Siap-Untuk-Berwirausaha

SMK mungkin identik dengan pendidikan yang cukup banyak melakukan praktek sampai tangan dan baju kita ‘belepotan’ oli atau pengadukan semen. Bisa saja benar, tetapi yang dimaksud mungkin adalah SMK jurusan otomotif, mesin dan bangunan. Jangan berkecil hati dahulu karena jika Anda tidak ingin ‘belepotan’ oli dan semen, bisa memilih jurusan SMK yang lain.

Disinilah keunggulan SMK dan pemerintah memang sedang mengupayakan terhadap lulusan SMP untuk masuk sekolah kejuruan. Hal ini mengingat lulusan SMK dianggap lebih siap karena sudah dibekali skill  sehingga dapat langsung masuk ke dunia kerja. Sangat berbanding terbalik dengan SMA yang orientasinya harus melanjutkan kuliah meski tidak wajib.

Artikel lain: Mengapa Perlu Menjalankan Bisnis di Usia Muda

Jurusan SMK

Lalu apa sajakah jurusan-jurusan SMK yang dianggap menarik? Di Indonesia cukup banyak diantaranya adalah teknik bangunan gedung, teknik geodesi dan geomatika, ketenagalistrikan, teknologi informasi dan komunikasi, broadcasting, elektronika, mesin, otomotif, bisnis dan manajemen, pariwisata, tata boga, tata kecantikan, agribisnis tanaman, agribisnis peternakan, agribisnis perairan, senirupa, grafika, kesehatan dan masih banyak yang lainnya.

Dari sekian banyak jurusan SMK, otomotif adalah jurusan yang paling banyak, kemudian disusul dengan permesinan, teknologi informasi, bisnis dan manajemen serta beberapa jurusan lainnya. Dahulu memang bangunan menjadi jurusan favorit, namun saat ini sudah kurang diminati.

Di masa sekarang ini SMK memang menjadi pilihan favorit ketimbang SMA. Padahal sekitar kurun waktu 15 hingga 20 tahun yang lalu, lebih banyak SMA dibandingkan SMK. Padahal patut diketahui bahwa di negara Jerman, sekolah kejuruan sudah dimulai sejak abad ke 19.

Baca juga:  Tips Sukses Berbisnis Distro (Distribution Outlet)

Sekolah kejuruan masa lalu di Jerman lebih banyak menekankan sistem pendidikan ganda diantaranya adalah dengan sistem training atau pelatihan kejuruan di sekolah, kemudian siswa juga akan diberi kesempatan untuk magang di perusahaan yang bersangkutan dengan bidangnya.

Keunggulan Lulusan SMK

  • Dari segi penerimaan mata pelajaran, SMK dianggap lebih baik karena akan mendapat pelajaran adaptif maupun normatif. Jadi siswa SMK akan mendapatkan mata pelajaran kejuruan dengan prakteknya namun juga tetap mendapatkan pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Olahraga dan sebagainya.
  • Siswa SMK dianggap lebih berpengalaman karena sebelum lulus biasanya para siswa akan diberi kesempatan Praktek Kerja Lapangan atau Praktek Kerja Industri. Disinilah pengalaman berharga mereka didapat sekaligus bisa untuk mengasah kemampuan selain yang didapat dari lingkungan sekolah. Dalam praktek kerja di luar, siswa bisa dilepas rata-rata dengan jangka waktu 3 sampai 6 bulan lamanya.
  • Akan lebih baik memang siswa SMK melanjutkan ke jenjang berikutnya dengan jurusan yang sesuai. Namun hal ini tidak menjdi kewajiban karena siswa SMK sebenarnya sudah memiliki skill dan pengalaman selama masih menjalani pendidikan.
  • Seorang lulusan SMK dianggap sangat fleksibel, karena ia bisa masuk ke dunia kerja sebagai karyawan, pegawai maupun seorang ahli. Sebagai contoh saat ini kebanyakan industri di Indonesia sebagian besar memiliki karyawan yang memiliki latar belakang dari SMK.
  • Lulusan SMK lebih siap menjadi wirausaha. Hal ini karena lulusan SMK sudah memiliki skill dan keahlian yang didapat selama pendidikan, selain itu setiap SMK biasanya juga sudah memiliki mata pelajaran Kewirausahaan. Dalam mata pelajaran ini setiap siswa akan diarahkan untuk menjadi wirausaha ketimbang sebagai pencari kerja. Tujuan mata pelajaran ini memang sangat bagus karena akan menyiapkan siswa sebagai pekerja yang cakap pada dunia bisnis, kemudian akan menyiapkan lulusan SMK sebagai seorang pelaku bisnis yang handal, sebagai konsumen yang rasional serta mengusahakan agar para lulusan dapat menguasai ilmu ekonomi bisnis. Dalam pelajaran ini bukan skill kerja yang di pelajari, namun lebih kepada ilmu tata cara menjadi wirausaha yang baik dan wawasan mengenai birokrasi saat membuka bisnis.
Baca juga:  7 Tips Cara Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis

Baca juga: Menjadi Pegawai Biasa Bukanlah Hal Yang Buruk, Asalkan…

Jadi apakah masih ragu untuk masuk SMK? Pastikan Anda memilih jurusan yang sesuai dengan minat, bahkan jika memang tertarik dengan kejuruan dibidang komputer ada banyak pilihan mulai dari teknologi informasi, senirupa grafis, teknik komputer dan jaringan serta berbagai jurusan lain.