Bisnis-Game-Online-Center

Mungkin sekitar 4 sampai 5 tahun yang lalu bisnis warnet menjadi bisnis yang begitu sangat menguntungkan. Ya, itu berlangsung sampai orang-orang kini sudah bisa mengakses dengan mudah jaringan internet via ponsel, tablet, laptop maupun komputer pribadi dari rumah. Banyak pengusaha warnet mulai merasakan penurunan omzet ketika smartphone sudah mendominasi.

Tak jarang pula ada usaha warnet yang mulai gulung tikar atau ada yang masih bertahan dengan omzet yang dianggap kurang menutup. Adakah solusi untuk masalah ini? Tentu saja, Anda bisa mengganti usaha warnet Anda dengan usaha yang lain. Namun jika masih ingin bertahan dengan dunia internet, maka Anda harus sedikit merombak warnet umum Anda menjadi sebuah game online center.

Perbedaan Warnet Biasa Dengan Game Online Center

Banyak orang mengira bahwa warnet juga termasuk sebagai game online center. Anggapan itu tentu saja salah karena warnet biasa memiliki perbedaan yang cukup banyak dengan warnet game online center. Hal ini juga dipengaruhi dengan warnet-warnet yang dipenuhi banyak poster game meski itu hanyalah sebagai hiasan dinding saja.

Pada umumnya warnet biasa hanya diperuntukan bagi pengguna yang menginginkan layanan standar seperti browsing situs, membuka jejaring sosial, membaca Wikipedia, melihat dan mencari gambar serta berbagai kebutuhan lain yang bisa menggunakan komputer berspesifikasi biasa. Selain itu warnet biasa umumnya memiliki tempat yang di sekat atau memiliki bilik-bilik pada masing-masing komputer. Ini guna menjaga privasi pengguna dan untuk kepentingan lain.

Sedangkan jika membahas tentang game online center, sepintas hampir mirip warnet biasa. Namun yang sangat mencolok adalah penggunaan komputer dengan spesifikasi yang tinggi karena game online memiliki grafis berat. Selain itu koneksi yang stabil diwajibkan karena setiap waktu permainan berlangsung harus masuk dalam jaringan.

Dijamin untuk game online center yang masih memanfaatkan komputer spek rendah, tidak akan laku karena berpengaruh besar pada permainan. Selain itu game online center biasanya tidak memiliki sekat atau bilik. Hampir mirip seperti pada tempat penyewaan PlayStation atau DingDong jaman dahulu.

Artikel lain: Internet Bisa Ganggu Konsentrasi

Mengapa Harus Merubah Menjadi Game Online Center?

Jika Anda masih bertanya mengapa harus merombak warnet sepi Anda menjadi game online center, maka ada alasan yang cukup banyak dan kuat. Pertama karena jumlah pemain game online di Indonesia sendiri telah meningkat antara 5%-10% per tahunnya. Hal ini disebabkan karena semakin pesatnya infrastruktur dan fasilitas internet di kota maupun di desa.

Dampaknya pelaku industri game di negara ini sudah sanggup menghasilkan pendapatan hingga US$190 juta pada tahun 2013 dengan tingkat pertumbuhan 35% apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Diperkirakan ada lebih dari 25 juta pemain game online di negara ini, yang akhirnya telah menunjukkan bahwa tren gamer sedang menjamur. Angka ini tentu saja akan terus bertambah.

Alasan kedua bahwa di setiap wilayah seperti kecamatan kebanyakan jasa internet masih berupa warnet biasa. Hal ini mengingat biaya pembelian fasilitas game online cukup mahal. Bisa berbanding 80% berbanding 20%. Tentu ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk usaha Anda. Alasan lainnya adalah semakin banyaknya game online baru yang bermunculan sehingga memungkinkan bisnis game online center semakin menjanjikan.

Meskipun di Indonesia sendiri pemain game online masih menyukai game-game lama seperti Point Blank, Dragon Nest, Rohan, Ayo Dance, Counter Strike, Ragnarok Online dan berbagai game Role Playing serta First person shooter lainnya.

Tambahan lainnya adalah para pemain game online ternyata lebih lama dalam menghabiskan waktu bermain game. Ya, dibandingkan dengan orang yang pergi ke warnet paling lama hanya 2 sampai 3 jam. Para pemain game bisa menghabiskan waktu hingga 4 sampai 6 jam per hari.

Tips Memiliki Game Online Center

Tips pertama tentu saja adalah mengganti ‘jeroan’ komputer warnet Anda yang lebih baru dan lebih tinggi speknya. Guna mencegah kebisingan, sebaiknya setiap komputer memiliki perangkat Headset atau Headphone sendiri-sendiri. Selain itu Anda juga bisa menjual cash game, yakni sejenis uang virtual untuk membeli berbagai item maupun meng-upgrade char pada game online terkait.

Baca juga: Internet Sehat dan Blogging Positif

Tambahan lain, untuk game online center umumnya harus tarif khusus atau menyediakan paket. Sebagai contoh untuk tarif normal adalah Rp 3000 per jam, namun ada pilihan harga Rp 10 ribu per 4 jam.