Jejaring-Sosial-Tumblr-1

Facebook, Twitter, Path dan Google+ mungkin menjadi jejaring sosial yang masih ramai di Indonesia. Memang faktanya Facebook kini menjadi media sosial yang paling populer dengan beragam fitur menarik didalamnya. Jika Anda sudah lama menggunakan Facebook, apakah Anda tidak ingin mencoba jejaring sosial lain? Kami menyarankan Anda untuk menggunakan salah satu media sosial sekaligus mikroblog bernama Tumblr.

Ya, Tumblr merupakan jejaring sosial yang memiliki kantor pusat di New York, Amerika Serikat dan didirikan oleh seorang pengembang web muda bernama David Karp. Dialah yang saat ini menjadi CEO Tumblr.Inc. Dikabarkan per 19 Mei 2013, Tumblr sudah memiliki lebih dari 108 juta pengguna di seluruh dunia, dan paling banyak di Amerika serikat.

Tentu ini menjadi mikroblog terbesar dengan member sebanyak itu. Apakah Anda penasaran ingin mencoba Tumblr? Sebaiknya pahami, pelajari dan ketahui lebih dahulu apa saja fitur-fitur yang ada dalam Tumblr karena siapa tahu dapat dimanfaatkan untuk menambah teman, mengembangkan bisnis dan sebagainya. Berikut ini adalah beberapa fitur-fitur Tumblr yang harus Anda ketahui:

Artikel lain: 5 Aplikasi Media Sosial FB dan Twitter Android Non Official

  • Pertama, keunggulan Tumblr adalah terletak pada kesederhanaannya. Ya, pihak anggota diperbolehkan untuk memposting melalui panel control yang tersedia tombol untuk melakukan postingan baik itu teks, video, foto, audio, link, quote maupun chat. Jadi sangat ringkas dan tidak terletak terpisah-pisah pada Dashboard.
  • Seperti halnya Twitter yang memiliki fitur Follow dan Re-Tweet, ternyata pengguna Tumbr juga bisa melakukan apa yang disebut follow serta re-blog. Dalam fitur re-blog sendiri sesama anggota Tumblr bisa juga mendiskusikan postingan dari blog orang lain. Fitur reblog inilah yang menjadi andalan utama Tumblr dan dianggap sangat digemari para pengguna. Bahkan terkadang mayoritas postingan yang terdapat dalam sebuah blog Tumblr merupakan hasil dari reblog.
  • Buka jejaring sosial bila tidak bisa untuk mengupdate status. Dalam Tumblr pengguna tentunya dapat melakukan updates status yang akan dibaca dengan akun yang terintegrasi dengan milik kita.
  • Fitur share Tumblr sering kita jumpai pada postingan sebuah website. Disinilah ketika pengguna melihat sesuatu yang dianggapnya menarik, maka pengguna bisa mengklik untuk membagikan secara cepat dengan opsi “Share on Tumblr”. Nantinya akan muncul hasil rentetan bervariasi mengenai media link maupun text yang menunjukkan gambar serta video yang terposting pada media Tumblr milik kita.
  • Adanya fitur direktori berdasarkan tag serta wilayah geografis para member membuat Anda bisa menjelajahi account Tumblr milik orang lain yang berbeda daerah maupun juga berbeda negara. Mirip dengan fitur pencarian lokasi pada media sosial lainnya.
  • Tersedia fitur recommended blog, dimana pada halaman dashboard akun Tumblr Anda sewaktu-waktu bakal mememunculkan rekomendasi blog dari orang yang Anda follow.

Pada intinya Tumblr menjadi jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan pengguna lebih mudah memposting sebuah blog, artikel maupun file multimedia. Jika malas memposting sendiri, pengguna dapat melakukan reblog seperti yang sudah dijelaskan diatas.  Sayangnya dengan berbagai kelebihan dan fitur diatas, Tumblr masih memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah:

  • Foto maupun postingan yang telah terposting ternyata tidak bisa diberi komentar langsung oleh pengguna serta para pengguna tumblr lainnya. Inilah yang merepotkan sehingga pengguna harus membuka diskusi untuk sebuah postingan.
  • Tumblr tidak memiliki fitur pengorganisasian link untuk link yang sudah diposting pengguna, padahal pada wordpress atau blogspot fitur tersebut sudah tersedia.
  • Tumblr memiliki opsi template bawaan yang sangat sedikit, itulah yang membuat blog Tumblr memiliki tampilan sama kebanyakan.
  • Tumblr tidak dapat memungkinkan Anda untuk membuat sub-category untuk postingan.
  • Konten bebas Tumblr ternyata justru banyak dimanfaatkan para pecinta p0rn0grafi. Memang dari dahulu Tumblr menjadi satu-satunya media sosial besar yang tetap bersikukuh menolak pembatasan konten p0rn0. Bahkan ketika Yahoo! mengakuisisi Tumblr, Yahoo!  tetap enggan untuk melakukan pemblokiran terhadap setiap konten p0rn0.

Baca juga: Tips Memadukan Blog Dengan Media Sosial

Pada akhirnya Anda harus benar-benar memanfaatkan Tumblr untuk memposting sesuatu yang berguna. Sayangnya memang Tumblr kurang populer untuk dijadikan sebagai blog bisnis seperti Blogger dan WordPress.