Konten-dalam-Bisnis-Online

Apa sih pentingnya konten dalam berbisnis online ?. Bagaimana ciri konten yang baik untuk bisnis online tersebut? Mungkin beragam pertanyaan lain hadir mengenai nilai dari konten itu sendiri. Untuk info lebih lengkap simak terus artikel ini.

Konten merupakan media yang kita (pebisnis online) gunakan untuk memberikan materi, mengembangkan kreatifitas, dan berbagi ilmu kepada sesama.Dalam bisnis online sebenarnya yang memegang peranan penting adalah kualitas daripada konten tersebut. Baik bisnis online e-commerce, affiliasi, dropship, dan periklanan. Namun, pada dasarnya konten lebih dibutuhkan oleh bisnis online tipe periklanan.

Sedikit saran kepada pemilik e-commerce untuk melengkapi situs e-commerce mereka dengan blog. Yang pastinya bagian dari blog tersebut merupakan konten yang berisi materi sesuai dengan jualan Anda. Jadi, selain untuk berbagi ilmu, konten pada blog juga dapat menaikkan keinginan calon pembeli untuk membeli suatu produk. Coba kita lihat situs marketplace yang populer saat ini, tokopedia.com juga dilengkapi oleh blog.

Konten yang menarik dan berkualitas adalah hal terpenting dalam membuat konten. Bagi Anda pemilik e-commerce konten yang menarik serta nilai copywriting pada suatu konten akan mempengaruhi psikologis calon buyer untuk membeli produk. Yang awalnya tidak tertarik, dengan adanya konten bisa saja ia tertarik.

Ada beberapa tujuan konten dalam membangun bisnis online, diantaranya :

  1. Media berbagi ilmu.
  2. Media promosi dan meyakinkan calon pembeli.
  3. Memberikan informasi atau review mengenai suatu produk.
  4. Meningkatkan brand.
  5. Meningkatkan kepercayaan calon pembeli tentang toko daring tersebut,

Jenis-Jenis Konten dalam Bisnis Online

Selama ini yang kungkin kita kenal yang disebut konten itu hanyalah sebuah artikel. Sebenarnya, ada beberapa jenis konten lain yang dapat Anda gunakan dan optimalkan untuk website Anda nantiinya. Berikut beberapa jenis konten tersebut :

  1. Artikel

Artikel – artikel biasanya kita temui secara umum pada website atau blog yang ada di internet. Artikel merupakan salah satu jenis daripada konten. Artikel tersebut merupakan konten yang berupa kumpulan kata – kata saja.Perbedaan artikel dengan ebook adalah artikel pembahasannya lebih singkat daripada e-book.

  1. Ebook
Baca juga:  Keunggulan Bisnis Online

Ebook marupakan singkatan dari electronic book, jadi, isi dari ebook tersebut hampir sama dengan buku (dari segi kelengkapannya). Untuk nulai menariknya ebook juga lebih disukai oleh pengguna internet, karena, isinya yang lengkap dan eksklusif. Untuk berpromosi sebaiknya Anda juga gunakan ebook.

  1. Video

Video merupakan konten yang lebih menarik dan lebih disukai oleh pengguna internet. Hal ini karena media video mampu memberikan informasi lebih lengkap dan mudah untuk diterima atau dimengerti.

Jika Anda menggunakan video sebagai media berpromosi bisnis, maka buatlah video yang semenarik mungkin. Serta pada video tersebut juga terdapat suatu ilmu atau pembelajaran. Jadi, ada dua materi dalam satu video,  yakni informasi dan promosi.

  1. Audio (podcast)

Jika video bisa dinikmati melalui tampilan dan suara, lain lagi dengan podcast yang hanya bisa dinikmati melalui indra pendengaran. Jadi, podcast tersebut layaknya lagu mp3. Keunggulan daripada konten podcast adalah mudah diakses, menarik, dan bisa didengar walau sedang beristirahat.

Cara membuat audio, Anda hanya perlu mereka pembicaraan Anda.

  1. Infografis

Infografis lebih unggul lagi daripada konten – konten sebelumnya, karena, tampilan yang menarik, materi yang to the point, dan mudah dimengerti.Serta, jika kita membuat konten infografis, konten tersebut akan lebih mudah menyebar di dunia maya.

Itulah 5 jenis konten yang dapat Anda gunakan untuk meberikan informasi atau mempromosikan sesuatu. Berikut adalah cara membuat konten yang baik.

Cara Membuat Konten yang Baik

Ada beberapa hal harus kita kuasai dan lakukan untuk membuat artikel yang berkualitas. Faktor – faktor berikut biasanya akan membuat konten menjadi lebih berkualitas, diantaranya :

  1. Penguasaan Materi

Kita membuat konten untuk dibaca oleh orang lain. Orang lain membaca artikel kita karena mereka membutuhkan informasi. Jadi, penguasaan materi dibutuhkan agar pembaca puas dengan materi apa yang kita sampaikan.

  1. Menyelesaikan Masalah

Artikel yang kita buat harus memberikan suatu solusi terhadap berbagai masalah. Jadi, artikel yang kita buat tidak hanya terdiri dari kumpulan kata yang tidak bermakna.

  1. Alur Tulisan
Baca juga:  Peraturan Google Adsense

Layaknya menulis buku, agar artikel tersebut lebih mudah dimengerti sebaiknya Anda membuat artikel dengan struktur yang tepat. Hal ini akan memudahkan pembaca dalam menemukan solusi yang ia inginkan.

  1. Gaya Bahasa

Agar konten lebih bermakna dan mudah dipahami, cobalah untuk menyesuaikan gaya bahasa konten sesuai dengan umur para pembacanya. Jika untuk orang dewasa Anda bisa gunakan gaya bahasa yang 80% formal. Kalau untuk remajayang biasanya lebih suka dengan gaya bahasa yang gaul, maka Anda bisa juga membuat konten dengan gaya bahasa yang gaul.

  1. Terus Belajar

Membuat konten yang berkualitas tidak cukup untuk mempelajari satu artikel atau satu buku. Jika ingin artikel yang kita sampaikan tersebut berkualitas, kita harus menjadi kutu buku. Mau tak mau harus baca buku.

Jangan takut untuk terus mencoba dan berlatih. Walau gagal atau konten terasa jelek, terus latih kemampuan yang sudah Anda ukir sedikit. Sedikit demi sedikit akan menjadi hal yang luar biasa. Walau banyak orang yang mencela kualitas konten Anda, bisa jadi mereka tidak memiliki keahlian yang Anda miliki tersebut.

Tanpa konten berarti website yang kita miliki itu tidak hidup. Konten itu ibaratkan makanan pokok yang harus kita berikan selalu kepada tubuh.

Jika kita telah mencoba berarti kita telah mengalahkan kegagalan sebesar 50%, jika kita tidak mencoba sama sekali berarti kita telah gagal 100%. So, pilih yang mana ? Demikianlah artikel mengenai kekuatan konten dalam bisnis online, semoga bermanfaat.