Facebook-Grup-Promosi

Siapa bilang promosi di Facebook hanya bisa melalui Beranda dan membuat Halaman fans page? Atau mungkin yang cukup eksklusif adalah dengan mengikuti program Facebook Ads berbayar. Masih banyak fitur dalam Facebook lain yang cukup ampuh untuk berpromosi produk/jasa Anda, serta sekedar untuk tempat jual beli, salah satunya adalah fitur Grup.

Ya, fitur ini sering kali dilupakan karena dianggap kurang bonafit ketimbang dengan Halaman Fans Page. Grup Facebook sendiri merupakan fitur yang tersedia untuk memudahkan orang berhubungan dengan kelompok orang tertentu, baik itu dalam hubungan keluarga, anggota tim, rekan kerja, rekan hobi dan sebagainya. Dalam Grup bisa dijadikan ruang pribadi berbagi postingan berupa tulisan, foto, maupun dokumen. Bahkan Anda bisa memanfaatkan pengiriman pesan kepada anggota grup lain. Dan yang paling penting juga adalah ketersediaan tiga opsi privasi untuk setiap grup yang dibuat.

Untuk sekedar berpromosi sebenarnya Anda tidak wajib untuk membuat Grup sendiri, melainkan bisa memanfaatkan Grup lain. Berikut ini adalah beberapa tips jitu berpromosi di Facebook Grup:

1. Cari grup yang sesuai

Apa produk atau jasa yang akan Anda promosikan? Mungkin Anda bergerak di bisnis penjualan barang elektronik seperti gadget, maka yang perlu dilakukan hanyalah mencari grup yang sesuai dengan produk Anda. Sebagai contohnya Anda bisa bergabung dengan Grup “Jual beli barang elektronik”, atau “Jual beli gadget”. Ada banyak grup demikian di Facebook. Sepertinya kurang begitu pas jika Anda bergabung ke Grup alumni SMU, tetapi Anda berpromosi disana. Sama saja mengganggu privasi.

Baca juga:  Tips Memadukan Blog Dengan Media Sosial

2. Gabung Grup sebanyak-banyaknya

Bergabunglah dengan grup yang sesuai sebanyak-banyaknya. Semakin banyak semakin Anda leluasa untuk melakukan promosi produk. Setidaknya bergabung dengan lebih dari 20 Grup yang relevan, pastinya seluruhnya adalah Grup yang berpotensi bukan Grup asal-asalan.

3. Bergabung dengan Grup banyak anggota

Efektifkan Anda berpromosi di sebuah Grup yang memiliki sedikit anggota? bahkan 1000 anggota masih sangat kurang. Pastikan Anda mendapatkan Grup dengan anggota lebih dari 10.000 anggota, akan lebih baik jika lebih dari itu. Postingan Anda akan semakin banyak dilihat orang, bahkan untuk Grup dengan anggota sedikit terkesan seperti Grup yang kurang aktif.

4. Grup dengan lingkup area Anda

Jika Anda bergerak dalam bisnis yang kurang memungkinkan untuk dilakukan transaksi jarak jauh, bisa bergabung pada Grup yang khusus untuk lingkup area kota Anda. Sebagai contoh adalah Grup “Jual beli area Purwokerto”, “Jual beli gadget Bekasi” dan sebagainya.

5. Lakukan posting lebih teratur

Postinglah produk/jasa Anda dengan jelas, lengkap beserta gambarnya. Bahkan semakin lengkap deskripsinya semakin bagus, khususnya mengenai harga, cara transaksi (COD dan kirim), dan kondisi barang. Mungkin Anda harus memposting dengan rentan waktu yang cukup, seperti sehari sekali, dua hari sekali atau beberapa hari sekali pada satu Grup. Untuk postingan berkali-kali dalam hari yang sama akan dianggap sebagai spam.

Baca juga:  Media Sosial yang Tidak Efektif Untuk Pemasaran Online

6. Komentar memunculkan postingan

Ada beberapa orang yang memposting sesuatu pada Grup Facebook, dan mereka tidak mendapatkan respon dari anggota lain. Dan ternyata permasalahannya adalah tidak munculnya postingan di Dinding Grup. Keunikan dari fitur Grup memang penggunaan komentar yang digunakan untuk memunculkan postingan. Itulah mengapa ada beberapa orang berkomen “up” atau “sundul” pada postingan. Tujuannya untuk memunculkan kembali postingan yang dibuat.

7. Aktif melakukan respon

Aktif artinya Anda harus membalas setiap komentar yang masuk. Sebagai umpan balik sekaligus menjadikan postingan Anda tidak tenggelam. Tetapi untuk transaksi lebih lanjut lagi bisa dilakukan via PM, SMS, maupun melalui aplikasi Messenger.

8. Hindari penggunaan Bot

Seller nakal atau biasanya adalah seller penipu kebanyakan ingin mendapatkan uang lebih cepat dengan penggunaan Auto posting atau sering dikenal dengan bot. Penggunaan software terlarang sebaiknya Anda hindari ketimbang harus menanggung resiko dari peraturan Facebok.