Mari menulis adalah sebuah gerakan gagasan dari tulisbaca.com. Mari menulis adalah program tulisbaca.com dalam mewujudkan visi dan misinya. Dengan ini diharapkan semua pengunjung web dapat menjadikan menulis sebagai hobi dan rutinitas. Sekarang pihak tulisbaca.com memberikan tips menulis hebat. Selamat Membaca :)

1. Menumbuhkan Semangat Menulis

Semangat menulis ialah bagaimana sikap diri anda agar terus berbicara dengan pena, melalui tulisan. Dengan tulisan akan ada pesan atau amanat yang akan disampaikan kepada pembaca. Sekarang banyak diantara kita yang tidak bersemangat untuk menulis, karena dipikiranya itu terdapat hal-hal yang seharusnya tidak dipikirkan, seperti ”Bagaimana kalau tulisan saya jelek” dan ”Apakah dari menulis bisa mendapatkan uang ?”  Hal hal seperti itulah yang akan melemahkan saraf semangat untuk menulis.

Semangat menulis timbul ketika kita mempunyai tujuan yang jelas dan bertahan dalam jangka waktu lama. Dengan tujuan yang jelas dan bertahan lama maka, semangat menulis akan tetap terjaga dan terpelihara. Contoh tujuan yang jelas dan bertahan dalam waktu jangka lama adalah ”Menulis untuk berbagi, Menulis untuk belajar, Menulis untuk kepentingan bersama”  Hal-hal seperti ini yang akan meningkatkan gairah dalam menulis, ketika kita tidak ada mood dan sudah tak semangat lagi menulis, jika teringat tujuan awal tadi maka semangat menulis akan bangkit dengan sendirinya.

Tujuan jangka pendek seperti ”Menulis untuk uang”  itu boleh ada dipikiran kita tetapi jangan jadikan tujuan utama karena, jika tujuan tersebut telah tercapai maka semangat untuk menulis akan pudar dengan sendirinya.

Jadi, tujuan yang jelas dan bertahan dalam jangka waktu lama akan membuat semangat menulis terjaga.

2. Menimbulkan ide Menulis.

Kesulitan yang dialami oleh penulis newbie adalah ”Menimbulkan ide menulis”. Sebenarnya ide menulis itu sangat mudah ditemukan, tetapi kitalah yang malas untuk menemukanya. Mulailah menulis itu dari diri sendiri karena, dengan menulis mulai dari diri sendiri kita dapat mengenal siapa diri kita dan menemukan passions yang tepat untuk diri kita. Tips paling mudah adalah Menulis seperti anda menulis diary, dengan menulis diary anda akan terbiasa menuliskan pengalaman-pengalaman anda ( alamiah ). Tips selanjutnya adalah Teknik Jurnalistik dan Teknik Percabangan ( Saya namakan Sendiri x_x ).

  • Teknik Jurnalistik ( 5W + 1H )

Kembangkanlah sebuah kata atau kalimat menjadi beberapa pertanyaan, dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul ide-ide baru yang masih segar. Kita ambil contoh Burung.

(-) Apa itu Burung ? , Apa alat pernafasan burung ?

(-) Dimana tempat tinggal burung ? , Dimana burung bertelur ?

(-) Kapan burung mulai bereproduksi ?

(-) Kenapa burung dapat menyimpan udara ? , Kenapa disaat zaman dulu burung merpati berprofesi mengantarkan surat ?

(-) Siapa yang menemukan burung merpati ?

Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itulah kita dapat menemukan ide baru.  Dari satu pertanyaan akan menjadi sebuah postingan.

  • Teknik Percabangan

Teknik percabangan ini berasal dari Istilah saya sendiri, karena teknik ini dari satu kata menjadikan beberapa judul dan subjudul. Dari judul dan subjudul tersebutlah menjadi sebuah  postingan. Contoh kata KARATE, Kita dapat mengembangkan Karate menjadi Apa itu Karate ?, Sejarah Karate, Karate di Indonesia, Teknik Karate, Aliran-aliran dalam karate masih banyak lagi. Kembangkan imajinasi dan kreatifitas anda.

3. Kiat Memulai Menulis

Memulai adalah hal yang sulit jika dipraktekan tetapi, hal yang mudah jika kita hanya mendengar, membaca, dan melihat. Kiat memulai menulis adalah Menulis mulai sekarang. Hilangkan beban yang ada dipikiran anda dan hal-hal negatif yang akan mengganggu proses anda menulis. Fokuslah pada tujuan yang telah anda tetapkan pada awal akan menulis. Tuliskan apa yang anda sukai dan apa yang anda kuasai. Terapkanlah kiat menulis bebas, cara kiat menulis bebas itu sangat mudah yakni, Tuliskan semua apa yang ada dipikiran anda, jika anda jengkel maka tuliskan bahwa anda jengkel kembangkan kata jengkel tersebut dengan 2 teknik yang telah dituliskan diatas. Tuangkan semua ide, setelah semua ide tertuang diamkan tulisan tersebut beberapa menit/jam. Setelah otak anda segar kembali barulah tulisan tersebut diedit.

Setelah semua itu anda lakukan dan yakin bahwa tulisan tersebut adalah tulisan terbaik POSTING pada waktu itu juga. Jangan pikirkan apa yang akan dikatakan orang pada tulisan kita. Dengan berlatih-berlatih tulisan anda akan semakin bagus seperti para penulis terkenal. Semoga kita semua yang membaca ini menjadi penulis sukses .. aamiin…

4. Menyalurkan Tulisan anda.

Pada zaman sekarang menyalurkan tulisan tidak hanya ke media massa, tabloid, majalah, tetapi dengan internet pun semuanya bisa. Kita dapat menulis keseharian kita di internet. Anda dapat menyalurkan tulisan anda salah satunya di tulisbaca.com , di tulisbaca.com  tulisan anda akan sangat bermanfaat bagi orang lain, dengan seiring waktu berjalan pengunjung web ini semakin bertambah.

Semoga Bermanfaat ! Lebih semangat menulis ya….