PC-Gaming-vs-Konsol

Dengan persaingan antar developer yang sangat ketat, ada saja game baru yang dirilis setiap harinya. Tentu saja hal ini membuat para gamer juga harus semakin melengkapi koleksi gamenya. Selain itu, untuk sebuah game biasanya tidak hanya bisa dimainkan pada perangkat tertentu, melainkan bisa dimainkan oleh beberapa perangkat. Saat ini perangkat yang menjadi opsi terbaik adalah PlayStation 4, Xbox One dan PC Gaming dengan perangkat keras mendukung tentunya.

Nah, yang membuat galau para gamer adalah mana dari ketiga perangkat tersebut yang mampu menghadirkan kualitas game maksimal mulai dari segi gambar, fitur dan berbagai elemen lain? Anda mungkin tidak bisa membedakan ketiganya karena mungkin semua menghadirkan sensasi game yang menarik. Namun jika diperhatikan antara PC gaming vs Konsol ternyata ada beberapa perbedaan dan masing-masing memiliki keunggulan. Apa saja keunggulan tersebut? Mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini:

Mengadu Tampilan Visual Grafis

Bagi Anda yang sudah membeli konsol PlayStation 4 atau Xbox One mungkin akan menyesal setelah mengetahui bahwa tampilan visual grafis dari PC Gaming. Dengan spesifikasi yang tinggi dipastikan bahwa visual dari PC akan lebih unggul dibandingkan konsol, sebagai contoh adalah PC yang menggunakan VGA NVIDIA GeForce GTX 680. Selain karena masalah spesifikasi, dengan besarnya daya yang tersedia untuk PC membuatnya lebih unggul.

Sedangkan untuk konsol game umumnya hanya diberi jatah power supply 200 sampai 300 watt sehingga dipastikan tidak akan mampu menyamai PC yang bisa mencapai 1.000 watt. Di beberapa blog yang melakukan review membuktikan bahwa PC High End memiliki perbedaan cukup signifikan dibandingkan PS4 khususnya saat mengetes game yang memanfaatkan Unreal Engine 4. PC gaming ternyata mampu menampilkan partikel kecil seperti asap serta percikan api dengan lebih alami mengingat ketersediaan dukungan efek PhysX pada VGA berkualitas tinggi.

Baca juga:  5 Aplikasi Android yang Dianggap Aneh dan Unik

Ketersediaan Game

Mengenai ketersediaan game berkualitas mungkin pengguna konsol akan lebih leluasa. Anda bisa melihat sendiri dalam daftar game-game bagus yang dirilis, developer mengutamakan perangkat konsol lebih dahulu. Terkadang sebuah game sampai tidak akan tersedia untuk PC atau butuh waktu lama untuk menunggu tersedia untuk PC.

Sebagai contoh adalah Grand Theft Auto: 5 awalnya hanya tersedia untuk konsol PS 4 dan Xbox One, kemudian baru dirilis untuk PC Windows beberapa bulan setelahnya. Entah mengapa kebanyakan developer lebih mengutamakan konsol dibandingkan PC. Namun jangan salah pula, karena lebih banyak game yang tidak dapat dimainkan pada konsol karena hanya untuk PC.

Kontroler Lebih Variatif Dari PC

Jika mengadu kontroler giliran perangkat PC yang mungkin lebih unggul. Ini mengingat konsol tertentu memiliki perangkat kontroler yang tetap dan tidak dapat tergantikan. Tentu dianggap tidak ada variasi dan bisa saja akan terasa membosankan. Bandingkan dengan PC gaming yang membuat penggunanya bebas untuk memilih mana kontroler yang ingin dimainkan. Utamanya adalah keyboard dan mouse, namun jika Anda bosan menggunakan kontroler standar tersebut Anda dapat gunakan alat kontroler seperti Gamepad, joystik atau bisa menggunakan racing wheel untuk  game balap.

PC Dapat Memainkan Game Lama

Meski namanya PlayStation 4, kenyataannya konsol ini tidak dapat memainkan game PlayStation 1. Berbeda dengan perangkat PC yang bisa memainkan game lama dari playStation 1, Xbox Arcade maupun NES menggunakan emulator maupun langsung dimainkan secara direct. Jadi dengan PC Anda tidak melulu untuk memainkan game baru, namun bisa bernostalgia dengan game lama.

Baca juga:  Mempersiapkan Laptop Mac Anda Untuk Perjalanan Jauh

Perangkat Keras PC Bisa di-Upgrade

Apabila Anda punya PC dengan spesifikasi rendah, jangan minder karena bisa dirombak dengan membeli komponen hardware baru yang mendukung untuk memainkan game berat. Berbeda dengan konsol game yang diciptakan secara ‘fixed’, seperti Xbox One yang akan tetap menjadi Xbox One tanpa bisa diupgrade spesifikasinya.

PC Lebih Multifungsi

Inilah keunggulan perangkat PC yang paling utama, yakni kegunaan yang lebih atau multifungsi. Selain bermain game, tentunya PC bisa dimanfaatkan sebagai alat kerja, browsing, bisnis online, bermedia sosial atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan desain grafis. Jadi Anda tidak melulu bermain game saja melainkan bisa melakukan kegiatan lain yang berguna.

Jadi dengan perbandingan diatas, mungkin Anda bisa menentukan mana yang akan dibeli. Konsol game atau PC gaming?