Mempersiapkan-Laptop-Mac

Sekarang melakukan perjalanan dengan Mac menjadi lebih mudah. Mac modern lebih tipis dan lebih ringan dari sebelumnya. Mereka punya baterai yang berlangsung sepanjang hari dan, ketika dipasangkan dengan iPhone, dapat mengakses ke Internet dari hampir semua tempat.

Sayangnya ada beberapa risiko bepergian dengan Mac. Jika Anda tidak hati-hati dan tidak mengambil langkah-langkah yang tepat sebelum berangkat — Anda mungkin bisa kehilangan semua data penting, Mac Anda dicuri, atau biaya tagihan telepon meningkat secara drastis.

Dalam tutorial ini saya akan membahas cara mempersiapkan Mac untuk perjalanan dan meminimalkan risikonya.

Tinggalkan Backup di Rumah

Backup sangatlah penting, khususnya jika Anda bepergian dengan Mac. Dalam kehidupan sehari-hariAnda, mungkin tidak ada terlalu banyak risiko.

Di tempat-tempat yang baru dan asing, ketika Anda sedang stres dan kemudian mencoba untuk bekerja pada Mac.Tapi anda sudah lelah, dan sangat memerlukan secangkir kopi.Ada resiko yang sangat besar di saat seperti ini. Dan ingatlah bahwa malapetaka dapat tercipta dari kesalahan yang sangat kecil.

Saat Anda berada di luar rumah akan sulit rasanya menerapkan rencana cadangan yang bagus. Membawa hard drive tambahan hanya menambahkan lebih banyak barang untuk dibawa, dan bisarusak atau hilang.

Jika Anda adalah seorang fotografer dan foto yang Anda ambil saat Anda pergi penting, maka hal itu perlu Anda lakukan.Tapi untuk orang lain solusi terbaik adalah membackup Mac pada malam hari sebelum Anda pergi. Jika Anda bisa membuat clone dari hard drive, lakukan. Jika Anda dapat melakukan keduanya, akan lebih baik.

Apa pun yang Anda lakukan pastikan ada salinan yang aman dan up-to-date dari data Anda yangtersimpan rumah atau jaringan cloud.

Tambahkan Custom Lock Screen Message

Jika Anda berpergian dan laptop Mac anda menghilang, apakah itu lenyap atau dicuri, Anda harus membuat orang yang menemukannya mudah untuk menghubungi Anda. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Custom Lock Screen Message. Siapa pun yang membuka Mac anda akan melihatnya.

Buka panel preferensi Security and Privacy di System Preferences. Anda harus mengklik tombol lock dan masukkan sandi Anda untuk membuat perubahan. Pada tab general beri tanda check list pada kotak Show a message when the screen is locked. Klik Set Lock Message dan masukkan pesan yang ingin ditampilkan pada lock screen Mac.

Untuk pesannya sebaiknya buat yang sederhana dan secukupnya saja.Biasanya saya hanya menulis pesan yang menampilkan nomor telpon saya dan pemberitahuan bahwa ada imbalan bagi yang menemukan Mac saya. Tergantung lokasi anda, mungkin berguna juga bila mencantumkan pesan bahwa anda telah mengaktifkan remote wipe yang menjadikan Mac anda tidak mempunyai resale value. Jika anda bepergian ke Negara yang tidak menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa percakapan, jalankan pesan anda menggunakan Google Translate – atau cari orang ramah yang bisa berbahasa inggris – untuk menulis pesan dalam bahasa lokal. Setidaknya anda meningkatkan kemungkinan Mac yang lenyap atau dicuri supaya bisa kembali lagi.

Nyalakan Find My Mac

Anda dapat menggunakan Find My Mac untuk melacak, mengunci dan bahkan remotely wipe Mac yang menghilang. Jika Anda bepergian dengan Mac, maka aktifkanlah. Jika Mac menghilang saat bepergian, anda dapat menggunakan Find My Mac dari iPhone, iPad, companions computer, atau internet café untuk melacak lokasinya. Jika anda yakin bahwa Mac anda dicuri dan sudah tidak ada harapan untuk mendapatkannya kembali, anda bisa wipe remotely supaya data anda tidak dipersalahgunakan.

Mengubah Tampilan Mac

Mac dapat langsung dikenali dengan mudah di seluruh dunia.Tampilan khas aluminium dan gambar apel yang bersinar membuat mereka jelas bahkan dari kejauhan. Bukanlah ide yang baik untuk mengiklankan, bahwa Anda membawa barang elektronik bernilai tinggi saat Anda bepergian. Wisatawan selalu menjadi target para pencuri dan pencopet.

Menambahkan casepada Mac bisa sangatmenolong dalam membuatnya menjadi kurang mencolok. Hal ini tidak akan menipu orang yang beradadi dekat tetapi setidaknya akan menjauhkan anda dari target pencurian. Saya menggunakan case yang berwarna hitam kental seperti ini yang tersedia di Speck untuk membuat Mac saya tidak terlalu terlihat seperti Mac pada umumnya saat melakukan perjalanan.

Mac case yang mirip dengan yang saya gunakan saat melakukan perjalanan. Dari kejauhan, tidak terlihat seperti Mac. Membawa tas laptop standar juga merupakan ide yang buruk. Banyak ransel yang dirancang untuk wisatawan memiliki kantong khusus laptop – sering dirancang untuk cocok dengan MacBook Pro15″-jadi gunakanlah salah satu dari mereka sebagai ganti tas laptop standar. Sebuah tas yang dapat terlihat jelas bahwaada sebuah komputer di dalamnya adalah undangan terbuka untuk pencuri.

Beli Local Data Plan

Jika Anda bekerja saat Anda sedang bepergian-atau hanya bepergian untuk jangka waktu yang lebih dari biasanya – mencari sinyal Wi-Fi sudah menjadi sesuatu yang biasa.

Di sebagian besar dunia anda bisamembeli SIM prabayar dengan kapasitas beberapa gigabyte data seharga30ribuan. Jika Anda memiliki unlocked phone, Anda dapat menempatkan kartu SIM itu di dalamnya dan mengkoneksikannya ke Mac.

Jika Anda sering bepergian, atau tidak memiliki unlocked phone, Anda bisa mendapatkan Apple USB Ethernet adapter yang fungsinya sama.

Ini akan memberikan Anda akses internet yang cukup murah untuk menyelesaikan banyak hal dan Anda dapat selalu top-up SIM lagi.

Mematikan Auto Update

Autoupdating app adalah kutukan untuk data mobile. Tidak ada yang akan membakar dua gigabyte kuota data anda lebih cepat selain hal itu. Sebelum Anda pergi, memperbarui semua aplikasi Anda ke versi terbaru. Setelah Anda melakukannya, matikan autoupdating di setiap aplikasi yang besar.

Sebuah update aplikasi menubar yang berukuran 10 megabyte tidak akan menimbulkan masalah, tetapi aplikasi yang lebih besar seperti Evernote, atau God Forbid, Photoshop update akan menggunakan sebagian besar dari kuota data anda. Simpan update ini sampai Anda memiliki akses Wi-Fi cepat.

Kebanyakan aplikasi akan memiliki checkbox dalam preferences mereka untuk mengaktifkan atau menonaktifkan autoupdating. Temukan itu dan pastikan sedang dalam keadaan nonaktif.

Untuk menghentikan Mac mengunduh system updatessecara otomatis, pergi ke panel preference App Store di System Preferences. Saya menghilangkan semua tanda check list tetapi hal yang paling penting adalah hapus tanda check listpada Download newly available updates in the background.

Aplikasi yang sync sejumlah besar informasi seperti Dropbox juga harus dinonaktifkan.