Jika di ibaratkan, hosting website adalah sebidang tanah kosong yang dapat dibangun sesuatu, kemudian domain adalah keterangan alamat dari area tersebut, dan template adalah bangunan dan rancangan sebuah rumah yang dibuat pada sebidang tanah pada alamat diatas. Sedangkan alat perancang yang digunakan adalah CMS (Content Management System) atau Sistem manajemen konten.

Berbicara soal template pastinya selera masing-masing orang tentu berbeda-beda, ada yang menginginkan template dengan model macam-macam penuh warna, banyak kolom, dan ada yang menginginkan template yang sederhana saja. Namun yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana kita memilih template yang sesuai dengan isi dan tujuan dari website kita. Jika Anda memiliki toko online, tentu kurang cocok jika menggunakan template profil perusahaan atau template untuk web portal.

Selain menyesuaikan dengan isi, ternyata ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih template website yang bagus, modern namun tetap masuk dalam kategori SEO friendly. Berikut kami berikan ulasannya:

1. Responsive Layout

Faktor pertama yang wajib harus Anda pilih adalah template yang termasuk dalam kategori responsive layout. Mengapa harus responsive layout? Tentu saja, saat ini kita sedang berada di era dimana tidak semua orang mengakses internet dengan perangkat yang sama.

Responsive layout pada template memungkinkan desain web akan menyesuaikan dengan ukuran gadget. Jadi ketika dibuka pada dekstop, maka template tersebut memiliki ukuran besar, kemudian jika dibuka pada perangkat mobile template akan mengecil dan menyesuaikan ukuran serta kontennya sesuai ukuran layar. Inilah yang disebut sebagai template mobile friendly.

Baca juga:  Tips Cara Membangun Website/Blog Agar Sukses  

Jadi, janganlah egois untuk memilih template sesuka Anda, karena visitor yang membuka via smartphone mungkin akan kesulitan karena layout yang tidak mobile friendly. Pada CMS wordpress biasanya memiliki filter ketika kita memilih theme/template dengan kategori responsive layout.

2. Template Harus Cepat Diakses

Malas sekali jika membuat situs web yang lambat dimuat, kebanyakan visitor akan langsung close atau jika koneksi lambat biasanya tidak 100% bisa dimuat. Masalah ini ada pada template yang salah pilih karena kurang cepat diakses.

Jadi tidak ada salahnya Anda mencoba template satu dengan template yang lain, kemudian di tes bagaimana kecepatan aksesnya, Anda dapat melakukan testing kecepatan akses pada https://gtmetrix.com . Jika Anda mendapatkan nilai B atau A dalam PageSpeed Score maka website Anda sudah termasuk cepat diakses.

3. Memiliki Fitur Menu yang Jelas

Inilah yang cukup penting dalam hal desain, yakni memiliki fitur Menu yang jelas dan kalau bisa berukuran besar. Fitur Menu dapat ditempatkan pada bagian atas atau mungkin bagian tengah serta tidak tersembunyi agar visitor dapat mudah menjangkaunya dan mengklik.

4. Template Memiliki Banyak Struktur untuk SEO

Pilihlah tempalte website yang mendukung untuk keperluan optmisasi kata kunci. Kita ketahui bahwa yang cukup berpengaruh adalah pada judul dan sub judul pada website untuk terlihat pada mesin pencari. Jadi pastikan template yang Anda pilih minimal ada strukur TAG H1, H2 DAN H3 (optional).

H1 merupakan struktur tag untuk memberitahukan mesin pencari bahwa tulisan pada H1 adalah judul utama website. Kemudian adalah H2 yang menjadi struktur tag untuk memberitahukan ke mesin pencari bahwa ini merupakan deskripsi website. Terakhir H3 adalah struktur tag, yakni berfungsi sebagai konten untuk menghasilkan sebuah keyword/kata kunci.

Baca juga:  Hal yang Perlu Anda Sadari Saat Membuat Blog Baru

5. Desain Modern

Memiliki heading image untuk mempercantik tampilan website, atau jika tidak sebagai gantinya bisa menggunakan slider beberapa foto yang otomatis berganti. Ada banyak template dengan fitur slider namun cukup responsive tidak berat selama resolusi foto tidak terlalu besar.

Bisa juga Anda memilih template yang memiliki kustomisasi warna background, atau menjadikannya flat design yang sedang populer saat ini.

Baca juga: 8 Hal yang Wajib Ada Pada Sebuah Blog

6. Memiliki Posisi Sidebar dan Kolom Post yang Baik

Mengapa perlu sampai memperhatikan sidebar dan kolom post? Ya, ternyata ahli seo mengungkapkan bahwa post pada kiri halaman dan sidebar pada kanan halaman lebih bagus. Ini karena secara defult HTML posisi semua kode berada di kiri kemudian selanjutnya menuju ke bawah.

Jadi garis besarnya apabila kolom post berada di bagian kiri halaman maka robot bot bakal merayapi pertama kali fitur tersebut, ketimbang halaman post yang berada di sisi sebelah kanan. Pemilihan faktor ini cukup mempengaruhi SEO.