Blog baru dengan blog lama tentu saja berbeda. Mungkin pada blog lama Anda sudah dirancang sebegitu bagus tatanan letak dan kontennya. Begitu juga pada pencarian yang sudah dapat dengan mudah ditemukan. Namun, sial bagi Anda yang harus membuat blog baru karena blog lama diretas atau rusak atau ada masalah lain. Atau bisa saja Anda membuat blog baru untuk memulainya lagi sebagai blog kedua dan menjadi pendukung blog pertama.

Nah, banyak hal yang harus Anda sadari pada blog baru yang tentu saja memiliki sesuatu yang baru bahkan perbandingannya mungkin sangat jauh dengan blog lama. Artikel ini sekedar mengingatkan Anda agar terus bersemangat membangun blog baru hingga tujuan Anda berhasil.

Simak, hal yang perlu Anda sadari saat sedang membuat blog baru:

1. Desain ulang

Desain ulang pastinya perlu dilakukan saat blog Anda baru dibuat. Berapa tahun terakhir Anda membuat blog? Mungkin 3 sampai 5 tahun yang lalu. Nah, biasanya pihak penyedia platform blog selalu memperbaiki fitur-fitur blog. Kadang-kadang Anda harus belajar lagi bagaimana desain blog dengan setting yang baru, bahkan berhadapan dengan antar muka yang bisa berbeda. Pelajari lagi lewat tutorial-tutorial terbaru.

2. Jangan harap ada di mesin pencari

Blog baru tentu saja tidak akan muncul di mesin pencari internet setidaknya selama beberapa minggu kedepan. Kemunculan blog Anda di mesin pencari bergantung seberapa ketatnya persaingan dari sebuah keyword. Jika keyword ringan pastinya dalam waktu 1 sampai 2 minggu sudah terlihat.

3. SEO dari awal

Lakukan langkah-langkah untuk memasukan unsur SEO mulai dari awal. Sebagai contoh Anda harus memuat judul blog baru yang memiliki keyword, kemudian memasukan keyword pada artikel baru, sampai memasukan keyword pada Alt Text gambar maupun deskripsi. Segalanya harus dilakukan untuk dapat bersaing pada kemunculan mesin pencari.

4. Pengunjung sedikit bahkan kosong sama sekali

Mulailah terbiasa dengan step by step dalam membangun blog. Tentu saja blog baru tidak akan memiliki visitor, atau hanya memiliki sedikit saja. Ini wajar, karena bagaimana bisa visitor ada, pada mesin pencari saja tidak ditemukan dan mungkin terbatas aksesnya.  Inilah pentingnya Anda menyebarkan link atau URL dari blog agar semakin mudah orang mengakses blog baru Anda.

Selamat membangun blog baru.