Perbedaan-Antara-SEO-dan-SEM-1

Yang sering dibahas adalah SEO atau Search Engine Optimization. Sebuah langkah dengan tujuan untuk membuat sebuah halaman website masuk pada page rank pertama dan tertinggi pada layanan mesin pencari khususnya Google Search. Lalu bagaimana dengan SEM atau Search Engine Marketing? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang baru mendengar istilah ini.

Memang sekilas agak membingungkan dan  keduanya seperti memiliki fungsi yang sama. Tentu saja tidak, karena SEM sebenarnya lebih sederhana dibandingkan SEO. Tujuannya saja yang sama yakni untuk membuat sebuah halaman banyak dikunjungi. Jadi tidak ada salahnya Anda memanfaatkan trik SEO dengan SEM agar lebih maksimal. Nah, berikut ini kami akan mencoba mengulas antara SEO dan SEM serta apa saja perbedaan mendasarnya. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. SEO

Sebelum mengetahui apa itu SEM, Anda juga harus memahami dulu apa itu SEO. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat diatas, Search engine optimizer atau optimasi mesin pencari merupakan sebuah strategi merancang, menulis, coding khususnya dengan XHTML serta pemrograman seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan berada di halaman utama pada fasilitas layanan mesin pencari menggunakan kata kunci dan frasa tertentu.

SEO yang murni adalah SEO On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan penggunaan kata kunci, judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan pada halaman awal, semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Ada cukup banyak trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa pengaruh besar, pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak membawa pengaruh apapun namun tetap dijalankan.

2. SEM

Ada banyak artikel yang menuliskan tentang pengertian SEO dan berbagao strateginya. Kini giliran Anda harus memahami SEM atau Search Engine Marketing. Ini merupakan sebuah bentuk strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar memanfaatkan penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi berbayar. Atau bisa berarti sebuah trik pemasaran via online dengan cara meningkatkan visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin pencari.

Apabila Anda masih bingung, sederhananya Search Engine Marketing adalah tentang pengiklanan memanfaatkan kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords, Facebook Ads serta Yahoo Search Marketing. Pada umumnya, pembayaran Search Engine Marketing biasanya dilakukan dengan cara pay per click maupun dengan ketentuan berapa lama waktu.

Jadi SEM dan SEO adalah dua hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga sekaligus memberikan layana tambahan SEO. Perusahaan layana SEM nantinya akan mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.

3. Pentingkah Mengoptimalkan Visibility?

Penting bila Anda memiliki tujuan. Sebagai contoh anggaplah Anda pada posisi sebagai konsumen, dan saat ada seorang calon pembeli melakukan pencarian pada search engine khususnya Google maka yang ia lihat adalah hasil yang tertampil paling sesuai dengan “kata kunci” yang diketikkan pada halaman utama atau minimal halaman ke 2 dan ke 3.

Pada momen inilah visibilitas halaman website Anda menjadi hal yang cukup penting mengingat akan sangat percuma apabila website Anda menawarkan produk maupun informasi yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon konsumen namun hanya muncul pada halaman 10. Tentu orang malas untuk mencari dan mengklik halaman 10 karena yang mereka inginkan adalah akses cepat.. Akhirnya, memanfaatkan SEM calon pembeli baka lebih mudah menemukan link menuju website Anda.

Keunggulan lain dari SEM adalah dapat mentargetkan konsumen dari segi demografis. Bahkan SEM bisa sangat spesifik menentukan iklan yang Anda miliki hanya muncul pada audience yang menggunakan mesin pencari di kota tertentu. Kemudian SEM juga bisa menargetkan orang yang memang tertarik dengan produk Anda memanfaatkan ketikan nama produk pada search engine dari calon konsumen.