Kekurangan-Google-Adsense

Program Google Adsense tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa dunia blogging cukup ramai diminati. Ya, dengan hanya membangun blog gratisan maupun dengan halaman web berdomain khusus kemudian membuat konten-konten menarik Anda dapat menghasilkan uang dollar. Sangat mudah, Anda tidak perlu bekerja dibawah teriknya matahari, cukup didalam kamar dan berhadapan dengan layar komputer.

Bagi Anda yang belum memahami apa itu Google Adsense, ini adalah sebuah program periklanan dimana perusahaan Google bekerja sama dengan para pemilik situs web atau blog yang telah terdaftar program ini. Pihak pemilik blog atau web berhak memasang unit iklan dengan bentuk serta materinya ditentukan oleh Google secara mutlak bagian kolom tertenty halaman web. Dari mana uang bisa didapat? Uang bisa didapat saat iklan yang terpasa diklik oleh visitor situs, dan inilah yang disebut dengan sistem pay per click (ppc) atau dalam bahasa Indonesia bayar per klik.

Tertarik untuk mengikuti program Google Adsense, ketimbang Anda hanya menulis di blog tanpa menghasilkan uang? Pastikan Anda membaca keseluruhan tentang aturan dalam program Google Adsense. Selain Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan, ternyata program ini juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat sulit para blogger pemula. Berikut ini adalah beberapa kekurangan Google Adsense yang dianggap kerap menyulitkan para anggotanya:

Registrasi Sangat Menguji Kesabaran

Ada beberapa blogger yang mengatakan bahwa untuk mendaftar Google Adsense cukup susah. Sebenarnya ini relatif, mereka akan mengatakan sulit bila tidak memahami dan mengerti TOS (Terms of Service). Tentu ada banyak sekali kebijakan yang harus dipatuhi, mau tidak mau. Bahkan ada banyak kasus dimana seorang blogger sudah berkali-kali mendaftar namun tidak kunjung diterima.

Baca juga:  Kekuatan Konten dalam Bisnis Online dan Internet Marketing

Nah, untuk mengetahui apa saja TOS Google Adsense Anda bisa membacanya di halaman resmi Adsense pada bagian bantuan kebijakan program. Beberapa contoh aturannya adalah pelarangan menggunakan perintah munculan (perangkat lunak otomatis), pembatasan konten serta kebijakan materi yang dilindungi hak cipta.

Review Dari Google Membutuhkan Waktu

Setelah Anda mendaftar Anda tidak langsung diterima, bahkan kalau pun diterima Anda harus menunggu waktu lama. Ya, sudah bukan rahasia lagi bahwa proses verifikasi Adsense memang lama, dari masa pendaftaran Anda membutuhkan waktu 2-3 hari untuk menerima balasan dari pihak Google. Beberapa blogger sempat mengeluhkan karena mereka sudah menunggu sampai 1 bulan belum ada kejelasan apakah akan full approve atau tidak.

Iklan nilai PPC Rendah dan Tinggi Tidak Diketahui

Ada beberapa iklan dari Google Adsense yang memiliki nilai Pay Per Click rendah dan tinggi. Anda tidak akan mengetahui yang mana iklan dengan nilai rendah dan tinggi. Hanya Tuhan dan Google yang tahu, karena Anda hanya bertugas sebagai pembuat konten, memasang iklan dan berharap visitor mengkliknya. Mungkin dengan merahasiakan nilai iklan akan membuat anggota tidak pilih-pilih memasang adsense. Memang akhirnya akan membuat program ini fair bagi Google dan perusahaan pendaftar iklan, tapi tidak fair bagi para pemilik halaman.

Pay Out Dengan Angka Minimal 100 USD

Setelah Anda sudah terdaftar dalam program Adsense dan memulai membuat konten berkualias, kemudian mulai banyak yang mengklik iklan Adsense maka bukan seketika itu Anda akan mendapatkan uang. Google memberlakukan aturan bahwa setiap anggota program Adsense bisa mencairkan uang jika sudah saldo mencapai 100 USD.

Baca juga:  Inilah 5 Peluang yang Bisa Anda Miliki Jika Sudah Menguasai Teknik SEO

Bagi blogger pemula atau blogger baru yang belum memiliki reputasi dan visitor banyak angka tersebut sebenarnya cukup besar. Akhirnya mereka harus bersabar hingga saldo mencapai 100 USD. Mungkin bisa memusingkan, disaat kebutuhan pokok sudah harus dipenuhi namun saldo Adsense belum sampai target.