Rekening-Bersama

Pernahkah Anda mengalami kekhawatiran ketika bertransaksi jual beli secara online? Ternyata rasa khawatir tidak hanya dialami sang pembeli atau buyer melainkan juga dialami penjual atau seller. Biasanya transaksi jual beli online rawan akan penipuan, kualitas barang yang tidak sesuai, keterlambatan pengiriman maupun hal-hal lainnya.

Nah, tampaknya kekhawatiran tersebut sudah tidak perlu dirasa mengingat sudah ada sebuah sistem keamanan bertransaksi yang disebut rekber atau rekening bersama. Apakah itu rekber? Rekber merupakan sebuah sistem pembayaran pada transaksi jual beli secara online baik itu berupa barang maupun jasa yang memanfaatkan fasilitas serta bantuan pihak ke tiga.

Mengenai pihak ketiga dalam transaksi ini tentu saja adalah pihak penyedia jasa Rekber untuk membantu dan menjamin keamanan dalam melakukan transaksi antara sellert dan buyer.

Pihak ketiga sebagai penyedia jasa rekening bersama biasanya merupakan perusahaan yang dikelola perorangan maupun pihak pemilik situs maupun forum jual beli. Yang menjadi pertanyaan apakah wajib menggunakan rekening bersama dalam transaksi online? Bukan wajib, namun setidaknya dengan memanfaatkan rekber keamanan lebih terjamin. Berikut ini adalah beberapa ulasannya:

Baca ini juga: Tips Sederhana Memulai Bisnis Untuk Para Pemula

1. Keamanan Terjamin

Ketika sudah deal dengan penjual, pihak pembeli berhak untuk meminta transaksi menggunakan jasa rekber. Artinya pembayaran barang tidak langsung di transfer ke penjual melainkan dibayarkan kepada pihak penyedia rekber. Setelah itu pihak rekber mengkonfirmasi kepada penjual agar segera mengirimkan barang sesuai permintaan pembeli. Setelah pembeli mendapatkan kiriman barang, maka ia dapat langsung memberi info agar pihak rekber mentransfer uang ke penjual.

Proses ini tentunya membuat pihak pembeli diuntungkan dengan keamanan yang benar-benar terjamin. Pihak penjual bakal tidak memiliki ruang untuk melakukan penipuan karena selama barang belum di terima pembeli, uang tidak akan di transferkan.

2. Barang yang tidak sesuai bisa dibatalkan

Keuntungan kedua dari pihak pembeli adalah bisa membatalkan transaksi bila didapati bahwa barang tidak sesuai permintaan. Bisa itu kekurangan, ada kecacatan atau kekeliruan. Pembeli berhak dapat mengembalikan barang kepada penjual dan uang bisa didapat kembali.

3. Penjual akan mendapat reputasi baik

Bagi penjual yang bersedia menggunakan jasa rekber biasanya akan “dianugerahi” sebagai penjual terpercaya. Berbeda dengan penjual penipu yang tidak akan mau menggunakan jasa rekber. Reputasi baik ini tentu berpengaruh pada online shop-nya  yang akan semakin dipercaya dan ramai pembeli.  Ketersediaan menggunakan rekber menjadi penting, terutama bagi online shop baru.

Demikian beberapa keuntungan jika Anda menggunakan rekber dalam bertransaksi. Sayangnya selain ada keuntungan, ternyata menggunakan rekber juga memiliki kerugian meski dianggap tidak terlalu memberatkan. Berikut ini beberapa kerugian menggunakan rekber:

4. Tanggungan biaya

Jasa rekber tentu saja memerlukan biaya tambahan. Berapa biayanya tergantung penyedia jasanya yang memberikan tarif. Misalnya, untuk transaksi dengan harga barang 100 ribu hingga 2 juta, pihak rekber membebani harga jasa mencapai 10 ribu. Atau jika sudah diatas 2 juta hingga 4 juta, akan dibebani biaya 20 ribu dan seterusnya.  Tanggungan biaya ini dibebankan kepada pihak pembeli sebagai pihak yang menginginkan penggunaan jasa rekber.

5. Transaksi lebih lama

Tentu saja transaksi menggunakan rekber dianggap lebih lama meski lebih aman. Prosesnya sepertinya yang sudah dijelaskan diatas, pihak pembeli harus lebih dahulu konfirmasi kembali kepada Rekber ketika barang diterima setelah itu giliran uang diterima.

6. Kecurangan pembeli

Penjual dapat berpotensi dirugikan apabila ternyata bertransaksi dengan konsumen yang nakal. Sebagai contoh pihak pembeli tidak mengkonfirmasikan kepada rekber, padahal barang sudah diterima. Hal ini akan menjadi masalah baru, kecuali pihak rekber akan mengatasi lebih lanjut.

Baca juga: Cara Rahasia Berbisnis Lewat Blog Gratis

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan rekber. Yang pasti Anda harus jeli saat memilih jasa rekber karena siapa tahu saja ternyata jasa rekber yang Anda pakai adalah penipu, memiliki reputasi buruk maupun tidak netral. Pahami aturan-aturan yang diberikan pihak jasa rekber sehingga tidak akan terjadi salah paham. Dan selamat bertransaksi online secara aman dengan jasa rekening bersama.