bisnis-batu-akik-di-Indonesia

Trend batu akik sepertinya sudah agak redup belakangan ini. Tidak seperti awal-awal mulai booming, pembeli batu akik sekarang ini mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pertanyaannya kemudian, apakah bisnis batu mulia ini sudah tidak layak lagi untuk dijalankan? Mungkin sebagian besar dari kita menganggap bahwa bisnis batu akik sudah mati, dan tidak akan ada lagi trend ini di masa-masa mendatang. Tapi, tunggu dulu.

Sebenarnya menurut saya bisnis akik ini akan booming lagi suatu saat. Kenapa? Karena memang sebenarnya batu akik akan selalu ada penggemarnya dari masing-masing generasi. Bila saat ini penggemar batu akik mengalami pengurangan, kemungkinan besar itu karena para kolektor sudah memiliki koleksi yang mereka inginkan. Lalu bagaimana dengan penggemar akik lainnya? Banyak penggemar akik yang hanya ‘latah’ saja, atau hanya ikut-ikutan trend.

Lalu, mengapa saya mengatakan bahwa bisnis batu akik ini akan menjadi trend di masa-masa mendatang? Berikut beberapa alasannya:

  1. Batu akik bukanlah benda hidup yang bisa di perbanyak atau di kembangbiakan.
  2. Penggemar batu akik kini sudah mulai menyasar masyarkat umum atau dengan kata lain tak sebatas kalangan tertentu saja.
  3. Batu akik disukai oleh pria, wanita, orang tua hingga anak muda.
  4. Banyak kalangan selebritis yang mulai tertarik dengan batu akik, bahkan sebagiannya telah menjadi kolektor dan diberitakan secara massive di infotainment.
  5. Adanya dukungan dari pemerintah pusat mau pun pemerintah setempat. Hal ini dapat kita lihat dari pemberian batu akik sebagai cinderamata yang diberikan oleh RI kepada negara-negara yang anggota Konferensi Asia Afrika (KAA) beberapa waktu lalu.
  6. Ulasan tentang batu akik di berbagai media (televisi, media cetak dan media online) yang sampai saat ini masih tetap ramai.
  7. Penyelenggaraan kontes batu akik yang secara langsung maupun tidak langsung menaikkan pamor batu akik dari berbagai daerah.
  8. Aneka warna dan ragam jenis batu akik dari berbagai daerah di Indonesia belum semuanya di ekplorasi
    Keunikan masing-masing batu akik yang memiliki karakteristik berbeda-beda.
  9. Dan berbagai alasan lainnya.

Jadi, walaupun saat ini bisnis batu akik sedang redup, kemungkinan besar bisnis ini akan booming lagi beberapa waktu mendatang.  Bagi Anda yang serius ingin menjalankan bisnis batu akik, ada baiknya membaca beberapa tips berikut ini:

1. Belajar Tentang Batu Akik

Tidak semua pebisnis batu akik mengetahui dengan baik mengenai gemstone. Ada banyak penjual batu akik yang hanya ikut-ikutan saja karena ingin mendapatkan untung dari bisnis ini. Nah karena itu, sebaiknya Anda mempelajari tentang batu akik karena batu mulia ini memiliki banyak jenis, corak, warna, dan tingkat kekerasan yang sangat beragam.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui harga pasaran masing-masing jenis batu akik yang ada. Ada beberapa jenis batu akik memiliki harga yang sangat mahal hingga ratusan juta, tapi ada juga beberapa jenis batu akik yang harganya murah. Dengan mengetahui harga pasaran, maka akan menghindarkan Anda dari kerugian.

2. Memiliki Tenaga Ahli

Tentunya Anda tidak bisa bekerja sendirian, Anda membutuhkan seseorang yang ahli memotong, membentuk, dan memoles batu akik. Bila memiliki keahlian ini, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Tapi tetap saja Anda membutuhkan bantuan dari tenaga ahli agar proses pembuatan akik berjalan lebih cepat dan Anda bisa fokus pada pemasaran.

3. Lokasi Pemasaran

Biasanya lokasi pemasaran batu akik sudah ada tempatnya masing-masing, mungkin Anda bisa bekerjasama dengan pemiliki kios atau menyewa lapak di pusat perbelanjaan yang ramai. Selain itu, pertimbangkan juga untuk memasarkan bisnis batu akik Anda via internet sehingga dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli.

Salah satu ecomerce lokal yang saya rekomendasikan untuk berjualan batu akik adalah website Bukalapak.com. Di website ini kita bisa menemukan berbagai jenis batu akik dipasarkan, dengan harga yang cukup bersaing. Keuntungan berjualan online adalah proses pemasarannya yang jauh lebih murah.

Sebenarnya masih ada beberapa tips untuk berbisnis batu akik, tapi menurut saya 3 hal yang disebutkan dalam artikel ini adalah yang paling penting. Kita juga harus ingat bahwa yang namanya berbisnis pasti ada resikonya. Nah dengan memiliki pengetahuan awal dan persiapan yang baik, maka kita bisa meminimalisir kemungkinan kerugian pada bisnis yang akan dibangun.