dijual-online

Keinginan kuat untuk memulai bisnis online sudah begitu menggebu-gebu. Segala trik SEO dan trik bagaimana merancang situs website online store juga sudah dikuasai. Apalagi dari sisi sosial media yang telah mengetahui bagaimana trik promosi yang tepat dan jitu. Masalah lain justru muncul, yakni pertanyaan soal produk apa yang akan dijual?

Masalah kebimbangan ini sebenarnya bukan masalah baru dan telah dialami oleh banyak orang yang sudah hampir mahir dalam marketing online. Sudah lumayan memiliki wawasan untuk berjualan online, tetapi malah bingung mau jual apa. Apalagi jika Anda orang yang tidak memiliki hobi, atau bidang pekerjaan yang pernah dilakukan, maka akan lebih sulit lagi.

Anda tidak usah terlalu lama larut dalam kebingungan ini, karena inspirasi jualan online sebenarnya cukup banyak jika Anda peka terhadap lingkungan. Ada banyak produk dan barang yang cocok dijual online, dan menjadi peluang Anda untuk menguji seberapa hebat strategi marketing yang sudah dikuasai.

Berikut ini tips mencari produk untuk dijual secara online:

1. Produk Kerajinan Masyarakat

Cobalah untuk berkeliling dan berjalan-jalan di daerah Anda sendiri, tidak perlu jauh-jauh. Anda bisa memperhatikan, apakah ada lingkungan masyarakat yang memproduksi barang-barang kerajinan? Biasanya jika Anda masih berada di daerah pedesaan masih cukup banyak menemui barang-barang produk kerajinan yang dimaksud, entah itu sapu, keset, topi caping, kerajinan rotan, souvenir, benda-benda tradisional dan lain sebagainya.

Bukankah produk-produk tersebut merupakan produk yang unik dan cocok untuk dijual online? Mengapa Anda tidak bekerja sama dengan para pengrajin untuk menjualnya secara online?

2. Ke Pasar Tradisional

Cobalah berjalan-jalan ke pasar tradisional, siapa tahu Anda menemukan produk dengan jumlah yang banyak dan dihargai murah serta masih jarang dijual di toko online. Makanan tradisional, mungkin cukup masuk akal hanya saja pastikan Anda menjual produk makanan yang tahan lama karena dalam jual beli online membutuhkan waktu pengiriman yang tidak sebentar, bahkan berhari-hari.

3. Ke Pasar Loak

Produk benda-benda anti termasuk salah satu jenis barang yang paling diburu di online store. Nah, jika Anda masih bingung ingin menjual produk apa di toko online Anda, mengapa Anda tidak mencoba untuk menjual barang-barang kuno? Pergilah ke pasar loak, dan belilah banyak barang yang Anda anggap menarik dan bisa dijual lagi.

Foto dan posting ke situs web maupun sosial media Anda, dipastikan jika barang menarik dan memiliki sejarah unik pasti akan diburu. Apalagi barang-barang yang semakin kuno dan antik biasanya harganya akan semakin mahal. Carilah benda seantik mungkin dan sekuno mungkin, akan memiliki nilai lebih jika masih memiliki fungsi.

4. Apa Yang Sering Anda Beli

Pastinya Anda sering membeli barang tertentu, apalagi anak muda. Mungkin Anda sering mengkoleksi baju-baju distrol atau mungkin bagi anak perempuan suka membeli dan mengkoleksi bunga. Jika Anda hobi membeli sebuah barang mengapa Anda tidak mencoba untuk menjadi penjual, bukan konsumen lagi.

Sebagai contoh, Anda suka mengkoleksi baju distro metal, Anda memahami tentang dunia musik metal dan bahan distro yang bagus. Jadi Anda bisa menjualnya baju grup band favorit dan terbaik serta mencari produk dengan bahan bagus. Bahkan lebih bagus lagi jika Anda sudah tergabung dalam komunitas, pemasarannya lebih cepat.

5. Produk Terlaris Yang Dijual Online

Pernahkah Anda memperhatikan ternyata ada beberapa produk yang masih menjadi ‘primadona’ untuk dijual online? Beberapa situs menuliskan bahwa produk fashion, gadget, peralatan elektronik, produk kecantikan, produk herbal, dan produk kesehatan masih menjadi produk terlaris dalam jual beli online.

Jadi jika masih bingung untuk menjual apa, pilihlah salah satu produk diatas yang dianggap cocok dengan Anda. Semua produk-produk tersebut hampir mudah dijumpai dan mudah didapatkan secara grosir. Tetapi yang perlu Anda sadari adalah pesaingnya tentunya akan sangat banyak sekali, apalagi Anda harus bertarung dengan online store raksasa yang sudah memiliki nama besar.

Temukan segera inspirasi produk untuk dijual online.