Mengenal-Blog-ZombieMengapa judulnya begitu misterius “blog zombie”, apakah ada sekelompok zombie yang bermain internet dan membuat blog? Atau apakah mungkin ada sebuah blog yang berisi konten tentang zombie? Sebenarnya bukan itu maksudnya, blog zombie sama sekali tidak ada hubungan dan kaitannya dengan makhluk mutan.

Blog zombie pada dasarnya sama seperti blog-blog lain pada umumnya, hanya saja blog zombie secara spesifik adalah sebuah blog yang sudah tidak aktif karena telah lama tidak melakukan update, atau bisa juga sebuah blog yang sudah terhapus entah karena dihapus oleh pemiliknya atau karena dari pihak penyedia blog itu sendiri.

Jadi maksud tepatnya, blog zombie adalah laman blog yang dianggap telah mati, namun sebenarnya masih dapat dihidupkan kembali atau diaktifkan kembali.

Mengapa Ada Blog Zombie?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa ada blog zombie? Ada saja, karena banyak faktor, diantaranya adalah sang pemilik blog sudah enggan beraktivitas blogging, biasanya karena sudah tidak memiliki waktu atau memang sudah memiliki hobi lain. Bahkan ada juga yang beralasan karena tidak kunjung mendapatkan penghasilan yang ditargetkan.

Kemudian faktor lain adalah karena dihapus oleh pihak penyedia platform blog, umumnya adalah platform gratisan seperti blogger, wordpress maupun tumblr.

Kelebihan Blog Zombie

Blog zombie kok disebut memiliki kelebihan? Bukankah itu hanya seonggok blog yang sudah tidak terurus atau bahkan sudah dihapus? Memang sekilas seperti tidak ada gunanya, dan jika dipikir kebanyakan orang lebih suka membuat blog baru langsung. Tetapi kenyataannya blog zombie malah diperjual belikan, berarti memang ada sesuatu yang menjadi daya tarik dan sesuatu yang mungkin menjadi kelebihan blog zombie.

Ya, ternyata benar saja, sebuah blog zombie ternyata memiliki beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan secara langsung, berikut kelebihannya:

  • Pertama adalah sudah memiliki visitor sehingga sudah banyak yang mengenalnya. Setidaknya dengan mengganti konten, blog tersebut tetap memiliki catatan sebagai blog yang sudah memiliki pengunjung.
  • Kedua adalah blog zombie dimungkinkan sudah mendapatkan page rank atau sederhananya sudah terindex oleh mesin pencari, entah itu diposisi berapa.
  • Blog zombie bukan blog baru, padahal sudah sering dikatakan bahwa semakin lama usia blog maka semakin mudah untuk memenangkan persaingan SEO.
  • Blog zombie biasanya sudah memiliki backlink.
  • Blog zombie kemungkinan telah memiliki PA (Page Authority) dan DA (Domain Authority).

Cara Memanfaatkan Blog Zombie

Blog zombie praktis dapat dimanfaatkan sebagai laman untuk kepentingan bisnis atau sekedar alat untuk membuat konten non bisnis. Anda hanya perlu merubah konten lama yang tidak diinginkan dengan konten dari Anda sendiri. Atau jika konten sudah bagus, Anda tidak perlu mengubahnya, cukup menambahkannya. Dengan cara ini secara tidak langsung Anda sama saja sudah menghidupkan blog zombie.

Blog semacam cocok untuk diikutkan program Google Adsense, Program affiliate selama konten yang dibuat bagus, apalagi merupakan konten niche blog. Kemudian opsi kedua adalah Anda bisa memberlakukan blog zombie ini untuk dijadikan sebagai blog dummy atau disebut sebagai blog pendukung maupun blog pembantu yang tujuannya adalah untuk mengarahkan ke blog utama.

Untuk opsi kedua ini pada intinya adalah menjadikan blog zombie sebagai pendongkrak blog utama khususnya dari segi SEO. Dengan artikel yang tidak usah terlalu panjang namun berkualitas dan disisipkan link aktif menuju blog aktif utama.

Tips Memilih Blog Zombie yang Baik

Pertama pastikan blog tersebut bukan merupakan blog bekas blog yang memuat konten terlarang seperti konten SARA, pornografi apalagi untuk menipu. Kedua, blog harus benar-benar baik di mata Google, artinya index-nya belum pernah dihapus atau melakukan aktivitas ilegal yang membuatnya sulit terindex lagi pada Google. Sebaiknya memang Anda membeli blog yang tidak terhapus oleh pihak penyedia platform. Atau sederhananya, carilah blog yang masih bisa diakses namun dijual karena pemiliknya sudah malas untuk mengurusi.

Jadi blog zombie bukanlah blog yang mengerikan, malah bisa dimanfaatkan dengan baik dan mendatangkan keuntungan.