Cara-Unik-Mempromosikan-Blog-Anda-Secara-Offline

Trik SEO sudah dilakukan, fans page sudah memiliki banyak penggemar, Instagram sudah memiliki banyak follower dan blog setiap hari diupdate. Namun sepertinya masih kurang saja dan ingin menjadikan blog memiliki lebih banyak pengunjung. Itulah sifat dasar manusia, tidak pernah puas atas apa yang sudah dicapainya.

Namun yang jadi pertanyaan adalah ketika segala trik dan strategi promosi blog via online sudah dilakukan adakah trik lain? Adakan trik yang berbeda, tetapi efektif menjaring banyak pengunjung untuk masuk blog kita? Oke, jika demikian yang Anda inginkan, maka cobalah beralih ke sistem promosi blog via offline. Jadi Anda tidak harus berlama-lama didepan komputer hanya untuk mempromosikan blog karena tanpa komputer Anda pun bisa.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara unik mempromosikan blog secara offline (tanpa memanfaatkan jaringan internet):

1. Buatlah Stiker

Cara unik pertama adalah dengan membuat stiker. Buatlah stiker yang berisi alamat blog Anda dan sebarkan ke banyak orang. Memang akan membutuhkan biaya, meski tidak banyak. Namun percayalah trik ini sebenarnya cukup efektif karena stiker umumnya orang akan ditempel pada helm, lemari, pintu rumah, laptop, sepeda motor, mobil, jendela dan lain-lain.

Semakin banyak orang yang akan melihat dan penasaran untuk membuka blog Anda. Buatlah kata-kata menarik, sebagai contoh cantumkan nama blog Anda, misal TulisBaca.com pada stiker, kemudian diberi keterangan “blog untuk wirausahawan muda berisi artikel menarik tentang dunia bisnis”. Anda bisa mengkreasikan sendiri bagaimana stiker yang akan dibuat.

2. Membuat Banner

Jika stiker dianggap kecil, maka buatlah banner atau spanduk tentang blog Anda. Karena ukurannya lebih besar maka Anda bisa mengkreasikan tulisan lebih banyak dengan keterangan serta paduan gambar yang relevan. Mungkin butuh biaya mahal bila harus memasangnya pada papan baliho jalan protokol. Setidaknya Anda bisa memasangnya di area yang gratis seperti depan rumah, lingkungan sekolah, atau tembok pinggir jalan dekat rumah Anda. Pastikan banner dapat terlihat dengan jelas, dan desainnya tidak terlalu rumit.

3. Promosikan Pada Event

Inilah pentingnya memiliki relasi, Anda bisa mempromosikan blog lewat bantuan relasi atau rekan Anda. Sebagai contoh Anda bisa mempromosikan blog pada event-event di kota Anda, baik event musik, pameran dan sebagainya. Kerja sama dengan EO dan meminta ijin agar Anda boleh memasang banner blog. Mungkin Anda akan dikenai sedikit biaya karena bertindak sebagai sponsor. Alangkah bagusnya jika ternyata EO event adalah rekan Anda sehingga bisa memasang banner gratis.

4. Beritahu Secara Langsung bila Sedang Berbincang-Bincang

Beruntunglah bila ternyata Anda adalah orang yang gemar bersosialisasi karena akan mempermudah untuk promosi blog. Usahakan pada setiap bertemu teman Anda memberitahu alamat blog dan mintalah agar mereka mengunjungi sekali-kali. Sering kali orang akan penasaran dan ingin mengetahui seperti apa tulisan atau hasil karya Anda. Apalagi saat ini sudah banyak pengguna smartphone sehingga mereka bisa langsung mengaksesnya.

5. Signature Pada SMS

Karena ini trik promosi via offline, maka menyebarkan alamat via BBM, YM atau WhatsApp tidak termasuk. Namun penggunaan signature pada SMS adalah termasuk trik promosi offline. Pada setiap pesan SMS Anda bisa menambah alamat blog, dan ini cukup efektif untuk mendapatkan pengunjung.

6. Buatlah T-shirt

Seorang calon legislatif yang hendak bertarung pada ajang pilkada saja harus berkorban untuk mengeluarkan banyak biaya membuat t-shirt bergambar dan bertuliskan dirinya. Trik ini memang sangat klasik namun cukup efektif dan bisa Anda coba. Mungkin biayanya cukup mahal, apalagi Anda harus membuatnya dalam jumlah banyak untuk dibagikan. Pastikan desain t-shirt tidak ‘norak’ dan dengan jelas tertera alamat blog Anda beserta keterangannya.

7. Promosi Pada Kolom Koran

Cara yang diragukan keefektifannya karena saat ini sudah banyak orang yang beralih dari koran ke media online. Namun jika ada tawaran kolom iklan murah, apa salahnya Anda mencoba. Dengan biaya hanya puluhan ribu mungkin Anda akan mendapatkan 50 pengunjung baru lewat promosi koran.

Ada cukup banyak blogger yang melakukan aksi vandalisme hanya untuk mempromosikan blog dengan menulisnya di tembok, tiang, dan tempat umum. Pastikan Anda tidak melakukan trik ‘super kreatif’ ini.