Setelah sempat hadir dengan berbagai versi, akhirnya sistem operasi Android yang terbaru muncul dengan nama KitKat berkode 4.4. Sebelum KitKat hadir, Android sudah memiliki sekitar 18 versi yang banyak dinamai dengan nama makanan ringan. Terutama sejak tahun 2009 dimana versi 1.5 dinamai Cupcake sampai versi 4.4. Untuk Android versi beta hingga versi 1.1 belum memiliki nama kode yang diambil dari makanan.

Sebenarnya apa keunggulan dari sitem Android KitKat ini? Dan apa perbedaan mendasar jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya? Mari kita ulas selengkapnya dibawah ini:

Artikel lain: Blackberry Lakukan Update BBM Android

  1. Keunggulan pertama yang bisa dirasakan dari Android KitKat 4.4 adalah pembaruan interface dengan bar status serta navigasi transparan yang bisa terlihat pada layar depan. Ini menjadikan perangkat dengan Android KitKat lebih terkesan modern.
  2. Android KitKat memungkinkan untuk pengoptimalan memori serta meningkatkan kemampuan fitur layar sentuh.  Banyak pengguna yang merasakan proses multitasking lebih cepat dengan sistem operasi ini. Google juga sempat mengklaim bahwa KitKat sudah sanggup menghadirkan respons lebih cepat serta akurat jika dibandingkan sistem operasi versi sebelumnya.
  3. Proses multitasking yang cepat ternyata tidak hanya bisa dirasakan pada perangkat berspesifikasi renda. KitKat juga sanggup mengoptimalkan kinerja meski hanya perangkat dengan spesifikasi lebih rendah.
  4. Android KitKat mampu mendukung aksesibilitas yang lebih baik yakni dengan cara penambahan preferensi untuk Closed Captioning. Jika hendak mengaktifkannya, Anda dapat masuk ke Pengaturan, Aksesibilitas, lalu memilih Captions.
  5. WebViews yang sudah berbasis Chromium. Artinya adalah setiap kali para pengguna hendak membuka sebuah konten web maupun link melalui sebuah aplikasi, maka penggunanya otomatis akan membukanya melalui Chrome. Tentunya juga sudah lengkap dengan berbagai fitur yang biasa ditemukan pada Google Chrome.
  6. Proses cetak mencetak dokumen lebih mudah dilakukan dengan Android 4.4 KitKat. Google memberikan kemudahan dimana pengguna dapat mencetak file ke berbagai printer yang sudah terhubung dengan Google Cloud Print maupun printer HP ePrint serta printer lainnya yang sudah memiliki aplikasi pada Google Play Store. Biasanya adalah printer versi baru yang disediakan aplikasi untuk sinkronisasi.
  7. Android KitKat memiliki peningkatan pada tampilan mode layar penuh, tombol perangkat lunak serta status bar yang bisa langsung diakses dari bagian tepi dengan langkah menggesek saja melalui layar saja.
  8. Terdapat fitur sensor baru yang tersedia, yakni sensor untuk pendeteksi langkah serta penghitung langkah dari pengguna. Ternyata sensor ini dapat berfungsi untuk menjadikan perangkat Android menjadi alat untuk mendukung kebugaran tubuh. Sayangnya, fitur ini baru bisa dirasakan pada perangkat Nexus 5 serta digunakan dengan aplikasi Runtastic.
  9. Beralih ke keunggulan konektivitas, yakni adanya dukungan Bluetooth Message Access Profile (MAP). Fitur ini memungkinkan untuk bisa melakukan pertukaran berbagai macam file dan pesan diantara dua perangkat.
  10. Pernahkan Anda mendengar tentang Smart Caller ID. Ini adalah sebuah fitur dimana ponsel akan bisa mendeteksi nomor telepon yang melakukan panggilan masuk. Sebagai contoh, apabila ada panggilan dari ponsel pengguna namun tidak ada dalam daftar kontak, maka fitur Smart Caller ID akan mendeteksi dan memberitahu kepada pengguna KitKat apa provider nomor tersebut.
  11. Seluruh aktivitas SMS dan MMS pada perangkat Android KitKat bisa dioperasikan menggunakan aplikasi Hangouts baru. Anda dijamin dengan mudah bisa melakukan percakapan dan video call dan juga bisa berbagi informasi mengenai lokasi pengguna bahkan bisa mengirimkan gambar animasi bergerak dengan format GIF.
  12. Kelebihan lain adalah peningkatan aksesibilitas API, kerangka kerja baru untuk transisi UI, perluasan fungsionalitas bagi layanan pendengar notifikasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga: Pendiri Apple Tak Tertarik Dengan iPad Air

Salah satu fakta unik dari Android 4.4, ternyata Google sebelumnya harus meminta ijin untuk menggunakan nama KitKat dari perusahaan Nestlé dan Hershey. Seperti yang diketahui bahwa KitKat merupakan produk makanan cokelat yang diproduksi Nestlé dengan lisensi dari perusahaan The Hershey Company.

Demikian beberapa keunggulan dari sistem operasi Android KitKat 4.4. Semoga bermanfaat.