Ken Kutaragi
Ken Kutaragi

Sebelum menjadi sebesar sekarang PlayStation bermula pada impian masa kecil Ken Kutaragi. Berbagai masalah yang menghadang tak membuat Kutaragi putus asa. Semangat dan impian kecil menjadi faktor penggerak utama Kutaragi dalam mencapai kesuksesan.

Ken Kutaragi dijuluki ‘’ Bapak Playstation’’ berasal dari Tokyo, Jepang. Lahir tanggal 9 Agustus 1950. Ken Kutaragi bukanlah berasal dari keluarga yang kaya raya, namun orangtua Ken memiliki bisnis percetakan kecil di kota. Sejak kecil, Ken dilatih orangtuanya untuk mengembangkan kemampuan mekanis. Ketika sekolah, Ken termasuk siswa yang pandai dan sering mendapatkan nilai ‘’ A+ ‘’.

Disaat mendapatkan mainan baru Ken selalu membongkarnya karena penasaran dengan mekanisme permainan tersebut. Ken membongkar mainan tersebut agar mengetahui cara kerjanya. Setelah itu, kecintaanya terhadap industri elektronik membuat Kutaragi masuk ke Universitas of Electro-Communications.

Setelah lulus kuliah Kutaragi mulai bekerja di Sony sebagai peneliti digital. Kutaragi mendapatkan reputasi positif karena sering menghadirkan ide-ide baru dan sukses membuat proyek sseperti LCD dan Kamera Digital.

Pada tahun 1980-an, Ken melihat saudaranya bermain Faminom / Japanese Nintendo Entertaiment System. Ketika itu, Kutaragi melihat potensi dari permainan video game. Akhirnya, dia bekerja secara diam-diam, mendesain chip SPC700. Setelah itu, chip tersebut menjadi awal diciptakanya Playstation yang kompatibel dengan game Super Faminom dan software bernama Super CD.

Semoga Bermanfaaat.