Melaksanakan sholat hukumnya wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal. Seorang muslim yang taat akan mengerjakan sholat 5 kali sehari semalam dengan jumlah total 17 rakaat, dan ditambah dengan sholat sunnah yang ia kerjakan. Jika sholatnya terpelihara, maka dirinya pun akan dijaga oleh Allah s.w.t . Dengan sholat yang terjaga otomatis ia menunaikan nilai-nilai islam dan menjauhi diri dari kemaksiatan.

Semua gerakan yang kita lakukan dalam sholat ada hikmah dan manfaat. Tentunya gerakan yang kita lakukan tersebut benar, tumaninah, serta istiqamah dan dalam keadaan khusyuk. Dalam keadaan khusyuk akan melahirkan ketenangan dan komunikasi antar Allah dan Hambanya. Salah satu hikmah dari sholat ialah ” Gaya Hidup Sehat dengan Sholat ”.

Tak sedikit saudara/teman/keluarga disekitar kita yang menghabiskan uang jutaan rupiah untuk terapi rutin, mempercantik wajah, melakukan fitness untuk kebugaran, dan membeli obat-obat penunjang kesehatan. Jika kita melaksanakan sholat dengan ikhlas, teratur, benar, tumaninah, dan khusyuk Insyaallah akan ada khasiat untuk kesehatan. Berikut alasan-alasan mengapa sholat bisa dijadikan gaya hidup sehat.

1. Keadaan Khusyuk.

Sholat dilakukan dengan penyatuan pikiran, tubuh, jiwa. Dalam keadaan khusyuk mengahadap dan berkomunikasi dengan Allah, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan hormon kortisol / hormon stress akan menurun, sehingga ketika melaksanakan sholat emosi akan berkurang.

2. Budaya Bersih

Setiap muslim yang akan sholat diwajibkan untuk membersihkan dirinya terlebih dahulu atau yang biasa kita kenal dengan berwudhu. Badan yang segar akan membuat pikiran tenang dan kekebalan tubuh meningkat. Jumlah kuman didalam tubuh akan semakin berkurang.

3. Gerakan Sholat yang Bermanfaat

a. Takbiratul Ikhram

Gerakan takbiratul ikhram merupakan gerakan peregangan otot dada yang berdampak baik pada organ-organ yang berada di dada terutama paru-paru dan jantung.

b. Ruku

Gerakan ruku merupakan gerakan peregangan otot belakang yang mempunyai fungsi vital bagi tubuh.

c. I’tidal

Itidal bangun dari ruku memberikan sensasi pijatan pada organ pencernaan.

d. Sujud

Sujud  bermanfaat meningkatkan kecerdasan, pada saat bersujud aliran darah akan mengalir ke otak. Otak akan mendapat nutrisi secara maksimal sehingga otak dapat memaksimalkan kerjanya.

e. Duduk diantara dua Sujud

Duduk diantara dua sujud akan menyebabkan peregangan pada daerah paha dan panggul. Bagi perempuan gerakan ini sangat baik untuk kesuburan dan bagi Pria  akan terjadi pemijatan pada saluran kemih dan prostat.

  • Sholat adalah bentuk olahraga yang tenang karena tak mengandung unsur kekerasan dan gerakan yang berat.
  • Sholat adalah olahraga dengan manajemen waktu yang terbagi dari siang sampai malam.
  • Sholat merupakan olahraga yang mencakup seluruh otot, persendian, dan ligamen.

Demikianlah Mari kita laksanakan sholat, dan menjadikan sholat sebagai gaya hidup sehat. Semoga bisa membantu.