Resensi merupakan ulasan atau tulisan mengenai suatu karya / buku/ film. Penulis resensi akan memberikan gambaran kepada pembaca atau calon pembaca mengenai sebuah karya / buku / film yang diresensinya. Penulis resensi akan membantu calon pembaca untuk menentukan pilihan.

Hal-hal yang harus diperhatikan penulis resensi adalah :

1. Identitas Karya / Buku / Film

a) Judul buku

b) Pengarang buku

c) Penerbit buku

d) Tahun dan tempat terbit buku

e) Tebal buku

2.Tujuan Penulis Buku / Karya / Film

3. Tujuan Pneulis Resensi

4. Ikhtisar Karya / Buku / Film

a) Keunggulan dan Kelemahan Buku

b) Nilai atau Kandungan Karya / Buku / Film

c) Isi Singkat Karya / Buku / Film

Teknik Penulisan Resensi

Judul Buku :

Penulis Buku :

Penerbit Buku :

Cetakan : ( Cetakan ke berapa dan tahun terbitnya )

Tebal Buku :

[ ISI SINGKAT BUKU ]

[ ISI SINGKAT BUKU ]

Contoh Resensi Buku

Judul Buku : Smart Love Smart Love

Penulis Buku : Kusmarwanti M. Idham

Penerbit Buku : Gina Insina Press

Cetakan : 1/2007

Tebal Buku : Xii + 203 hlm.

Segala hal tentang cinta rasanya tak akan pernah habis dan tak akan pernah basi untuk dibahas, rasa bahagia, bahkan juga rasa duka bisa hadir karena cinta. Angan-angan indah sampai dengan kemarahan meluap, bisa timbul karena cinta. Banyak manusia sebelum menikah maupun setelah menikah yang tak lagi bisa berpikir jernih menghadapi cinta. Logika hilang entah kemana.

Menghadapi segala ketidakpastian karena cinta, buku ini hadir memberi solusi bagaimana mengelola cinta secara jitu, bagaimana menyikapi cinta secara smart. Cinta yang dikelola secara smart inilah yang akan memunculkan energi positif yang demikian besar.

Sebagaimana kata penulisnya di bagian pengantar, cinta itu adalah anugerah, mestinya tak membuat resah. Lalu bagaimana agar cinta tak membuat resah ? Nah silahkan buka lembaran demi lembaran buku yang ditulis dengan gaya yang manis dan mudah dimengerti ini untuk menemukan caranya. Bagi mereka yang sedang jatuh cinta, sedang berusaha memelihara cinta atau yang tengah dilanda rasa takut akan kehilangan cinta, buku ini membuka wawasan anda tentang makna cinta sesungguhnya. ( Sumber : Buku Bahasa Indonesia Penerbit Teguh Karya )

Semoga Bermanfaat.