BBM-Channel-dan-Manfaatnya-Untuk-Bisnis

BlackBerry Messenger (BBM) menjadi sebuah layanan messenger terpopuler di Indonesia, bahkan WhatsApp, WeChat dan Line masih belum mampu mengungguli kepopulerannya. Padahal fitur-fiturnya dianggap masih tergolong sama, baik untuk percakapan, mengirim file, berbagi status, grup, dan sebagainya.

Nah, yang akan kami bahas adalah BBM Channel yang mungkin belum pernah Anda manfaatkan. Jangan mengira BBM Channel adalah BBM Group, meski fasilitas dan fiturnya hampir sama. Namun kami menganggap bahwa BBM Channels hampir mirip dengan layanan micro blog karena sang pemilik channels sendiri berhak untuk mempublish suatu topik bahasan maupun catatan yang dapat disematkan dengan gambar.

Sedangkan para member yang tergabung dalam Channel boleh mendiskusikan serta berkomentar pada kolom komentar yang tersedia. Mungkin BBM Channel merupakan paduan antara BBM Group, media sosial dan Micro Blog.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang BBM Channel:

  1. Memanfaatkan BBM Channel, Anda bisa sekedar memposting pesan, berbagi gambar, melakukan diskusi, maupun chatting langsung dengan para pengiktu Anda. Fitur tersebut merupakan jalan dua arah, jadi bukan merupakan siaran satu arah. Kira-kira demikianlah yang disampaikan pihak BlacBerry dalam memperkenalkan fitur BBM Channel.
  2. Identitas group maupun channel berdasarkan PIN bisa dinamai dengan nama group atau nama channels yang dikehendaki.
  3. Untuk setiap topik bahasan maupun tulisan yang hendak dibagiakn, dapat disisipkan dengan format link untuk menuju alamat website tertentu sehingga bisa dijadikan promosi sebuah halaman blog Anda.
  4. Setiap orang diperbolehkan langsung join dengan channels tetapu dapat juga memblocknya untuk alasan keamanan. Tidak seperti Group Facebook yang bisa saja harus mendapatkan persetujuan untuk mengikuti grup.
  5. Jika dalam Chatting biasa, mungkin Anda akan kesulitan menghapus pesan atau chat. Namun pada BBM Channel Anda dapat mendelete comment apabila didapati ada kesalahan.
  6. Pengguna dapat mengiirim pesan sampai 400 karakter banyaknya kepada para pengikut Channel Anda. Plus ditambah dengan fitur gambar dan URL agar membuat posting Anda lebih menarik seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  7. BBM Channels tentu bisa dibuat oleh siapa saja asalkan memiliki akun BBM dan PIN. Namun setelah proses pembuatan selanjutnya pembuat BBM Channel harus mengundang teman, member maupun mempublish PIN agar orang lain join di BBM channel yang Anda buat.
Baca juga:  Tips Membuka Café Bagi Yang Bermodal Minim

Pemanfaatan BBM Channel Untuk Kegiatan Bisnis

BBM channels bisa menjadi peluang Anda untuk sekedar membangun group dan komunitas yang lebih luas serta lebih besar. Tentu saja ini sangat efektif untuk keperluan kegiatan bisnis seperti promosi produk atau pengenalan usaha. Sering kali BBM Channel digunakan sebagai saluran group perusahaan, perkumpulan komunitas dengan hobby serta minat sama dan berbagai perkumpulan lain. Jika member pada BBM Channel Anda sudah banyak maka hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai aset guna melakukan marketing maupun sosialisasi sesuatu ke banyak orang.

Jika Anda masih ragu dengan BBM Channel sebagai alat marketing, perlu diketahui bahwa saat ini Ada sebanyak 60 juta pengguna yang aktif mengunakan BBM serta setiap harinya ada sekitar 51juta pengguna BBM yang meluangkan waktu rata-rata satu setengah jam untuk beraktivitas pada layanan BBM. Artinya ini akan menjadikan peluang Anda mempromosikan bisnis via BBM Channel semakin besar.

Dipastikan Anda akan mendapatkan komunitas, penggemar atau konsumen baru melalui BBM Channel. Manfaatkan juga fitur yang membuat Anda bisa melihat bagaimana orang saling terlibat pada pesan dengan fungsi Terkirim serta Terbaca, kemudian Anda bisa mengetahui respon maupun apa yang mereka pikirkan melalui fitur Suka dan Komentar.

Satu yang menjadi kekurangan BlackBerry Channel, yakni belum dapat memberikan fitur blokir oleh owner untuk pengguna yang dianggap mengotori kolom komentar Channel dengan komentar tidak pantas. Terkadang, BBM Channel juga dimanfaatkan oknum tertentu untuk melakukan promosi-promosi merugikan maupun hal-hal yang tak relevan.

Baca juga:  Memahami Iklan Kontekstual dan Keuntungannya

Selebihnya BBM Channel merupakan fasilitas yang sangat menarik untuk dimanfaatkan. Jadi segeralah buat Channel Anda dan gunakan strategi marketing yang lebih jitu memanfaatkan BBM Channel.