Berbicara soal ekstensi domain, tentunya sebagian besar dari kita sudah cukup familiar dengan kode .com atau .co.id. Kedua domain tersebut merupakan domain terpopuler dan paling banyak digunakan untuk berbagai jenis website seperti profile perusahaan, toko online maupun untuk kepentingan lainnya. Selain .com dan .co.id Anda juga bisa memiliki beberapa kode yang juga cukup bagus seperti .net, .org, .info, .us dan lain sebagainya.

Itu adalah kode-kode domain internasional, sedangkan kode lain untuk lokal (Indonesia) juga memiliki banyak pilihan untuk berbagai penggunaan seperti website desa dengan kode .desa.id, website pemerintahan dengan kode .go.id, maupun website pendidikan dengan kode .sch.id. Mungkin bagi Anda yang merasa beberapa kode domain diatas sudah mainstream dan ingin menggunakan kode domain lain, sebenarnya saat ini sudah banyak tersedia.

Pada situs penyedia domain lokal yakni indowebsite.net telah menuliskan daftar kode ekstensi domain khusus yang dilabeli produk baru. Nama-namanya unik dan diperuntukan untuk penggunaan halaman tertentu.

Mungkin Anda penasaran apa saja daftar ekstensi domain terbaru yang anti mainstrean pada indowebsite.net. Berikut kami berikan ulasannya beserta keterangan harga pada bulan September 2015:

1. Domain .actor

Domain terbaru yang ada didaftar situs indowebsite.net. Cukup unik memang .actor dan kemungkinan ekstensi ini diperuntukan bagi halaman website aktor-aktor film. Nama domain semacam ini tentunya lebih memperjelas bahwa pemilik website adalah seorang pemain film. Ekstensi domain .actor dibanderol dengan harga yang cukup mahal mencapai Rp 466.000.

2. Domain .audio

Domain unik kedua adalah .audio, dengan kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp 171.000. Relatif murah memang, padahal kode ini termasuk sangat khusus. Domain .audio kemungkinan besar bisa dimanfaatkan untuk halaman website grup band, situs download, perusahaan rekaman atau apa saja yang didalamnya terdapat file audio.

3. Domain .bar

Ketiga adalah domain .bar, sebuah domain yang juga sangat khusus. Tidak ada keterangan pasti apakah .bar ini diperuntukan untuk halaman website bar yakni tempat/konter yang menyajikan minuman beralkohol ataukah untuk maksud lain. Kemungkinan memang untuk bar konter penyedia minuman. Ekstensi domain ini dihargai cukup mahal mencapai Rp 932.000.

4. Domain .career

Domain khusus dan unik berikutnya adalah .career. Sebuah domain mahal karena indowebsite.net membanderolnya dengan kisaran harga mencapai Rp 1.397.000. Apa istimewanya sehingga dibanderol begitu mahal? Kemungkinan .career diperuntukan untuk situs direktori dunia kerja, situs lowongan pekerjaan atau situs perusahaan yang mencari tenaga kerja.

5. Domain .christmas

Dari beberapa domain khusus diatas, mungkin kode ini yang cukup menarik perhatian. Ya, dengan nama .christmas membuat banyak orang bertanya-tanya untuk apa ekstensi domain ini? Dengan harga yang ditawarkan Rp 373.000, Anda bisa mendapatkan .christmas. Mungkin lebih cocok untuk situs toko yang menjual barang-barang natal, atau mungkin situs gereja.

6. Domain .cooking

Dengan harga yang relatif standar, yakni Rp 373.000 domain .cooking sekiranya sangat cocok digunakan untuk membuat website tentang dunia masakan. Apakah restauran? atau website berisi resep makanan dan sejenisnya.

7. Domain .diet

Jika Anda berniat untuk membuat website yang berisi artikel kesehatan dan gaya hidup, sepertinya sangat pas jika menggunakan domain .diet. Ya, domain khusus dan baru ini diperuntukan untuk umum dengan harga relatif cukup murah yakni Rp 248.000. Mungkin karena kata diet lebih erat kaitannya dengan dunia kesehatan dan gaya hidup yah.

8. Domain .reviews

Bagi para blogger atau pengelola situs yang banyak menulis tentang review, saatnya Anda beralih untuk menggunakan nama ekstensi domain khusus yakni .reviews. Apapun artikel reviewnya dipastikan cocok jika websitenya menggunakan nama domain ini. Lagipula penggunaan domain semacam ini juga bisa memperkuat elemen SEO. Domain ini dihargai Rp 279.000

9. Domain .photo

Anda seorang fotografer professional atau mungkin hobi memotret dan sering mengunggahnya di internet. Buatlah halaman khusus dengan domain .photo. Sebuah domain yang memang khusus untuk dunia fotografi. Harga yang ditawarkan adalah Rp 373.000.

10. Domain .property

Pengembang, developer atau pemilik perusaan kontraktor, cocok menggunakan ekstensi domain .property. Kode ini ditawarkan dengan harga Rp 373.000.