Arti-Kata-Spam-Dalam-Teknologi-Internet

Sering kali kita mendengar kata Spam, terutama saat melihat ada komentar yang masuk di e-mail atau media sosial secara bertubi-tubi atau mungkin sebuah pesan yang tidak jelas pengirimnya. Istilah ini tampaknya sudah cukup populer untuk menggambarkan tentang aktivitas kurang mengenakan dalam dunia online. Saking negatif-nya istilah Spam membuat banyak orang menggunakan kata ini untuk hal-hal yang buruk dalam internet.

Sebagai contoh adalah blog Spam yang katanya adalah blog dengan artikel tidak jelas, terlalu banyak kata kunci, terlalu banyak iklan, atau blog yang sulit diakses. Padahal sebenarnya penggunaan istilah tersebut kurang tepat. Berikut ini kami mencoba mengulas arti Spam dalam teknologi internet agar Anda dapat memahami sepenuhnya:

Pengertian Spam

Istilah Spam sendiri adalah merujuk pada penggunaan perangkat elektronik yang difungsikan untuk mengirimkan pesan berkali-kali tanpa dikehendaki oleh pihak penerimanya. Bentuk spam yang sering ditemui secara umum diantaranya adalah spam pada surat elektronik (e-mail), spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam blog, spam iklan baris daring, serta spam pada jejaring sosial.

Contoh yang paling sering adalah pada forum dengan pembahasan tertentu seperti olahraga, tetapi muncul sebuah berita atau postingan yang mempromosikan produk tetapi tidak berhubungan dengan bidang olahraga. Pada umumnya Spam hanyalah berisi berita yang tak berguna dan juga promosi-promosi produk (orang jualan).

Istilah Spam akhirnya berkembang, seperti penyebutan Spammer, yakni sebuah sebutan bagi orang yang bertindak melakukan Spam. Kemudian aktivitas dari Spammer juga dikenal dengan istilah spamming. Jadi bagi Anda yang pernah melakukan pengiriman pesan massal lewat fasilitas internet dipastikan Anda termasuk Spammer.

Spam Email

Bila Anda pengguna Yahoo Mail! pastinya sudah tidak kaget dengan opsi menu Spam. Posisinya berada di bagian bawah setelah kotak masuk dan kota keluar. Menu tersebut cukup cerdas yakni untuk menyaring berbagai pesan yang masuk, karena Email adalah fasilitas internet yang rawan akan Spamming. Setiap penyedia layanan Email baik Yahoo dan Gmail memiliki sistem otomatis yang akan membantu mendeteksi pesan spam dengan mengidentifikasi virus serta pola pesan yang dianggap mencurigakan.

Sebagai contoh Spam adalah berisi iklan, undian, informasi palsu, promosi barang, phishing, penipuan, dan lain-lain. Tidak hanya itu saja, sebuah email kosong atau yang tidak berisi apa-apa pada subjek maupun badan pesan juga bisa diklasifikasikan sebagai pesan spam. Penyebar spam kosong semacam itu biasanya terjadi karena tidak sengaja atau karena kesalahan lain, atau mungkin bisa juga ada tujuan tertentu.

Spam Facebook

Dalam Email mungkin Spam hanya sebatas penerimaan pesan yang tidak dikehendaki atau pesan yang berisi informasi tidak penting saja. Dalam media sosial seperti Facebook kegiatan Spamming ternyata lebih variatif karena ada banyak fitur Facebook. Sebagai contoh adalah komentar-komentar aneh yang masuk ketika kita menuliskan sebuah postingan.

Komentar tersebut biasanya dihadirkan dengan bantuan v-bot atau komentar otomatis melalui perangkat lunak tambahan. Kemudian yang sedang populer adalah Spamming dalam bentuk menandai foto, padahal tidak ada hubungannya dengan Anda. Atau mungkin penandaan terhadap sebuah kiriman tautan yang lagi-lagi aneh tujuannya. Jika sudah begitu kejadiannya, cara terbaik adalah dengan melaporkannya. Dalam sebuah postingan baik status maupun gambar, Facebook menyediakan menu “Laporkan”. Klik dan pilihlah opsi “ini Spam” atau “Ini foto Spam”. Tunggu sampai Facebook menanggulangi.

Spam Blog

Bagi blogger, aktivitas Spamming sudah menjadi hal yang tidak mengagetkan lagi. Tindakan tersebut dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin mendapatkan keuntungan pribadi. Biasanya Spam Blog semacam ini mengambil keuntungan dari fasilitas komentar terbuka dalam sebuah blog. Isinya sudah pasti tidak ada hubungannya dengan pembahasan dan konten blog.

Cara mengatasi Spam blog masuk adalah dengan menempatkan Captcha, menambahkan Check box, dan trik lainnya. Atau jika sudah masuk mungkin bisa dilakukan penghapusan secara manual. Tentunya masih banyak Spam pada layanan internet lain, selain ketiga layanan diatas.

Baca juga: Cara Sederhana Mengatasi Komentar Spam di Blog

Spam hingga saat ini menyebar ke dalam bentuk-bentuk baru dan jumlah pemainnya semakin banyak saja. Pada dasarnya aktivitas spam termasuk dalam kegiatan yang sudah melanggar hukum serta merupakan perbuatan pidana yang sebenarnya dapat ditindak lewat undang-undang Internet.