Model Bisnis Online Terbaik

1. Toko Online

2.Affiliate

3.Dropship

4.Iklan Online

============
Model bisnis online itu beragam, namun, secara garis ebsar terdapat 4model, yakni toko online, affiliate, dropship, dan periklanan online. Pengen tau ? click..

 1.Toko Online

Toko Online adalah model bisnis online yang banyak digeluti dan paling umum, penjual menawarkan produk / jasa kepada pengguna internet. Penjual menampilkan detail produk yang dapat menarik pengunjung untuk melakukan proses transaksi. Toko online dapat dibuat menggunakan :

  1. Website Sendiri, contoh domaintokoonlineanda.com, domaintokoonlineanda.net, domaintokoonlineanda.us
  2. Blog Gratis, contoh domaintokoonlineanda.blogspot.com, domaintokoonlineanda.wordpress.com
  3. Marketplace, contoh Tokobagus.com, Berniaga.com, Olx.co.id, Multiply, Tokopedia.com
  4. Social Media, Fans Page Facebook.

■ Keuntungan dan Kelemahan Toko Online dengan Blog Gratisan & Marketplace

■ Website Sendiri

(+) Web sendiri memberikan kredibilitas dan dikontrol sepenuhnya oleh diri sendiri, Anda dapat memasang Live Support Chat, serta anda dapat berkreatifitas terhadap web sendiri.

(-) Anda harus mengeluarkan ‘’fee’’untuk membeli domain dan hosting, jika anda tidak bisa mendesaian web tentunya anda harus membayar pula agar mendapatkan desain tersebut.

■ Blog Gratisan

(+) Anda tidak perlu berinvestasi untuk membeli domain dan hosting.

(-) Terlihat kurang serius, Anda harus Menyepakati Privacy and Police yang telah ditetapkan perusahaan penyedia layanan blog gratisan, Toko Online terlihat tak profesional dan Calon pembeli bisa menduga blog tersebut hanya penipuan.

■ Marketplace

(+) Praktis, Mudah, Instan, dan Tanpa Modal.

(-) Anda tidak dapat berkreatifitas, Dikontrol admin ( apakah produk anda tersebut layak ditanyangkan atau tidak ), Anda harus menyepakati Privacy and Police yang telah ditetapkan.

Disarankan untuk memiliki Toko Online yang Website Sendiri. Blog gratisan dan Marketplace dapat anda gunakan untuk promosi perantara / mendatangkan pengunjung ke web utama.  Serupa dengan Toko di dunia nyata, Toko Online juga membutuhkan :

  1. Pemasaran

Datangkanlah pengunjung dengan traffic sangat tinggi, anda dapat menggunakan SEO, Promosi web dengan FB dan TWITTER, SEM ( Search Engine Marketing ), dan Promosi menggunakan Brosur di dunia nyata. Ingat Traffic is Money, Traffic adalah Tantangan Bisnis Online anda.

2. Proses Transaksi

Proses transaksi meliputi Pemilihan Produk, Pemesanan produk, Pembelian produk, Proses pembayaran hingga produk sampai ditangan pembeli. Bila barang telah sampai ditangan pembeli sebaiknya anda meminta terstimonial dari pembeli anda tersebut. Berikanlah layanan yang Prima ( Cepat, Mudah, Aman dan Nyaman ).

3. Pengelolaan Stok

Kepastian, Keakuratan, dan perkiraan jumlah stok barang yang tersedia mengurangi ketidakpuasan calon pembeli. Jika calon pembeli akan memesan terlebih dahulu anda harus memantapkan kepastian kapan barang tersebut akan dikirim, dan ketersediaan produk.

Baca juga:  Mengapa Perlu Menggunakan Rekening Bersama Saat Jual Beli Online

4. Pengiriman Produk

Andalkanlah perusahaan ekspedisi untuk mengirimkan barang pesanan konsumen. Perhatikanlah perusahaan ekspedisi apa yang mampu menangani pengiriman tersebut dengan profesional dan hati-hati. Tidak semua perusahaan ekspedisi dapat melayani dengan prima, anda perlu menanyakan kepada calon pembeli perusahaan ekspedisi apa yang dapat diandalkan di wilayah mereka. Informasikan dan Berikanlah No. Resi kepada Pelanggan anda tersebut.

Artikel Terkait : Cara Rahasia Bisnis Online

■ Pelayanan Prima

Pelayanan Prima adalah faktor  kunci  dalam  keberhasilan  perusahaan.  Jika  bisnis  tumbuh dan berkembang dan tetap biasa  bertahan dalam  persaingan  maka keuntungan dan pendapatan juga harus meningkat. Jadi mari terapkan Pelayan Prima.

1. Kredibilitas

Kredibilitas sangat bergantung terhadapa apa yang anda tampilkan di dalam website, pelayanan ekstra, pelayanan ramah, bukti pengiriman, dan testimonials.

2.Pelayanan 24 Jam.

Pelanggan bisa datang kapan saja. Informasikanlah di dalam web anda tersebut informasi yang tepat dan akurat jika akan mengubungi Customer Service. Sebaiknya anda sediakan Pelayanan 24 jam agar pelanggan bisa berkomunikasi kapan saja.

3. Responsif

Respon cepat dan tanggap, Melayani setulus hati, dan menyelesaikan dengan cepat dan tepat merupakan kunci sukses dan meningkatkan kesenangan pelanggan terhadap layanan yang anda berikan.

2. Affiliate

cara-kerja-affiliate-marketing

Skema proses Affiliate Marketing

Bisnis affiliate bila kita terjemahkan keapda bahasa sehari-hari artinya calo dunia maya. Dalam affiliate ini kita adalah sebagai Calo / Broker.  Tugas kita adalah Membuat website toko online yang khusus memasarkan produk dari web affiliate. Web tersebut menginformasikan barang apa yang dijual, review dan analisis mengenai kelebihan dan kekurangan produk.

Apabila calon pembeli berminat dia akan pesan untuk membeli produk yang ditampilkan di website dan mengklik pembelian. Setiap transaksi kita akan mendapat persentase ‘’fee’’ dari penjualan tersebut. Bila kita ikut affiliate dari amazon kita akan menerima komisi persentase sebesar 4% dari harga produk yang dibeli oleh pelanggan.

Web yang menerapkan model affiliate adalah : amazon[dot]com dan clickbank[dot]com (INTERNASIONAL) Lazada[dot]co[dot]id (LOKAL)

Toko online Afiliasi ini sangat mudah karena kita tidak mengurus pengiriman barang, ketersediaan produk, keluhan konsumen. Hal yang terpenting dari bisnis model ini ialah Traffic Pengunjung website yang sangat tinggi.

Perhitungan Komisi yang didapat.

  1. Kamera seharga $100

$100 = Rp 1.000.000

Komisi 4%

4% X Rp 1.000.000 = Rp 40.000,-

Baca juga:  Jangan Asal Memotret Produk yang Diposting di Web

Jadi kita mendapatkan komisi 40ribu dari harga barang 1juta rupiah.

3.Dropship

url

Dropshiping adalah suatu cara menjalankan toko online yang mana anda tidak perlu memiliki stok barang dan tidak pula mengirimkan barang. Anda sebagai pengecer dunia maya. Anda hanya perlu mempromosikan barang lewat online maupun offline. Kunci utama ialah Traffic yang tinggi.

Cara kerjanya :

  1. Anda membuat toko online dan mempromosikan barang yang dijual.
  2. Anda menerima pesanan dan pembayaran dari pelanggan anda.
  3. Anda mentransfer dan konfirmasi barang yang dibeli kepada penjual utama.
  4. Penjual utama mengirim barang.
  5. Barang diterima oleh buyer anda.

Keuntungan :

  1. Anda tak perlu mengeloloa stok barang.
  2. Modal Kecil
  3. Proses dan kinerja praktis & mudah.

Resiko :

Jika ada pemesanan ulang dari pelanggan anda, bila pembelian pertama disaat pengiriman tidak diatasnamakan atas nama anda, pelanggan anda bisa langsung melakukan transaksi dengan penjual utama dan keuntungan tak lagi untuk anda,

Laba yang didapatkan :

1.Keuntungan yang anda tetapkan sendiri

2.Persentase komisi yang diberikan oleh penjual utama.

Sistem Dropship ini sangat Parktis dan Mudah.

Artikel Terkait : Cara Mendapatkan Uang dari Blog

4.Iklan Online

Jika website anda memiliki traffic pengunjung yang tinggi, tak salah jika para pemasang iklan online melirik pada web anda untuk menandatangani kontrak iklan. Ada beberapa jenis iklan online :

  1. Iklan Online biaya tetap

Iklan tipe ini dipasanjg berdasarkan posisi dan ukuran iklan dan jangka waktu / periode pemasangan.

2. Paid Per View

Pembayaran dalam sistem ini bervariasi karena pemasangan iklan tipe ini membayar berdasarkan berapa kali iklan tersebut ditayangkan dan dilihat oleh pengguna internet.

3. Berdasarkan Tindakan Pengunjung

Pemasang ilan membayar iklan apbila pengjunjung melakukan tindakan tertentu, seperti :

a. Paid per click

Pemasang iklan membayar berdasarkan berapa kali iklan tersebut di klik.

b. Cost Per Lead

Pemasang iklan membayar berdasarkan jumlah pengunjung yang melengkapi formulir.

c. Pay per Sale

Pemasang iklan membayar jika terjadi transaksi.

Terima Kasih telah Membaca. Seraplah 100% informasi yang dibutuhkan bukan Membaca 100% informasi yang disampaikan penulis.

Regard

admin