Wirausahawan-Muda

Ingat lagi sekitar 10 sampai 15 tahun yang lalu dimana pada masa-masa itu seorang wirausahawan identik dengan bapak-bapak atau orang dewasa dengan pakaian selalu necis. Tapi itu dulu, karena saat ini para wirausahawan tidak lagi didominasi oleh pria-pria dewasa mengingat sudah banyak sekali muncul orang muda belia yang berkecimpung dalam dunia ini.

Memang pada masa lalu seorang pemuda yang baru lulus sekolah banyak memilih untuk melanjutkan kuliah  atau bekerja pada perusahaan. Istilah lulus menjadi wirausahawan urung dilakukan karena terbentur berbagai problem seperti modal, wawasan dan rasa kurang percaya diri. Saat ini jaman sudah berubah sehingga tidak ada lagi istilah dunia wirausaha adalah milik kaum dewasa.

Pastinya ada banyak sekali faktor-faktor yang mendorong mengapa saat ini sudah mulai banyak muncul wirausahawan muda. Berikut ini ulasannya:

1. Sulitnya Mendapatkan Lapangan Kerja

Ada banyak alasan mengapa seorang pemuda dan pemudi memilih untuk berwirausaha. Salah satu alasannya mungkin adalah sulitnya mendapatkan lapangan kerja saat ini.Ya, dengan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak memungkinkan persaingan untuk mendapatkan lapangan kerja semakin sengit. Alhasil ada sebagian orang-orang muda yang memang enggan melakukan persaingan hanya untuk bekerja pada orang lain.

Solusinya mereka adalah membuka usaha sendiri yang dianggap lebih masuk akal, karena seorang wirausahawan bekerja keras untuk dirinya sendiri bukan untuk orang lain. Hal berbeda ketika masa lalu dimana pertumbuhan penduduk masih belum banyak dan lapangan kerja tersedia di kota-kota besar.

2. Perkembangan Teknologi Informasi

Faktor kedua yang menyebabkan banyak munculnya wirausahawan muda adalah karena perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. Orang-orang muda adalah kaum yang dipastikan anti gaptek. Ada banyak informasi bisnis, informasi produk, penawaran, kerjasama, dan segala macam yang berhubungan dengan kegiatan wirausaha yang dapat diakses dari internet.

Bandingkan ketika belum memasuki era internet dimana ilmu bisnis, informasi produk, dan segala macam masih sangat ‘rahasia’ dan hanya didapatkan orang-orang tertentu.

3. Pemasaran Bisnis yang Lebih Mudah

Saat Anda baru memulai usaha dagang, maka Anda harus bekerja keras untuk lakukan strategi pemasaran. Namun saat ini Anda tidak harus bekerja lebih keras karena pemasaran bisnis akan lebih mudah memanfaatkan fasilitas yang ada.

Blog, Sosial media, forum jual beli dan layanan messenger kini menjadi alat pembantu dalam strategi marketing. Bahkan kesemuanya bisa dimanfaatkan secara gratis, tanpa harus membayar seperti pengiklanan di radio, koran maupun televisi. Inilah fasilitas yang benar-benar dimanfaatkan secara baik oleh wirausahawan muda sehingga mereka lebih antusias dalam menjalankan bisnis.

4. Profesi Baru yang Lebih Banyak

Apakah 10 tahun yang lalu Anda menemukan orang yang menawarkan jasa root Android? Atau apakah dulu Anda bisa menemukan seorang joki game online? Tentu tidak karena pekerjaan-pekerjaan tersebut adalah jenis pekerjaan yang baru muncul belum lama ini. Pastinya ada banyak profesi baru yang muncul dijaman modern saat ini sehingga semakin banyak membuka peluang para kawula muda untuk berwirausaha.

Tidak percaya? Cobalah buka situs yang berisi daftar penawaran waralaba, disitu ada banyak sekali penawaran kerjasama kemitraan dari berbagai bidang yang mungkin dahulu tidak ada atau produk yang belum lama diciptakan. Orang-orang muda tentunya suka dengan hal-hal baru.

5. Ilmu Wirausaha yang Mudah Didapat

Ada sekolah bisnis untuk menjadi pebisnis sukses, tetapi saat ini ilmu-ilmu tersebut dapat dicari dengan mudah. Ada banyak situs internet yang berisi artikel tentang informasi dan ilmu dalam berwirausaha, baik tips, trik serta berbagai macam strateginya. Jadi ilmu semacam ini tidak lagi dimiliki oleh wirausahawan kawakan, inilah era teknologi informasi.

6. Menjadi Wirausahawan Lebih Bergengsi

Sebenarnya bukan masalah gengsi atau tidaknya, namun cobalah Anda ingat dahulu ketika anak-anak banyak yang bercita-cita menjadi pilot, dokter, polisi, guru atau pramugari. Tidak banyak anak yang bercita-cita menjadi wirausahawan. Itu karena pekerjaan pilot, dokter dan sebagainya awalnya dianggap lebih bergengsi di mata banyak orang. Anggapan itu bergeser ketika dunia melihat bahwa orang-orang kaya umumnya berasal dari pengusaha. Alhasil wirausahawan saat ini dipandang lebih bergengsi sehingga banyak orang-orang muda yang termotivasi untuk berwirausaha.

Jadi berminat untuk berwirausaha?