Menjalankan-Bisnis-di-Usia-Muda

Sudahkah Anda memiliki bisnis? Apapun itu asalkan halal dan bisa menguntungkan, mengapa tidak, entah itu bisnis online, MLM, jual beli, jasa, dan lain-lain. Banyak orang yang enggan menjalankan bisnis karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena usia yang masih muda belia. Bisnis dianggap sebagai sesuatu yang ‘kolot’, menyebalkan, penuh dengan ketegangan, membuat banyak pikiran dan lain sebagainya.

Tetapi jika Anda sudah menyadari, kegiatan berbisnis ternyata bisa menjadi sangat menyenangkan, penuh tentangan, dan membuat Anda meraih banyak wawasan baru. Jadi mengapa Anda tidak segera menjalankan bisnis di usia muda, baik ketika masih duduk dibangku sekolah maupun sudah kuliah. Apabila masih ragu, berikut ini kami akan menuliskan beberapa keuntungan ketika Anda mulai menjalankan bisnis di usia belia:

Artikel lain: Beberapa Model Bisnis yang Harus Anda Hindari

1. Mendapatkan Keuntungan

Sebuah bisnis dijalankan karena seseorang yang menjalankan tersebut menginginkan sebuah keuntungan secara material. Di usia muda Anda mulai memiliki banyak kebutuhan, mulai dari membeli fashion, perangkat elektronik, biaya jalan-jalan, berkencan, atau biaya kuliah. Disinilah Anda bisa mulai mencoba hidup mandiri karena dengan keuntungan bisnis Anda tidak perlu lagi meminta-minta kepada orang tua untuk kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan sekunder lain.

Namun ingat, jangan mengira dengan mulai menjalankan bisnis Anda langsung mendapatkan keuntungan besar. Karena tentu ada perjuangan, bahkan mungkin Anda bisa mengalami kegagalan. Mental Anda diuji pada saat kondisi tersebut.

2. Menambah Pengalaman

Seperti yang sudah dijelaskan berkali-kali, bahwa pengalaman adalah guru yang baik. Makin banyak pengalaman membuat Anda akan lebih percaya diri dan lebih bijak dalam berpikir. Tentu ini sangat baik untuk menyongsong masa depan.

Alhasil, dengan mendapatkan pengalaman berharga dimasa muda sebagai pebisnis, lambat laun akan membentuk pribadi Anda menjadi seorang entrepreneur yang sudah matang dan siap bersaing di level yang lebih tinggi. Selain itu, terkadang pengalaman juga membuat orang lebih tekun, kreatif, cerdas serta dewasa dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan.

3. Menambah Wawasan

Wawasan berarti adalah hasil dari apa yang sudah pernah dikerjakan maupun hal yang sudah diketahui oleh panca indra. Semakin kita banyak melakukan hal, terutama dalam berbisnis tentunya akan semakin menambah wawasan kita. Dengan berbisnis Anda bukan lagi menjadi seorang yang ‘kuper’ , namun menjadi orang yang banyak memiliki pengetahuan.

Pengetahuan yang didapat biasanya akan berguna suatu saat, dibandingkan orang yang bekerja monoton. Wawasan yang dimaksud sebenarnya bisa berupa pembelajaran bagaimana strategi bisnis yang tepat, atau bagaimana cara berinovasi terhadap produk dan layanan yang lebih baik.

4. Menjadi Inspirasi Bagi Orang Lain

Jika Anda sudah sukses berbisnis, tentu akan menjadi inspirasi bagi orang lain. Orang lain akan belajar banyak dari Anda dan Anda juga harus membagi ilmu kepada orang lain. Yang namanya berbagi tentu saja adalah salah satu bentuk dari ibadah. Jadi berbisnis sambil beribadah, mengapa tidak?

Selain ada banyak keuntungan berbisnis di usia muda, ternyata tetap saja ada beberapa kerugian yang bisa dialami. Namun sepertinya kerugian yang ada tidak akan sebanding dengan pengalaman dan wawasan yang akan didapat. Beberapa kerugian dalam berbisnis di usia muda diantaranya adalah:

1. Waktu Bermain Berkurang

Masa-masa muda adalah waktu yang paling menyenangkan dimana umumnya banyak waktu untuk hang out bersama rekan-rekan, pergi kencan atau berkumpul dengan komunitas. Namun dengan adanya kesibukan bisnis hal ini membuat waktu untuk hal-hal demikian jadi berkurang.

2. Konsentrasi Terpecah

Konsentrasi yang pecah biasanya dialami oleh wirausahawan muda yang sedang dalam masa sekolah ataupun kuliah. Alhasil kedua kegiatan ini memang harus benar-benar dipikirkan, dan salah satunya bisa diprioritaskan. Jadi apakah yang di utamakan adalah kegiatan sekolah atau bisnisnya?

Baca juga: Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

3. Perdebatan Kadang Terjadi

Karena belum bekerja dan sebelumnya memang tidak ada penghasilan, dipastikan kebanyakan wirausahawan kaum muda mendapat modal dari orang tua. Terkadang harus ada perdebatan dengan keluarga ketika Anda yang masih dalam tahap pendidikan namun ingin menjalankan usaha. Pihak keluarga mungkin menganggap sekolah adalah yang penting.

Demikian alasan mengapa Anda harus menjalankan  bisnis di usia muda, semoga bermanfaat.