Manusia dan makhluk hidup lainya secara langsung atau tidak langsung bergatung kepada lingkungan dan alam sekitar baik itu komponen biotik ataupun komponen abiotik. Arti Lingungan adalah tempat tinggal semua makhluk hidup yang ada di dunia, yang dapat beradaptasi terhadap semua makhluk yang sejenis, dan saling ketergantungan satu sama lain. Arti dari Lingkungan hidup itu ialah segala makhluk hidup ataupun yang tak hidup di alam yang ada di bumi atau di bagian dari bumi. Lingkungan hidup berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.

 

lingkungan-hidupLingkungan Hidup di Indonesia

Menurut Undang-Undang No. 23 Tahun 1997, Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksinya.

 

Lingkungan terdiri dari komponen-komponen ekosistem, ekosistem berarti tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup. Di dalam ekosistem terdapat unsur biotik dan unsur abiotik.

Manusia dan Lingkungan Hidup

Manusia dalam hidupnya membutuhkan unsur abiotik dan biotik, manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas dan manusia membutuhkan tumbuhan untuk menjadi makanan. Lingkungan hidup menyediakan segala yang dibutuhkan tetapi jika digunakan terus menerus itu akan habis jika tidak diperbahrui. Sebab sumber daya alam juga mempunyai keterbatasan stoknya. Jadi, segera perbahrui sumber daya alam dan kurangi pemakain SDA yang tidak dapat diperbahrui. Alam dan Lingkungan adalah titipan anak cucu kita.

Masalah Lingkungan Hidup

Menjaga dan melestarikan lingkungan hidup adalah tugas dan tanggung jawab manusia. Manusia adalah makhluk hidup yang persentasenya paling banyak menggunakan lingkungan oleh karena itu mari iringi pemanfaatan lingkungan dengan pengendalian, pengawasan, pemulihan, pengembangan lingkungan dan menerapkan sistem 3R ( Reuse, Recycle, Reduce )

Masalah Lingkungan Hidup di Indonesia

Pada saat ini masalah lingkungan di Indonesia semakin banyak terjadi, masyarakat banyak yang tidak peduli terhadap Lingkungan Bersih, penebangan hutan secara liar, penebangan kayu-kayu yang masih muda, polusi udara / air / tanah, pertambangan liar, kebakaran hutan, penghancuran terumbu karang, perusakan terhadap suaka margasatwa, pemburuan hewan yang dilindungi, dan yang paling sederhana tetapi susah untuk dilakukan yaitu pemilahan sampah. Fakta tentang masalah lingkungan hidup di Indonesia yang sedikit kita tahu adalah Jakarta kota terkotor No. 3 di Dunia.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia setiap tanggal 5 Juni. Yang ditetapkan dalam sidang PBB tahun 1972 untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm.

Semoga Menambah Pengetahuan dan Wawasan sobat. Mari Lestarikan Lingkungan Hidup mulai Sekarang !