Efektivitas-Promosi-Berbayar-via-InternetBagi Anda yang masih meragukan efektivitas online marketing, mungkin ‘tempat bermain’ Anda kurang jauh. Bayangkan dengan miliaran pengguna internet masih ada saja orang yang pesimis dengan yang namanya online marketing. Padahal ada banyak sekali orang yang telah meraup keuntungan besar hanya lewat layar untuk melancarkan bisnis jual beli dan jasanya.

Nah, berbicara soal online marketing mungkin kita akan terfokus pada beberapa hal seperti optimisasi kata kunci agar konten kita dapat muncul pada halaman terdepan mesin pencari internet seperti Google, Yahoo! maupun Bing. Ada banyak artikel yang membahas bagaimana melakukan optimisasi kata kunci. Trik ini paling populer karena hampir kebanyakan pengguna internet memanfaatkan Google untuk mencari sesuatu yang mereka cari. Kemudian cara lain adalah dengan menggunakan blog, serta sosial media dengan interaksi secara langsung dengan pengguna lain. Cara-cara tersebut ternyata masih 100% gratis selama Anda memiliki koneksi internet.

Berbicara soal media promosi gratis, tentu ada metode promosi internet yang berbayar. Menjadi solusi ketika Anda mulai merasa bahwa online marketing gratisan kurang efektif. Tetapi benarkah efektivitas promosi internet berbayar benar-benar ampuh dan mempunyai nilai lebih dibandingkan yang gratisan? Tentu saja, berikut kami berikan ulasan mengenai efektivitas promosi internet berbayar:

1. Google Adwords

Efektivitas Google Adwords tidak perlu dipertanyakan lagi, bayangkan dengan layanan premium ini konten Anda bisa langsung masuk ke halaman utama bahkan sampai urutan 1,2 maupun 3 pada mesin pencari Google dengan keyword yang ditentukan oleh Anda. Memungkinkan Anda akan mendapatkan pelanggan yang memang sudah tertarget untuk mencari produk atau jasa layanan Anda.

Baca juga:  Membandingkan Antara Organic Results vs Paid Results di Mesin Pencari Google

Memang dengan pagerank organik terlihat lebih bagus, namun Anda membutuhkan waktu lama dan bersaing dengan pengguna lainnya. Sedangkan promosi berbayar Google Adwords tanpa melakukan persaingan dan tanpa menunggu waktu lama. Misalnya ada sekitar 100 ribu orang setiap harinya yang melakukan pencarian dengan keyword “sewa lensa DSLR”, dan 100 ribu orang tersebut dipastikan bakal melihat daftar situs Anda lewat Google.

2. Facebook Ads Promosi Fans Page

Metode Facebook Ads ada banyak opsi, bisa untuk mempromosikan fans page (menambah Liker), mempromosikan postingan maupun mempromosikan situs web agar mengarahkan orang lain mengklik web Anda. Efektivitasnnya tidak perlu diragukan lagi apalagi dikenal Facebook Ads adalah pengiklan yang cerdas. Anda dapat mentargetkan siapa saja yang dapat melihat postingan iklan Anda berdasarkan domisili, negara, usia, pekerjaan dan lain sebagainya.

Lagipula di Indonesia sendiri pengguna Facebook sudah mencapai hampir 60 juta. Untuk promosi gratisan biasanya menggunakan postingan status yang hanya dapat dilihat oleh teman Anda, dan jumlahnya pun terbatas. Jadi Facebook Ads memang sudah terbukti efektif.

3. Jasa Promote Instagram

Jasa promote Instagram sebenarnya bukan layanan resmi dari Instagram, melainkan layanan yang diberikan oleh pengguna Instagram yang memiliki followers melimpah. Layanan berbayar non resmi ini bukannya tidak efektif, justru sangat efektif. Tinggal bagaimana Anda mempersiapkan konten gambar dan caption yang menarik, kemudian mencari jasa promote Instagram dengan akun yang mencapai ratusan ribu sampai jutaan followers.

Baca juga:  7 Dosa Penyebab Akun Google Adsense DiBanned

Biasanya ketika di promosikan, metodenya orang yang melihat iklan Anda akan diarahkan menuju akun Instagram Anda. Trik ini tujuannya menambah followers dan kemudian memulai order bagi yang tertarik.

4. Iklan affiliasi / Affiliate

Metode pengiklanan berbayar selanjutnya yang juga sangat efektif adalah iklan affiliasi. Sebagai pemilik produk atau jasa Anda akan bekerja sama dengan owner sebuah halaman web maupun blog yang telah memiliki kredibilitas tinggi, visitor banyak dan mungkin memiliki konten yang masih berhubungan dengan produk atau layanan Anda. Iklan affiliasi efektif karena setiap orang yang melihat iklan Anda adalah orang yang tertarik dengan produk Anda karena isi konten yang memang berhubungan.

Tipsnya memang Anda harus mencari website niche, atau niche blog. Sebagai contoh adalah Anda memiliki produk kaset original PlayStation 4, dan Anda lebih cocok menjalin kerja sama dengan blog yang membahas soal dunia game konsol. Pilih blog yang memiliki traffic tinggi karena akan memungkinkan iklan Anda juga dilihat lebih sering.

Kesimpulannya adalah, promosi berbayar memiliki tingkat kecepatan lebih tinggi, mendapatkan posisi terbaik, dan tertarget.