Konsentrasi

 

tulisbaca.com — Pernahkah kita ketika sedang browsing di Internet tiba-tiba konsentrasi kita terpecah ? Mungkin sering ya seperti itu ketika kita sedang mencari tugas di Internet dan kita juga membuka Facebook dan kemudian tiba-tiba ada chatting dari teman. Akhirnya kita memilih untuk chatting sehingga tugas yang dikerjakan sobat menjadi keteteran. Nah, inilah gambaran bagaimana Revolusi Digital terjadi yang membuat kita hilang konsentrasi.

Berbicara tentang Revolusi Digital, Profesor David Nicholas dari University College London mengungkapkan bahwa perangkat digital dalam Revolusi Digital ini, seperti HP, iPad, Komputer, dll telah membuat otak penggunanya seperti “dibentuk” oleh perangkat digital, terutama oleh Internet dalam perangkat digital. Dalam kasus ini, Internet dapat memberi solusi untuk menyelesaikan banyak tugas sekolah dalam waktu yang bersamaan. Hal ini membuat para pemakainya (terutama anak muda) bisa cepat hilang konsentrasi, belum lagi apabila mereka juga membuka situs jejaring sosial seperti Facebook.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. David Nicholas dengan menyebarkan kuesioner online pada beberapa partisipan muda, membuktikan bahwa anak muda akan mudah menjawab kuesioner yang diberikan dan juga mereka sudah handal dalam melakukan multi-taskin (membuka banyak tab / browser). Mereka dengan mudahnya berpindah-pindah dari satu situs ke situs lainnya, akan tetapi mereka sering kali jarang kembali ke situs yang sama.

Dari kasus ini, para Psikolog mengungkapkan berbagai pendapatnya. Psikolog ‘’A’’ mengungkapkan bahwa Internet belum dapat merubah otak anak muda, karena anak muda pada dasarnya masih labil dan sulit untuk berkonsentrasi. Berbeda dengan Psikolog ‘’A’’, Psikolog ‘’B’’ mengungkapkan bahwa Internet dapat merubah otak muda menjadi tidak berkonsentrasi. Menurut Psikolog ‘’B‘’, pikiran anak muda seakan-akan ‘dibentuk’ lagi dengan pola bekerja yang berbeda dengan sebelumnya.

Demikian Sobat. Semoga Bermanfaat.

Regard

 

Ryano Ikubaru Novryanto