Pegawai-Biasa-Bukanlah-Hal-Yang-Buruk

Banyak artikel bisnis yang memotivasi agar kawula muda segera memulai menjalankan bisnis. Itu adalah artikel yang bagus, bermutu dan membuat orang akan berusaha naik level. Namun tidak semua orang bisa langsung menjalankan bisnis atau membuka usaha. Faktornya ada banyak sekali, mungkin karena kurangnya modal, kurangnya skill yang dimiliki, kurangnya wawasan dan pengetahuan atau bisa saja karena kurangnya percaya diri.

Jadi boleh saja jika Anda nekat untuk berwirausaha, namun tidak ada salahnya juga jika Anda menunda berwirausaha dan belajar serta memperoleh pengalaman dalam dunia kerja. Ya, untuk awal Anda bisa bekerja kepada orang atau sebuah perusahaan yang akan besar manfaatnya.

Artikel lain: Mengapa Perlu Menjalankan Bisnis di Usia Muda

Bekerja Untuk Berwirausaha

Kami harap Anda tidak meremehkan para pekerja-pekerja biasa yang mungkin dianggap kelas rendahan. Sebagai contoh adalah mereka yang bekerja pada sebuah toko, bengkel, asisten perkantoran, buruh di pasar, operator warnet, penjaga stand makanan/minuman, pegawai counter dan sebagainya.

Tidak sangka-sangka bahwa ada banyak wirausahawan yang awalnya berasal dari kalangan pegawai atau pekerja biasa seperti demikian. Biasanya mereka yang ulet, mau bekerja keras serta mau belajar akan berkembang dari seorang pegawai biasa menjadi wirausahawan. Jadi ada banyak sekali keuntungan bila Anda mengawali karier dari seorang pekerja rendahan. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Memperoleh pengalaman

Pengalaman adalah guru yang baik. Kutipan ini sangat benar adanya karena ketika Anda sudah masuk dalam dunia kerja meski sebagai pegawai rendahan, bisa menjadi acuan untuk kemudian menjadi wirausahawan. Orang yang lama dalam dunia kerja lebih percaya diri, lebih tenang karena berbagai pengalaman yang sudah didapatnya selama bekerja.

Baca juga:  7 Bisnis Musiman Yang Cukup Menjanjikan

2. Memperoleh gaji

Angan-angan berwirausaha bisa tercapai ketika Anda secara giat bekerja pada orang lain kemudian memanfaatkan gaji yang diterima sebagai modal awal. Mungkin bekerja sebagai pegawai bisa menjadi awal langkah Anda menjadi wirausaha jika belum memiliki modal memadai.

3. Memperoleh ilmu

Pengalaman dan gaji menjadi dua hal yang sangat penting, namun tanpa memperoleh ilmu Anda hanya akan sia-sia bekerja. Pikirkan bahwa bekerja itu sama seperti kita sedang sekolah. Dalam dunia kerja apalagi pegawai biasa, umumnya Anda akan diserahkan pekerjaan yang banyak dibanding atasan Anda yang lebih sedikit bekerja.

Disinilah kesempatan Anda untuk memperoleh ilmu dan mengasah skill.. Sebagai contoh Anda bekerja pada usaha dagang stand makanan. Mungkin Anda akan diberi tugas untuk menjaga stand, membuat atau mengolah makanan, belanja kebutuhan sesuai resep makanan dan sebagainya. Jadikan ini sebagai blunder majikan Anda yang telah memberi sebagian besar ilmunya kepada Anda. Alhasil kelak dikemudian hari Anda justru akan menjadi pesaing mantan atasan, bukan lagi menjadi pegawainya.

Jika mau berusaha dan berinovasi bukan mustahil usaha Anda lebih maju dibandingkan mantan atasan Anda. Ingatlah, seorang pegawai terutama dalam dunia dagang biasanya akan lebih sering berkomunikasi langsung dengan konsumen. Disini Anda harus bisa memahami apa yang diinginkan konsumen dan apa yang tidak diinginkan.

Baca juga:  Efektifkah Menggunakan SPG Untuk Meningkatkan Penjualan?

4. Mendapat banyak kenalan

Jangan disepelekan kenalan-kenalan baru dalam dunia kerja. Mungkin itu kenalan para konsumen, rekan kerja maupun pihak-pihak lain. Ketika Anda sudah mulai membuka usaha Anda bisa menginformasikan kepada mereka dan membandingkan produk mana yang lebih baik dibandingkan milik mantan atasan Anda.

Baca juga: 13 Ide Peluang Bisnis/Usaha Yang SUPER Menjanjikan

Kapan Harus Naik Level Dari Pegawai Menjadi Wirausaha?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang sangat bagus, yakni kapan harus naik level dari pegawai biasa menjadi wirausaha?

1. Saat modal sudah terkumpul

Ini adalah saat yang dinanti-nanti dimana dana yang diperoleh selama bekerja sudah cukup untuk membuka usaha baru.

2. Saat ilmu sudah banyak diperoleh

Berbahagialah ketika Anda sudah mendapat ilmu dari dunia kerja yang sebelumnya Anda geluti. Anda tinggal selangkah lagi untuk sukses karena segala hal yang diperlukan sudah Anda kuasai.

3. Saat Anda sudah percaya diri

Modal dan ilmu sudah ada, namun rasa percaya diri harus Anda sebelum Anda naik level. Jika belum, carilah sesuatu yang bisa memotivasi dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.