Apakah sobat sering membaca buku di perpustakaan atau toko buku ? Banyak rasanya buku yang telah dibaca, mulai dari hiburan hingga buku perkuliahan. Ketika membaca suatu buku seringkali juga kita mempertimbangkan judul buku tersebut. Apakah bila judul yang menarik , isinya juga menarik? Untuk itulah kita harus “menguliti” terlebih dahulu buku tersebut, caranya lihat saja sinopsis atau rangkuman buku di cover belakang buku.

niceAda pepatah mengatakan “Jangan menilai buku dari judulnya.” Mungkin pepatah ini bisa saja salah, misalnya saja ada buku berjudul “100 Hari Mahir Belajar Bahasa Jepang.” Bisa saja buku ini berisi metode-metode praktis dalam belajar Bahasa Jepang. Memang tak selalu benar, bisa saja buku yang memiliki judul yang menarik, mempunyai isi yang baik pula, begitupun juga sebaliknya.

Pilihan kata (diksi) dan pesan yang disampaikan dalam judul buku bisa saja menjadi patokan bahwa penulis buku tersebut serius mempertimbangkan judul bukunya. Seorang penulis buku diwajibkan meracik judul buku yang menarik, informative, dan setidaknya menggambarkan isi bukunya. Untuk itu, maka sekarang banyak buku-buku motivasi yang memakai judul yang “boombastis” yang dapat menarik orang untuk membacanya.

Dengan judul yang “boombastis” ini, seorang penulis buku juga harus mempertanggung jawabkan buku yang ditulisnya. Apabila judulnya “boombastis” hingga banyak menarik orang untuk membacanya, akan tetapi isi bukunya terkesan susah untuk dipahami dan terlalu bertele-tele, orang akan mudah bosan dengan buku yang dibacanya itu. Sebaliknya, apabila isinya juga menarik orang akan “setia” menunggu edisi berikutnya terbit.

Selain itu, juga pemilihan judul yang terlalu panjang juga bisa menjadi boomerang bagi penulis. Orang akan berpikir bahwa buku tersebut standar dan oranpun akan enggan untuk membacanya.

Jadi, bisa saja judul yang menarik memiliki isi yang bagus pula, ataupun juga sebaliknya. Pilih-pilihlah buku yang menarik  dan bagus untuk dibaca.

Demikian Semoga Bermanfaat :)

Regard

 

Ryano Ikubaru Novryanto