Fakta-Tentang-Iklan-online

Saat ini bukanlah jalan raya saja yang penuh dengan baliho-baliho iklan besar berbagai produk. Bahkan saat Anda mengakses website, media sosial, maupun forum umum, disisi tertentu sudah terisi oleh iklan. Tidak perlu munafik karena pihak pengelola atau pemilik website pastinya membutuhkan penghasilan dari iklan. Bahkan sebelum Anda melakukan buffering video di YouTube Anda harus rela menunggu beberapa detik karena adanya iklan.

Mungkin ada iklan di YouTube yang tidak dapat dilewati alias harus ditonton penuh dari awal hingga akhir. Memang rasanya tidak mungkin sebuah website dapat untung bila tidak memiliki iklan. Hal inilah yang membuat kadang-kadang pemilik web harus melakukan strategi tertentu agar web mereka dikunjungi banyak orang dan memungkinkan tautan iklan di klik pengunjung.

Tidak salah memang, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak fakta unik, menarik dan fakta mengagetkan tentang iklan online di internet. Dalam artikel ini kami akan khusus membahas tentang pengaruh iklan online, efektivitas dan berbagai hal yang dianggap unik tentang iklan online.

Iklan Dianggap Pengganggu

Oleh hampir sebagian visitor sebuah website, iklan dianggap sebagai pengganggu saja. Setuju atau tidak pendapat ini, Anda harus menerimanya. Ya, mungkin karena visitor bertujuan mengunjungi halaman Anda untuk membaca dan menikmati konten bukan untuk membeli sesuatu.

Itulah mengapa kebanyakan visitor tidak terlalu fokus pada iklan atau bahkan sama sekali tidak merespon seperti meng-klik. Padahal setiap owner website mengharapkan agar pengunjung juga meng-klik iklan tautan yang terpasang. Jangan heran bila pendapatan Anda kurang besar karena kebanyakan visitor tidak memperdulikan iklan Anda.

Baca juga:  7 Dosa Penyebab Akun Google Adsense DiBanned

Iklan Kontekstual Sedikit Lebih Efektif

Dibandingkan iklan yang tidak tertarget, ternyata iklan kontekstual lebih sedikit efektif. Itu karena seorang visitor sedang mengunjungi sebuah halaman yang membahas tentang bidang yang disukainya. Kemudian muncul sebuah iklan yang relevan dengan pembahasan konten. Setidaknya visitor akan sedikit penasaran dengan iklan yang muncul, kemudian meng-kliknya.

Itulah mengapa ada banyak artikel yang menyarankan bahwa lebih baik Anda membuat Niche Blog dengan iklan kontekstual dibandingkan Blog campuran dengan iklan yang tidak relevan. Penghasilan Niche Blog biasanya lebih besar.

Tidak Membeli Dari Iklan

Seorang pengunjung website Anda mungkin sesekali meng-klik tautan iklan yang terpasang. Umumnya mereka hanya melihat-melihat produk dan beberapa diantaranya tertarik untuk membeli. Tetapi untuk hal membeli dianggap tidak banyak, karena tidak semua orang langsung tertarik dengan produk pada iklan kemudian membelinya. Padahal ia hanya sedang iseng-iseng browsing artikel.

Pada dasarnya jika seseorang berniat membeli barang secara online, mereka lebih suka langsung mencarinya melalui Google dan melihat mana hasil yang paling relevan. Kemudian memilih mana toko online yang dianggap memiliki produk yang diinginkan dan membanderolnya dengan harga pas. Itulah mengapa pentingnya sebuah toko online untuk melancarkan strategi SEO secara maksimal ketimbang membuang-buang uang banyak untuk menempatkan tautan di web milik orang lain.

Iklan Pop-up Dianggap Paling Mengganggu

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa kebanyakan jenis iklan online mengganggu dengan berbagai alasan. Bahkan ada yang beralasan bahwa iklan membuat akses loading lebih berat. Namun tahukah Anda bahwa yang namanya iklan pop-up dicap sebagai jenis iklan online yang paling dan sangat mengganggu.

Baca juga:  Kekuatan Konten dalam Bisnis Online dan Internet Marketing

Iklan pop-up adalah iklan yang muncul dengan jendela dan biasanya muncul secara tiba-tiba apabila Anda mengunjungi suatu halaman website. Selain mengagetkan kemunculannya, iklan pop-up juga mengganggu karena sering tidak sengaja ter-klik dan kemunculannya di bagian tengah halaman. Silahkan cari di Google, ada banyak artikel yang membahas tentang bagaimana cara memblokir pop-up.

Toko Online Besar yang Lebih Berkuasa

Mungkin Ada sering kali melihat sebuah iklan online dari perusahaan E-commerce tertentu. Ya, memang pada akhirnya sebuah toko online besar dianggap berkuasa karena terposting pada banyak sekali halaman web karena memakai program Google Adsense.

Iklan online memang serba pro-kontra. Disaat pemilik web membutuhkan pendapatan dari iklan, namun kebanyakan visitor menganggap iklan hanyalah sebuah pengganggu saja.