Yang-Dibutuhkan-Facebook-Dari-Karyawan

Siapa yang tak kenal Facebook, media sosial dengan pengguna terbesar di dunia. Siapa juga yang tak mengenal Mark Zuckerberg, sosok muda dibalik kesuksesan Facebook. Dengan popularitas dan kesuksesan yang diraih Facebook saat ini membuat perusahaan yang berpusat di Menlo Park, California ini menjadi salah satu perusahaan tujuan favorit bagi para pekerja. Selain gaji yang tinggi, suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan adalah hal-hal yang menarik orang-orang untuk bekerja di Facebook.

Pekan lalu, ketika menjadi pembicara di Barcelona, Spanyol dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol, Zuckerberg mengungkapkan beberapa rahasia dalam proses rekrutmen calon karyawan dan karyawan idaman yang diinginkannya? Seperti apakah kriteria karyawan yang dibutuhkan Zuckerberg untuk bisa diterima bekerja di Facebook? Dan seperti apa pula kategori karyawan idaman Zurkerberg? Berikut ulasannya.

Ingin Bekerja Dengan Orang Itu

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa yang dicari dari calon karyawannya untuk bisa bekerja di facebook adalah bergantung dari apakah dia (Zuckerberg) mau bekerja dengan calon karyawan tersebut atau tidak. Ini tentu kondisi yang sangat subjektif, tapi itulah Zuckerberg. Dengan popularitas dan kesuksesan yang telah ia raih bersama Facebook, tentu syarat tadi merupakan sesuatu yang sah-sah saja. Namun diakui Zuckerberg bahwa seleksi yang sudah pernah dilakukannya dengan persyaratan tadi telah terbukti efektif dan berhasil membawa Facebook terus bertumbuh dan berkemabang.

Baca: Tips Agar Followers Fans Page Tetap Antusias Membaca Postingan Anda

Terus Mencari Orang-orang Berbakat

Dengan persaingan yang semakin ketat dengan kemunculan berbagai sosial media, tentu membuat facebook tak bisa berdiam diri terlalu lama menikmati kesuksesan yang ada. Maka untuk membuat Facebook dapat terus sukses, Zuckerberg dan timnya terus berusaha menacari orang-orang berbakat yang bisa bekerja dan menyesuaikan dengan iklim kerja jejaring sosial itu.

Baca juga:  Ternyata ada banyak kelemahan dalam menjual produk via sosial media – simak ulasannya

Sebagai permisalan karyawan yang telah melewati tahapan seleksi dengan baik itu Zuckerberg memberi contoh satu nama yaitu Sheryl Sandberg yang saat ini menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO). Zuckerberg memuji Sandberg sebagai seorang mentor yang baik yang membuat dirinya selalu ingin bekerja dengan Sanberg. Sanberg kini mempunyai peranan penting dalam membangun Facebook menjadi sebuah bisnis dan organisasi yang sehat.

Menjaga Tim Kecil

Meski dengan miliaran pengguna, namun tim yang bekerja di facebook bisa dikatakan tergolong kecil. Meski tak sebanding, dengan teknologi modern yang ada, facebook masih bisa bekerja dengan efektif. Tim Facebook saat ini masih memiliki sekitar 10 ribu karyawan masih kalah jauh dengan google yang memilki karyawan mencapai 55 ribu karyawan. Jumlah karyawan yang dikatakan Zuckerberg sebagai hal yang penting dalam kesuksesan Facebook saat ini harus terus dijaga keutuhannya.

Satu hal lagi yang dikatakan Zuckerberg adalah bahwa untuk mencapai kesuksesan, sebuah perusahaan dan timnya harus memiliki keyakinan dan percaya diri pada kemampuan yang dimilikinya.

Dan Inilah Karyawan Idaman Bos Facebook

Dalam kesempatan yang sama pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona, Spanyol, bos facebook, Mark Zuckerberg juga membocorkan rahasianya tentang karyawan yang menjadi idamanya. Salah satu kriteria karyawan idaman Zuckerberg itu adalah karyawan yang memiliki loyalitas tinggi kepadanya. Karena menurut pemuda kelahiran 14 Mei 1984 ini karyawan yang loyal adalah salah satu syarat dalam meraih kesuksesan.

Baca juga:  5 Aplikasi Media Sosial FB dan Twitter Android Non Official Untuk Akses Lebih Cepat

Dengan persyaratan yang disebutkan itu, Mark juga mengakui bahwa mendapatkan karyawan dengan kriteria loyal itu bukanlah hal yang mudah. Loyal atau loyalitas yang disyaratkan Zuckerberg ini pada karyawannya ini juga menyangkut kesepahaman secara ideologi dengan perusahaan yang dipimpinnya. Menurutnya, karyawan yang sepemahaman dan memiliki satu visi dan misi dengan perusahaannya akan membuat facebook terus berkembang dan bertumbuh meski tingkat persaingan media sosial semakin ketat.

Dalam pagelaran WMC 2015 tersebut, Zuckerberg sendiri memang menjadi salah satu pembicara utama. Pada kesempatan itu, selain mengungkap kriteria calon karyawan dan karyawan idaman, Zuckerberg juga berbicara terkait proyek Internet.org. Proyek yang merupakan upaya Facebook untuk menghadirkan internet kepada orang-orang yang belum mendapatkan akses internet ini akan segera dihadirkan dengan bekerjasama dengan beberapa operator selular.