Dunia-Fotografi

Yang namanya sudah hobi memang sangat sulit dihilangkan. Namun yang menjadi masalah apabila hobi tidak disalurkan dan dimanfaatkan dengan baik, ternyata hanya membuat kesenangan semata. Memang hobi menjadi sumber kepuasan dan kesenangan, namun apabila hobi juga bisa menambah pemasukan mengapa tidak? Berulang kali kami membenarkan bahwa dunia fotografi adalah dunia yang menyenangkan sekaligus bisa menjadi sumber pemasukan Anda.

Ada banyak sekali peluang bisnis yang masih berhubungan erat dengan dunia fotografi. Bahkan beberapa diantaranya berpotensi memberikan keuntungan banyak meski dengan modal yang cukup terbatas. Jadi bagi Anda yang memiliki passion di dunia fotografi, namun masih bingung bagaimana mekanisme bisnis yang akan dijalankan? Berikut kami berikan beberapa contoh opsinya:

Bisnis Studio Foto

Yang utama memang bisnis studio fotografi, karena memang umumnya seorang fotografer professional memiliki bisnis ini. Ada banyak fotografer muda yang cukup sukses dengan bisnis ini, namun Anda harus memiliki cukup pengalaman dan modal cukup besar mengingat ada banyak peralatan yang dibutuhkan.

Dalam studio foto menyediakan berbagai layanan seperti pas foto, foto keluarga, foto pre-wedding, layanan cetak dan menjual berbagai pernak-pernik yang berhubungan dengan fotografi. Perangkat seperti lighting, reflector, beberapa kamera dan backdrop adalah yang terutama dalam studio foto disamping perangkat pendukung seperti printer dan komputer.

Jual Figura atau Frame

Bisnis yang mungkin cukup jarang diminati karena umumnya penggemar fotografi lebih menyukai bisnis seperti studio foto. Namun kenyataannya bisnis ini sangat menguntungkan karena setiap penyedia layanan fotografi membutuhkan figura atau frame foto. Jika memang berminat Anda bisa menjadi distributor maupun reseller figura. Selain untuk foto, figura juga bisa dipakai untuk menjadi bingkai surat-surat berharga seperti piagam, sertifikat, ijazah dan lain-lain. Bahkan bisa juga untuk menjadi bingkai sebuah lukisan.

Baca juga:  Tips Membangun Reputasi Bisnis yang Baik di Internet

Bisnis Percetakan Dengan Mini Lab

Mungkin saat ini sudah banyak fotografer yang menggunakan perangkat printer inkjet yang lebih ringkas dan portable. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya umumnya untuk cetakan dalam jumlah banyak, seorang fotogarfer harus membawanya ke tempat percetakan yang memiliki mesin mini lab digital.

Mesin ini biasanya dimiliki studio besar dan mampu menghasilkan cetakan beberapa foto dalam waktu sekian detik. Bila Anda tertarik bisnis ini sangat menguntungkan karena order bisa berasal dari studio foto lain dan konsumen umum. Hanya saja mesin mini lab dibanderol cukup mahal hingga ratusan juta.

Bisnis Photo Booth

Sebuah bisnis yang belum lama ini berkembang dan tidak kalah menguntungkan. Jasa Photobooth adalah jasa layanan fotografi dengan hasil foto langsung jadi. Biasanya disewa oleh konsumen yang sedang mengadakan acara pesta pernikahan, ulang tahun, gathering dan lain-lain. Ini adalah salah satu bisnis foto yang mengandalkan kreativitas karena ada cukup banyak property yang digunakan seperti backdrop, dan property unik lainnya. Penggunaan alat cetaknya pun bukan dengan printer inkjet, melainkan semacam mini lab dengan ukuran lebih kecil.

Bisnis Sewa Kamera

Raih penghasilan puluhan juta rupiah dengan bisnis penyewaan kamera, khususnya kamera DSLR. Ya, meski dengan modal yang cukup banyak untuk pembelian beberapa unit kamera, namun kenyataannya bisnis ini sangat menggiurkan. Bayangkan saja saat ini jasa layanan penyewaan kamera membanderol harga diatas Rp 80 ribu sampai ratusan ribu untuk setiap sewa 12 jam.

Baca juga:  Apakah Peluang Usaha Cuci Helm Masih Punya Potensi?

Selain penyewaan kamera bisa juga dengan menambahkan penyewaan lensa kamera dari berbagai jenis serta sewa perangkat fotografi lain. Jadi sebagai contoh, bila Anda memiliki sekitar 5 unit kamera dan tersewa semua dalam satu hari maka omset Anda bisa diatas Rp 300 ribu per hari. Belum termasuk penghasilan dari sewa perangkat lain.

Jual Beli Kamera

Jangan kira hanya toko-toko elektronik besar saja yang mendominasi bisnis jual beli kamera. Saat ini cukup banyak usaha kecil milik perorangan yang juga menggeluti bisnis jual beli kamera. Mereka banyak muncul di forum jual beli online. Bila Anda berminat bisnis ini cukup menggiurkan, dan bisa dijalankan secara online.