Sudah pernah memanfaatkan layanan Google Adwords? Seberapa efektifkah layanan ini untuk kebutuhan Anda? Untuk Anda yang belum mengenal Google Adwords, ini merupakan layanan resmi pengiklanan (advertisment) dari perusahaan Google dan tentunya menjadi salah satu produk untuk pemasukan bagi Google khususnya di bidang pengiklanan.

Google AdWords merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan yang terbilang baru, karena jika melihat beberapa tahun yang lalu tentu tidak ada. Pengiklanan ini  menggunakan mesin pencarian Google sebagai saranan dalam beriklan, ini termasuk dalam kategori Search Engine Marketing  (pemasaran berbasis mesin pencari).

Ya, pengguna layanan Google Adwords akan mndapatkan fasilitas yakni menaiknya konten yang dimiliki ke halaman utama Google Search. Dengan demikian akan lebih mudah dijangkau oleh banyak orang.

Mungkin Anda sudah berencana untuk menggunakan Google Adwords karena dirasa penggunaan strategi marketing biasa sudah dianggap kurang efektif. Nah, sebelumnya Anda harus memahami dulu apa kelebihan dan apa saja kekurangan layanan Google Adwords. Simak ulasan berikut ini:

Kelebihan Google Adwords

1. Situs Anda langsung naik ke halaman utama

Berbeda dengan strategi SEO organik, dimana kita harus benar-benar merancang dengan betul optimisasi kata kunci, kemudian merancang elemen-elemen lain yang berhubungan dengan SEO. Bahkan ketika Anda mendapatkan kata kunci tepat, Anda harus menunggu waktu lama untuk terindex dan masuk peringkat bagus.

Untuk Google Adwords, Anda tidak perlu melakukan banyak hal karena secara otomatis situs web Anda akan masuk ke halaman utama Google Search. Mudah bukan? Dalam waktu singkat saja dan tidak perlu menunggu index serta tidak akan berhubungan dengan algoritma Google.

Baca juga:  Trik Menggunakan Layanan Google Search Dengan Lebih Efektif

2. Langsung terlihat dengan kata kunci

Anda menggunakan kata kunci ‘sewa mobil’ , ‘rental mobil’ dan ‘sewa mobil tegal’. Nantinya setiap orang yang mengklik keyword tersebut konten Anda akan langsung terlihat. Penggunaan kata kunci inilah yang menjadi andalah Google Adwords.

3. Pengiklanan bisa lokal maupun global

Seperti halnya Facebook Advertisment, ternyata Google Adwords juga dapat disetting untuk pengiklanan secara lokal maupun global. Jadi Anda bisa menentukan area mana saja yang akan dimunculkan oleh iklan Anda, baik negara, kawasan, kota, atau jarak yang ditentukan dari lokasi bisnis Anda. Pengiklanan yang cerdas, tertarget dan memungkinkan mendapat pelanggan potensial.

4. Biaya pendaftaran gratis

Dalam situs resmi Google untuk pengulasan Adwords dikatakan bahwa registrasi untuk Google AdWords sepenuhnya tidak dipungut biaya. Pengguna hanya akan membayar saat ada seseorang yang mengeklik iklan untuk mengunjungi situs web Anda, atau ketika ada yang menghubungi Anda. Jadi intinya pembayaran dilakukan ketika iklan Anda berhasil menjangkau orang.

Kekurangan Google Adwords

1. Terdapat keterangan iklan

Situs yang menggunakan layanan Google Adwords tentu dibedakan kemunculannya di Google Search. Memang akan masuk peringkat 1,2 atau 3, dihalaman pertama, namun terdapat keterangan tulisan ‘iklan’ yang menunjukan bahwa situs kita naik bukan karena SEO organik.

Pasalnya ada banyak pengguna Google yang memang suka memilah-milah untuk masuk ke halaman tertentu, dan enggan masuk ke halaman pengiklanan. Akan lebih bagus jika keterangan iklan di hapus memang.

Baca juga:  Beberapa Sumber Trafik Untuk Website Bisnis Anda

2. Harga masih cenderung mahal

Biaya Adwords terbilang masih mahal, bahkan menurut informasi yang beredar di Eropa dan Amerika layanan Google Adwords mempekerjakan beberapa Adwords Qualified Individual dan jarang sekali yang menerima klien dengan anggaran untuk layanan dibawah USD 1000.

Berbeda di Indonesia yang masih fleksibel dalam anggaran Google Adwords. Meski demikian tetap saja dirasa mahal bagi UKM, karena per klik berkisar Rp 1000 meskipun untuk bulan berikutnya nominal per klik bisa dikurangi seminim mungkin.

3. Pembayaran kartu kredit

Seperti biasa, untuk layanan semacam ini pasti Anda sudah bisa menebak bahwa sistem pembayarannya pasti lewat kartu kredit. Dan tentu tidak semua orang memiliki kartu kredit, inilah yang membuat banyak orang enggan menggunakan layanan semacam ini.

Namun alternatifnya Anda bisa menggunakan jasa pengiklan pihak ketiga. Jasa semacam ini biasanya menawarkan paket dan memudahkan dalam hal pembiayaan, serta Anda akan dibantu dalam efektivitas pengiklanan.

(update: sekarang Google Adwords sudah bisa pakai sistem deposit dana)