Profil-LinkedIn-Terlihat-Profesional

Entah tengah menggeluti sebuah usaha, mencoba membangun jaringan bisnis, atau menginginkan karir cemerlang, LinkedIn adalah sosial media yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut. Anda jelas memiliki kesempatan emas memperbaiki rekam jejak keprofesionalan karenasosial media ini berisi ratusan bahkan ribuan perusahaan, manager HRD, dan pebisnis handal.

Tak seperti jejaring sosial Facebook yang mana profil dapat dikostumisasi sesuka hati untuk membangun jaringan personal, LinkedIn menyarankan penggunanya untuk membuat profil agar terkesan profesional dan rapi. Lalu, adakah cara agar profil LinkedIn merefleksikan kemampuan dan karir Anda? Mari simak tips agar profil LinkedIn profesional berikut ini:

1. Perhatikan Detail

Sebuah profil LinkedIn sama dengan daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae) yang berisi informasi pendidikan, pengalaman kerja, posisi kerja saat ini, serta foto profil. Pastikan semua terisi dengan benar agar orang lain yang membaca bisa mendapatkan gambaran utuh mengenai diri sendiri. Anda dapat menggunakan fitur Profile Completion Tips yang memandu Anda melengkapi kolom informasi.

Anda juga bisa menambahkan profile headline and summary untuk mendeskripsikan diri secara umum. Pastikan untuk memberikan paparan lengkap namun singkat sehingga orang lain mampu mendapatkan kesan positif dari diri Anda.

Pengguna LinkedIn juga dapat menambahkan kata kunci yang berhubungan dengan passion maupun profesi tertentu pada headline maupun profil. Hal itu penting dilakukan agar profil Andamuncul di hasil penelusuran sehingga bisa dengan mudah dilihat pengguna lain.

2. Buatlah Profil Multimedia

Kebanyakan profil dalam LinkedIn terdiri dari teks yang seringkali terkesan datar dan membosankan. Agar makin menarik, Anda dapat membangun profil visual dengan menggunakan fitur bernama Professional Portfolio. Layanan tersebut memungkinkan Anda membagikan presentasi, foto, video, tautan, dan lain sebagainya. Profil LinkedIn Anda kini tidak lagi membosankan dengan menggunakan layanan tersebut, bukan?

Baca juga:  Tips Agar Followers Fans Page Tetap Antusias Membaca Postingan Anda

3. Koreksi Profil Anda

Sama seperti hal lain yang biasa digunakan dalam dunia profesional, jangan biarkan profil LinkedIn Anda cacat secara tata bahasa maupun penulisan. Pastikan setiap kata dan kalimat dalam profil tersebut mampu dipahami oleh orang lain dalam sekali baca.

Cobalah memposisikan diri sebagai pembaca, kemudian lihatlah apakah Anda memahami maksud yang telah ditulis. Anda juga dapat meminta bantuan teman maupun kolega untuk membaca kembali tulisan tersebut, lalu memberikan komentar atau memperbaiki kualitas tulisan.

4. Jangan Berbohong Tentang Apapun

Dalam dunia profesional, berbohong adalah hal yang haram dilakukan karena menyangkut kode etik dan tingkat kejujuran. Hal ini juga berlaku jika seorang pengguna akan mengisi kolom profil sosial media ini. Ingatlah, kebohongan tidak akan pernah berakhir dengan baik terlebih kecanggihan teknologi saat ini mampu mengecek dan mengkonfirmasi identitas dengan mudah.

5. Kostumisasi URL Profil Anda

URL profil terdiri dari karakter alphanumeric random secara default, namun Anda memiliki pilihan untuk melakukan kostumisasi dengan memilih opsi setting > Edit Public Profile > Customize Your Public Profile URL. Ketik nama yang telah disiapkan, kemudianURL baru akan muncul menggantikan URL default setelah opsi set custom URL dipilih. Anda dapat memberikan nama yang sama pada URL LinkedIn seperti pada akun Facebook maupun Google Plus untuk semakin memudahkan pencarian.

Baca juga:  5 Jenis Produk dan Jasa Yang Terlarang Diiklankan Pada Facebook Ads

6. Pilih Gambar Profil Dengan Tepat

Jika tidak menginginkan gambar hasil editan Instagram atau gambar kucing tengah melakukan sesuatu menghiasi CV lamaran kerja, maka Anda juga tidak perlu menggunakannya sebagai foto profil akun LinkedIn. Anda mungkin bisa bersenang-senang dengan Facebook Timeline Cover atau Google Plus Cover, namun hal ini tidak bisa dilakukan jika menginginkan profil profesional dalam akun LinkedIn. Menggunakan foto profil terbaru, berkualitas bagus, dan rapi adalah pilihan tepat untuk sosial media yang satu ini.

7. Aktif Dalam Grup

Grup dalam sosial media satu ini merupakan tempat berbagi dan berpartisipasi secara profesional dalam sebuah topik bahasan. Rajinlah bergabung dalam grup tersebut dan turut memberikan opini agar Anda bisa terus membangun jaringan pertemanan dengan banyak orang secara global.

Anda telah mengetahui tips agar profil LinkedIn terlihat profesional, bukan? Kini Anda hanya perlu melakukan optimasi dan membangun koneksi sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan karir sekaligus menambah jaringan pertemanan global. Selamat mencoba.