Memotret-Produk-yang-Diposting-di-Web

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana membuat postingan produk yang baik di internet seperti toko online. Terutama adalah postingan untuk katalog produk-produk Anda. Tidak harus sempurna, namun harus terlihat baik dan orang lebih nyaman memandangnya. Nah, berbicara tentang postingan produk atau katalog di situs web toko online baik resmi maupun melalui forum, pastinya kaitannya erat dengan dunia fotografi.

Ya, dengan memotret produk milik Anda akan membuat calon pembeli mengetahui detail dan bentuk sebuah produk. Sayangnya masih banyak owner toko online yang asal-asaln dalam memotret produk mereka. Permasalahannya tentu sangat serius karena bisa membuat orang enggan membeli karena mungkin tampilan produk tidak terlihat jelas.

Artikel lain: Hobi Sederhana Yang Bisa Jadi Ajang Bisnis

1. Permasalahan Foto

Ada beberapa permasalahan foto produk yang sering terjadi, diantaranya adalah foto yang memiliki exposure tidak pas, baik itu Over Exposure (terlalu terang) maupun Under Exposure (terlalu gelap). Yang nyaman dipandang tentu adalah foto yang tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang. Masalah kedua adalah komposisi foto yang asal-asalan yang biasanya membuat produk tidak berada pada perspektif yang pas.

Selanjutnya adalah noise pada foto yang teramat sangat mengganggu. Tahukah Anda? Noise foto adalah bintik-bintik yang muncul pada foto atau jika jaman dahulu pada fotografi film sering disebut grain. Noise timbul akibat setting ISO (fitur kepekaan cahaya) yang terlalu tinggi pada kamera, maupun akibat dari tidak berkualitasnya sensor kamera. Apalagi jika Anda menggunakan kamera ponsel yang memiliki ukuran sensor kecil.

Baca juga:  Benarkah Bisnis Online Tanpa Modal dan Gratis ?

2. Solusi

Solusi yang pertama dan yang paling mudah adalah menyewa seorang fotografer professional untuk memotret foto produk Anda. Namun harus disediakan budget untuk jasa ini dan kemungkinan foto yang akan dihasilkan benar-benar memuaskan. Carilah seorang fotografer yang sudah berpengalaman dan memiliki alat lengkap. Jangan lupa untuk meminta portopolio hasil karya sebagai pertimbangan.

3. Tips Memotret Foto Produk Sendiri

Jika Anda sudah memahami permasalahan foto produk yang sering terjadi, maka kali ini Anda harus belajar memotret produk dengan lebih baik apabila enggan mengeluarkan budget untuk menyewa fotografer.  Berikut tipsnya:

  •  Tips pertama adalah penggunaan kamera yang berkualitas baik. Harga memang membawa rupa, setidaknya gunakan kamera DSLR maupun Mirrorless apapun seri dan mereknya. Foto dengan kamera ponsel biasa maupun poket memang tidak salah, namun tentu tidak terlalu memuaskan hasilnya.
  • Pencahayaan adalah yang paling terutama. Akan lebih baik jika menggunakan peralatan lampu yang modern seperti flash maupun lampu studio, ditambah berbagai macam reflektor. Foto produk biasanya dibuat dengan pencayaan merata disetiap sisi. Dengan pencayaan rata maka detail dan setiap bagian produk akan terlihat sangat jelas. Namun jika belum memiliki peralatan pencahayaan alternatifnya bisa menggunakan cahaya alami dari matahari. Sebaiknya sesi foto dilakukan diluar ruangan dimana cahaya lebih banyak. Namun pastikan tidak ada shadow yang mengganggu atau ada sisi bagian yang lebih gelap.
  • Tentukan komposisi yang baik. Sebuah produk biasanya di foto dengan perspektif yang sejajar dengan mata. Jangan sampai miring atau bagian terpentingnya tidak terlihat. Selain itu, garis vertical maupun horizontal yang lurus tetap harus diperhatikan. Ditambah dengan rumus third of rule, yakni cara memosisikan objek pada sepertiga bagian pada foto agar tampak nyaman dilihat.
  • Foto produk harus mengutamakan tampilan produk itu sendiri. Jangan sampai ada elemen-elemen yang mengganggu dalam foto. Jadi sebaiknya gunakan background polos dan akan lebih baik jika berwarna putih. Bisa menggunakan kain putih, namun yang terpenting adalah background tidak memantulkan cahaya. Selain itu pastikan background benar-benar bersih tanpa ada noda yang mengganggu. Bila enggan menggunakan background polos, mungkin bisa dilakukan foto dengan background blur atau bokeh.
  • Tips terakhir adalah akhiri dengan proses olah digital. Software yang paling populer adalah Photoshop dan Lightroom dimana Anda dapat mengedit atau melakukan retouch dari segi warna, kontras, saturasi maupun tingkat kecerahan.
Baca juga:  Beberapa Sumber Trafik Untuk Website Bisnis Anda

Baca juga: Tips Sederhana Memulai Bisnis Untuk Para Pemula

Demikianlah tips-tips memotret produk yang baik untuk diposting pada toko online Anda. Semoga bermanfaat.