Olahan Hasil Barang Bekas ~ Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan
Olahan Hasil Barang Bekas ~ Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan

Bisnis yang menguntungkan tak selalu dengan modal yang besar. Dengan modal ketekunan, kepedulian, dan kreatifitas kita sudah dapat berbisnis. Salah satunya dengan mengolah barang bekas menjadi suatu benda yang elok, fungsional, dan aduhai rupanya. Walau hanya dari barang bekas bila barang tersebut memiliki bentuk yang menarik, fungsi yang begitu bermaanfaat, dan menggoda untuk dimiliki anda bisa patok hingga harga jutaan rupiah.

Ide Mengolah Barang Bekas Menjadi Suatu Usaha Modal Kecil

1. Mengolah Barang Bekas Plastik
Plastik merupakan benda yang sulit terurai oleh mikroorganisme. Walaupun plastik tertimbun bertahun-tahun plastik tersebut tak akan hancur. Mari kita manfaatkan dan olah plastik menjadi barang yang fungsional dan menarik, hingga plastik itu dapat digantikan dengan rupiah. Contoh pengolahan kembali plastik menjadi barang yang berguna :

– Botol minuman bekas menjadi tempat bunga atau tempat bibit.
– Tempat minyak goreng yang plastik dijadikan suatu tempat penyimpanan, seperti tas.
– Kantong plastik yang dijadikan sebagai hiasan bunga.

2. Mengolah Barang Bekas Besi/Aliminium
Menurut saya besi/aluminium bekas merupakan barang yang mudah diolah dan bernilai harga yang cukup mahal. Bila bentuk yang dihasilkan menarik, unik, dan fungsional tentu harga akan lebih mahal dibanding besi yang sedikit keunikannya. Gambaran berikut ini akan memberikan tips mengolah besi menjadi barang yang bernilai :

– Botol minuman bekas yang terbuat dari besi/aliminium dapat anda sulap ke benda yang memiliki variasi warna sebagai suatu hiasan.
– Botol minuman kaleng susu dijadikan celengan dengan variasi warna dan tambahan gambar.
– Besi bekas lainnya dijadikan mainan atau miniatur.
Besi/aluminium bekas akan lebih menarik bila ditambahkan dengan cat/warna dan variasi gambar.

3. Mengolah Kertas Bekas
Kertas yang biasanya digunakan sebagai media menulis atau menggambar, kini bisa dijadikan suatu benda yang berbentuk menarik dan unik. Tentunya kertas yang digunakan kertas bekas. Berikut ini beberapa seni dari kertas bekas :

– Origami
Masih adakah yang tak mengenal origami ? Origami merupakan seni melipat kertas menjadi hewan, tumbuhan, miniatur, kendaraan, dll. Origami menggabungkan kecerdasan dengan kreatifitas. Origami berasal dari Jepang. Ciptakanlah bentuk menarik, unik, dan indah dipandang dan pasarkanlah hasil kreatifitas anda tersebut.

– Papercraft
Masih seni melipat kertas. Selain origami masih ada seni melipat kertas yang bernama papercraft. Namun papercraft lebih mudah untuk melipatnya, hanya dengan mengikuti pola-pola dari desain yang telah ada. Bila bentuk papercraft yang anda bentuk unik bisa saja itu untuk ditawarkan.
Baca juga ini : Cara Membuat Papercraft

– Stop motion paper
Seni ini saya tak tau namanya. Namun, seni kertas ini mengandalkan gabungan animasi dengan karakter yang terbuat dari kertas atau karton bekas. Stop motion merupakan seni dengan memfoto benda/karakter satu per satu melalui kamera foto, lalu digabungkan sehingga menjadi video/film. Langsung saja beri contoh film pendek pemanfaatan kardus bekas yang dibuat oleh kak Wahyu Aditya. Silahkan tonton dengan mengetik keyword “Stop Human Cloning Wahyu Aditya”.

Itulah beberapa ide pemanfaatan barang bekas. Ciptakanlah benda dengan variasi warna, bentuk, dan gambar yang intinya unik, menarik, dan fungsional. Lanjutkanlah dengan memasarkannya.
Artikel terkait : Cara Promosi Online

Kisah Sukses dengan Mengolah Barang Bekas

1. Nuning Widowati
Seorang karyawati bernama Nuning Widowati merasa sayang beribu kali kenapa ia dahulu membuang kaleng susu yang telah habis diminum oleh anaknya. Kemudian ia berfikir untuk membuat sesuatu dari kaleng susu tersebut. Munculah ide dengan menjadikan kaleng susu tersebut sebuah celengan.
Bermodalkan iseng membuat celengan ia telah mendirikan rumah usah Omah Kenken. Nuning sengaja mengumpulkan kaleng/kotak susu dan mengajak tetangganya bekerja dengan berkarya. Kini Nuning terus memproduksi celengan dari kotak/kaleng susu. Tertarik ingin seperti Nuning langsung saja olah kaleng susu menjadi celengan.

2. Sawo Kecik
Sawo Kecik dikelola oleh pasang Pimpi dan Rangga. Pimpi dan Rangga berkreasi membentuk kotak susu jadi dompet dan tempat paspor. Pada awalnya pasangan ini hanya memanfaatkan kotak susu bekas konsumsi sendiri. Begitu mulai menjual, ternyata peminatnya banyak. Mulailah Pimpi dan Rangga bekerja sama dengan beberapa kafe untuk menampung kotak susu yang sebelumnya dibuang begitu saja. Produk dengan label sawo kecik telah tersebar di Indonesia dan pemesan ada yang dari luar negri. Hanya mengolah barang bekas pembeli berasal dari luar negri. Tertarik ingin seperti itu ? Kembangkan kreatifitasmu dan mulai action sekarang !
Baca Juga ini : Peluang Usaha yang Menjanjikan

Bisnis yang menguntungkan kerap kali bukan berawal dari modal finansial yang besar. Lebih dari kecukupan modal uang sebagai awalan kreativitas dan ketekunan menjadi pendorong utama bisnis untuk terus maju. Tangan-tangan kreatif telah membuktikan bahwa barang yang kita pikir tak bisa terpakai ulang pun bisa menjadi bernilai. Mereka mengubahnya menjadi beragam bentuk yang elok dan fungsional. Modal kecil bukan berarti menghasilkan yang kecil pula. Tapi modal kecil adalah awal menuju kebesaran. Semoga artikel ini menginspirasi anda.

P.S :   Dimohon bantuannya untuk men-share artikel ini Mengolah Barang Bekas ~ Peluang Usaha Modal Kecil Menguntungkan. Jika teman anda sama terbantunya dengan anda, Insha Allah anda akan mendapatkan pahala. Tolong di share dengan tombol di bawah ini.