Organic-Results-vs-Paid-Results-di-Mesin-Pencari-GoogleYang diandalkan dalam marketing online, salah satunya adalah mesin pencari Google. Ya, inilah salah satu fasilitas pemasaran online yang begitu ‘ajaib’ dan yang akhirnya dapat membantu para pebisnis meraup keuntungan melimpah. Dibandingkan sistem pemasaran lain, Google Search relatif lebih murah bahkan bisa gratis, cukup hanya menyediakan koneksi internet. Bayangkan saja, setiap hari ada jutaan orang di Indoensia yang memanfaatkan mesin pencari Google untuk mencari informasi atau produk dagangan yang mereka inginkan.

Kapan lagi Anda akan memanfaatkan fasilitas ‘ajaib’ ini? Sadarlah bahwa Google merupakan alat marketing yang begitu luar biasa, mumpung masih banyak pebisnis pesaing Anda yang belum sadar. Sebelum Anda memulai untuk memanfaatkan layanan Google Search ini, Anda harus mengerti dahulu bahwa ada 2 hal yang ditawarkan Google mengenai hasil pencarian. Satu adalah Organic Results dan kedua adalah Paid Results.

Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan Organic Results dengan Paid Results. Berikut kami akan coba mengulasnya lebih dalam:

1. Organic Results

Untuk yang pertama adalah Organic Results atau hasil organik dalam Google Search. Istilah ini mengacu pada sebuah hasil pencarian pada Google Search secara konvensional. Hasil pencarian berasal dari laman-laman yang melakukan optimisasi kata kunci dan memang sengaja agar dapat terindex pada Google Search. Untuk dapat melihat Organic Results sangat mudah, Anda tinggal mengetik sebuah kata kunci pada Google Search, sebagai contoh “laptop terbaik” di pencarian web.

Hampir sebagian besar hasil yang muncul merupakan kategori Organic Results (hasil organik). Organic Results bisa didapatkan tanpa harus berbayar kecuali Anda menggunakan jasa pihak ketiga. Organic Results merupakan sebuah hasil yang paling diinginkan oleh semua pemilik situs website.

  • Kelebihan

Bertanya soal kelebhihan Organic Results tentu ada banyak, pertama seperti yang dikatakan diatas bahwa metode ini masih gratis (tidak berbayar). Penampilan hasilnya berada di lingkup hasil konvensional, artinya bukan berupa iklan (sponsorship). Kecenderungan pengguna internet adalah selalu membuka konten yang bukan berupa iklan karena dianggap relevan. Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan traffic tinggi jika Organic Result laman Anda berada di posisi bagus. Para pemilik E-Commerce sangat berambisi untuk mendapatkan ini.

  • Kekurangan

Kesulitan dalam persaingan karena ada jutaan orang yang menginginkan Organic Results. Beratnya persaingan khususnya pada keyword yang populer dan banyak digunakan. Strategi yang tidak sedikit, kemudian lamanya proses Organic Results. Bahkan ada banyak pemilik web yang kalah dalam persaingan harus puas berada di posisi yang kurang bagus, seperti halaman 3, 4 dan seterusnya. Padahal pengguna internet lebih suka membuka halaman 1 sampai 2. Proses yang tidak instan namun dengan hasil yang memuaskan.

2. Paid Results

Paid adalah berbayar, jadi sudah pasti Anda tahu bahwa Paid Results adalah hasil yang berbayar pada Google Search. Ini kebalikannya dari Organic Results yang sebenarnya sepenuhnya gratis. Ketika Anda mengikuti program Paid Results Anda harus membayar uang dalam jumlah tertentu untuk kemudian bisa mendapatkan hasil laman yang berada di posisi yang diinginkan pada Google Search.

Google sendiri memiliki program Paid Results bernama Google Adwords. Tentu saja hasil pencariannya dibuat berbeda dengan Organic Results. Paid Results dianggap sebagai cara termudah untuk menggapai posisi yang diinginkan, hanya saja saat ini banyak pemilik laman yang menyatakan ketidak tertarikannya untuk mengikuti program Adwords.

  • Kelebihan

Hasil yang dijamin langsung pada posisi teratas Google Search untuk kata kunci tertentu sesuai yang dipesan. Ya, bayangkan saja, setelah membayar dan di uji kontennya oleh pihak Google Anda bisa langsung melihat konten Anda berada diposisi 1 halaman 1, atau alternatifnya berada di posisi sebelah kanan halaman 1. Kemudahan memang selalu disediakan bagi yang mau membayar. Tidak perlu melakukan optimisasi yang melelahkan atau menunggu waktu yang lama.

  • Kekurangan

Paid Resuls dalam program Google Adwords ditempatkan pada area khusus. Jadi bukan menjejal pada hasil organik, selain itu terdapat keterangan Ads atau Iklan yang cukup mencolok karena di blok warna kuning. Tentu kecenderungan pengguna internet adalah paling malas untuk mengklik iklan. Padahal konten iklan tersebut bisa saja relevan. Kemudian Paid Results memiliki jangkauan waktu yang ditentukan sesuai pesanan, semakin lama tentu semakin mahal dan lagipula program ini menggunakan mata uang Dollar.