si “Kapak”
→ Kapak seorang karyawan direkomendasikan oleh temannya untuk membeli materi special kursus anda. Setelah membeli dan membacanya, Kapak pun praktek. Wah ternyata isi materi tersebut benar-benar bisa menghasilkan. Karena semakin tertariknya untuk lebih ia mendaftar sebagai premium member←  uang mengalir ke kantong anda ^-^.

Untuk cara memonetize yang lain, dipersilahkan kepada anda untuk bereksperimen.

Contoh Kursus Online
~ ARL SEO
ARL SEO merupakan kursus SEO yang diadakan oleh Chairul Anwar ( Airul ). Alamat kursus SEO bang Airul http://belajar-seo.ariseo.com. Kursus seo online yang diadakan oleh bang Airul media penyampaiannya berupa artikel dan diskusi melalui skype.

~ Baba Studio
Haaa… baba studio adalah kursus online mendesain situs website/blog, internet marketing, dan animasi. Kini baba studio telah memiliki lebih dari 5000 murid. Alamat resmi baba studio http://babastudio.com.
Tertarik mengadakan kursus online ? Berikut ide-ide untung mengadakan kursus online sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

~ Ide-ide Kursus Online ( . . . . )

1. SEO
2. Desain Web/blog
3. Bisnis online
4. Membuat toko online
5. Menulis
6. Menjahit
7. Melukis
8. Animasi / desain grafis
9. Facebook Marketing
10. Bisnis property.

Semoga beberapa ide diatas dapat memberikan gambaran kepada anda. Bila anda berniat untuk mengadalan kursus online mulailah untuk menulis trial dan bekerja sama dengan mereka yang setopik dengan kursus anda, tentunya ini agar berjalan dengan baik. Semoga menginspirasi jiwa bisnis kita para pembaca.

P.S :   Dimohon bantuannya untuk men-share artikel ini Kursus Online ~ Peluang Usaha Yang Menjanjikan. Jika teman anda sama terbantunya dengan anda, Insha Allah anda akan mendapatkan pahala. Tolong di share dengan tombol di bawah ini.