Kelebihan-Niche-BlogPara blogger tentu tidak begitu asing dengan istilah Niche blog. Wah, bagi yang awam tentu masih bingung apakah itu Niche blog? Penting untuk diketahui bahwa istilah ini merujuk kepada sebuah blog yang secara konsisten berisi tentang topik atau tema yang terbatas, baik satu tema atau paling banyak dua tema.

Berbeda dengan blog dengan tema dan topik pembahasannya yang banyak dan beragam, seperti portal berita dan sering dijuluki “blog gado-gado” . Dalam artikel Tulisbaca.com sebenarnya sudah sempat dibahas berbagai topik atau tema Niche blog yang paling laris dikunjungi seperti tema lowongan kerja, dunia musik, fotografi, kesehatan, hobi, fashion dan lain sebagainya.

Niche blog memang sangat efektif menarik pengunjung, namun ternyata masih ada calon blogger yang masih ragu-ragu membuat Niche blog dan masih menginginkan pembuatan “blog gado-gado”. Tidak salah memang jika ingin membuat blog yang campur aduk, namun Anda harus mengetahui bahwa ternyata ada banyak kelebihan jika Anda mengelola Niche blog. Berikut ulasannya:

Artikel terkait: Niche Website/Blog Yang Banyak Dicari Orang di Internet

1. Terfokus pada satu bahasan

Dengan terfokus pada satu bahasan tentunya membuat pikiran Anda tidak terpecah. Sebagai contoh Anda mengelola Niche blog tema traveling, maka segalanya Anda harus menulis tentang dunia traveling dalam blog. Biasanya pemilik Niche blog sudah menguasai dan memiliki pengetahui luas tema pembahasan yang ditentukan.

Tidak mungkin jika Anda tidak suka bepergian lalu membuat blog khusus traveling. Hal ini juga menimbulkan kesan bahwa pemilik dan penulis blog adalah orang yang professional dalam tema pembahasan tersebut.

2. Akan memiliki pengunjung setia

Biasanya dengan Niche blog Anda akan mendapatkan pengunjung dan pembaca setia, dengan catatan blog Anda memang adalah blog yang menarik. Sebagai contoh, ada sebuah blog yang membahas dunia musik metal plus download , pastinya akan dikunjungi oleh para penikmat musik metal. Alhasil blog Anda dapat menjadi sebuah sumber referensi utama bagi para pengunjung sehingga mereka akan lebih sering mengunjungi blog Anda.

3. Potensi membentuk komunitas dan kelompok persaudaraan

Dengan minat yang sama biasanya orang akan membentuk komunitas baik secara offline maupun dalam jaringan. Blog Anda bisa saja menjadi sebuah website untuk saling berbagi informasi layaknya sebuah forum. Bahkan terkadang mereka juga bisa mengadakan pertemuan dan berinteraksi dengan pembaca lain atau dengan pemilik blog. Akhirnya bisa menambah teman baru dengan minat yang sama asalkan kegiatan yang dilakukan positif.

4. Lebih mudah dalam optimasi untuk mesin pencari (SEO)

Seperti yang sudah diketahui para blogger bersama bahwa sang mesin pencari Google ternyata lebih menyukai untuk menampilkan blog dengan tema pembahasan tertentu, bukan blog yang gado-gado. Dengan membangun sebuah Niche blog artinya secara tidak langsung juga Anda sudah melakukan sebagian kecil dari teknik optimasi mesin pencari (SEO) yang jitu. Dampaknya sudah jelas, yakni  ranking Niche blog Anda dapat relatif tinggi pada mesin pencari sekelas Google.

5. Kemudahan mendesain blog

Mengenai ini sudah pasti pemilik Niche blog akan sangat memahami. Karena tidak mungkin sebuah blog yang berisi topik kuliner atau masak-memasak didesain dengan background maupun banner bergambar mesin sepeda motor. Jadi Anda tidak perlu merasa rumit dalam hal desain blog karena pada Niche blog Anda hanya cukup menampilkan background dan banner yang sesuai dengan tema pembahasan blog. Yang pasti dalam hal mendesain Anda tidak perlu berlebihan yang bisa berakibat halaman blog yang berat untuk dibuka.

Baca juga: Cara Rahasia Meningkatkan Trafik Website/Blog

6. Potensi untuk mendapatkan iklan kontekstual

Adsense biasanya kemungkinan membuat pemilik blog harus merelakan iklan apapun tampil sesuai keinginan Google. Jadi lebih banyak iklan yang tidak sesuai dengan tema blog. Tetapi jika memiliki Niche blog memungkinkan Anda mendapatkan iklan kontekstual, yakni iklan yang isinya sudah disesuaikan dengan konten suatu website atau blog. Jadi sebagai contoh, apabila Anda memang memiliki blog yang membahas tentang fotografi Anda bisa mendapatkan iklan dari Adsense yang menjual barang-barang fotografi seperti kamera dan sebagainya.

Jadi masih ragu untuk membuat Niche blog, atau tetap akan membangung blog yang campur-aduk informasinya?