Seller-Penipu-di-Situs-Jual-Beli-Online

Sudah dibilang bahwa berbohong adalah perbuatan dosa dan dilarang agama. Namun itulah manusia, hanya demi mendapatkan banyak keuntungan tanpa bekerja keras mereka rela melakukan apapun termasuk melakukan penipuan. Praktek ini memang sangat sulit diberantas, dan Anda bisa melihat sendiri pada situs jual beli online lapak-lapak para penipu sudah sangat banyak dan cukup mengganggu.

Tidak tanggung-tanggung, para penipu di situs jual beli online menggunakan segala trik dan usaha agar mereka mendapatkan banyak korban. Pastikan Anda menjadi orang yang selalu waspada dan tidak menjadi korban penipuan semacam ini. Nah, karena praktek ini sulit diberantas, namun setidaknya Anda bisa mengenali ciri-ciri dari postingan seller penipu.

Perlu Anda ketahui ternyata lapak-lapak penipu memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan seller yang jujur. Berikut ini kami akan membahas tentang ciri-ciri postingan seller penipu pada situs jual beli online:

1. Penjualan Produk Elektronik

Penipuan paling banyak adalah dari penjualan barang elektronik. Mungkin karena barang elektronik memiliki harga yang mahal sehingga penipu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari aksinya. Jadi pastikan Anda hati-hati bila ingin membeli ponsel, laptop, atau kamera. Mungkin barang-barang ini lebih baik Anda beli secara langsung di toko ketimbang via online.

2. Judul Mencurigakan

Dari judulnya saja sudah bisa terlacak bahwa itu adalah sebuah postingan dari penipu. Seller penipu sering mencantumkan judul dengan menuliskan penawaran menarik seperti ‘Hot Sale’ atau ‘Cuci gudang’ atau menuliskan judul dengan lebih dari satu produk. Penggunaan kata-kata tersebut dimungkinkan agar calon pembeli tertarik dengan penawarannya.

3. Barang Baru

Jika memang seller tersebut menjual barang baru dan cukup banyak stok, mengapa tidak membuka toko online resmi saja? Mengapa harus repot-repot memposting pada situs jual beli yang notabene tidak bonafit? Jadi, bila ingin membeli barang baru secara online lebih baik Anda membeli langsung di toko online resmi yang dapat dipercaya. Bukankah sudah ada beberapa toko online yang bonafit dan iklannya sudah muncul di televisi?

4. Menuliskan Spesifikasi Sangat Lengkap

Malas sekali seorang seller untuk menuliskan secara lengkap spesifikasi barang. Namun tidak bagi si penipu, mereka menuliskan spesifikasi barang dengan cara copas dari sumber lain. Bagi seller jujur, yang terpenting adalah menuliskan nama merek, tipe, kondisi barang, berapa lama pemakaian, dan harga. Bukan spesifikasi panjang tidak berguna. Jadi hati-hati dengan lapak yang menuliskan spesifikasi hasil dari copas.

5. Barang BM

Anda sering mendengar istilah BM atau Black Market? Ini adalah barang dengan status ilegal alias tidak memiliki ijin resmi karena tidak dikenakan pajak. Penipu sering mengklaim bahwa barang mereka adalah barang BM yang langsung diambil dari pelabuhan sehingga bisa dijual dengan harga sangat murah.

Memang praktek demikian bisa benar adanya. Namun kenyataannya banyak penipu yang sebenarnya tidak memiliki barang namun mengklaim memiliki barang yang merupakan barang BM agar dipercaya pembeli dengan harga murah.

6. Harga Tidak Wajar

Harga baru namun dijual dengan harga setengahnya dari harga pasaran atau bahkan lebih rendah lagi. Patutlah Anda mencurigai lapak dagangan yang demikian dan 100% harus dihindari. Bagaimana mungkin kamera seri Nikon D7000 dibanderol harga Rp 3 juta dalam kondisi baru, padahal harga resminya mencapai Rp 13 juta. Mungkin bila itu barang curian bisa saja benar. Tp barang asli dari pabrik pastinya tidak akan dijual serendah itu.

7. Postingan Lebih Dari Satu

Dasar penipu, ada saja trik yang digunakan. Salah satunya adalah membuat postingan atau lapak dagangan lebih dari satu pada situs jual beli online. Jadi jangan heran bila ada lebih dari satu postingan yang judulnya sama atau hampir sama. Kemungkinan itu adalah postingan yang dibuat oleh satu orang.

8. Lokasi Seller Banyak

Postingan sama namun berbeda-beda lokasi, sebagai contoh adalah Batam, Jakarta, Pontianak, Pekanbaru dan sebagainya. Banyak seller penipu yang menggunakan lokasi kota tersebut karena mengklaim bahwa dikota tersebut terdapat akses untuk pengiriman barang dari luar negeri sehingga bisa mendapatkan barang BM.

9. Tidak Menerima COD dan Rekber

Yang paling jelas menunjukan penipuan adalah tidak maunya seller untuk melakukan COD (Cash on Delivery) dengan buyer. Kemudian bila menggunakan sistem pembayaran rekber juga tidak bersedia. Sudah pasti 100% seller demikian adalah penipu yang harus Anda hindari.

Selamat berbelanja online dan semoga Anda mendapatkan seller terpercaya.