Bagaimana ya cara berbisnis online itu ? Susah atau gampang ? Modal banyak atau modal kecil ? Pasti menghasilkan gak itu bisnis online ? Banyak lagi pertanyaan yang akan muncul bagi mereka/anda yang baru berbisnis online. Sama halnya dengan saya, ketika baru mengenal bisnis online ± 6 bulan yang lalu. Insha allah pada artikel ini “Cara Bisnis Online Untuk Pemula” akan membantu anda memahami akan bisnis online. Singkat cerita mari keintinya :) …

Beragam pertanyaan cara bisnis online mungkin adalah hal yang wajar bagi sobat kita yang belum tau apa itu bisnis online.Berikut penjelasan dari pertanyaan…

Cara Rahasia Bisnis Online
Cara Rahasia Bisnis Online

Pengertian Bisnis Online
~ Bisnis online adalah kegiatan jual/beli atau penawaran sesuatu yang dilakukan di internet (dunia maya). Yang mana inti bisnis online itu adalah pokoknya kita menghasilkan uang dari internet, baik itu mendatangkan pelanggan atau berpromosi, pokoknya bisnis di dunia maya, deh ! .
Baca Juga ini : Tips Memulai Bisnis

Bentuk Bisnis Online
Berikut ini adalah gambaran dari bentuk bisnis online. Dan secara garis besar bentuk bisnis online ada 2, yakni berbisnis online menjual suatu produk dan berbisnis online lewat tulisan.

  • Produk  
    1. Jasa
    2. Barang
  • Review
    1. Tulisan → Menggunakan media blog
    2. Slot Iklan
    3. Pay Per Click

Penjelasan “bentuk bisnis online”.

1. Produk, ini adalah bentuk bisnis online yang mana anda menjual atau mempromosikan suatu produk secara online. Produk tersebut dapat berupa jasa atau barang. Intinya memiliki produk untuk dijual.

2. Tulisan, ini merupakan bentuk bisnis online yang mana anda di tuntut untuk memiliku media penyalur tulisan, contohnya fans page dan blog. Namun, lebih direkomendasikan untuk memiliki sebuah blog. Bisnis online dengan tulisan dan blog sama halnya anda menjual klik dan slot iklan yang ada pada blog anda tentunya. Potensi klik adalah kunci bisnis PPC.

Bagaimana dengan review ? Review dalam bentuk tulisan ? Ya. Itulah gunanya blog tempat meletakkan artikel review dan media penyalur tulisan anda ke pengguna internet. Ini merupakan kerjasa penulis / pemilik blog dengan perusahaan / instansi yang memesan agar usahanya direview. Tulisan berkualitas dan kerjasama yang baik adalah kuner utama.

Baca Juga ini : Cara Dapat uang dari Blog

Cara Memulai ber-Bisnis Online

Langsung saja keintinya, cekidooott.. ..
~ Langkah 1

  • Membuat media promosi, misalnya situs website, fans page, atau marketplace.

~ Langkah 2

  • Mulai membuat konten atau detail produk anda pada media promosi berikut.

~ Langkah 3

  • Berpromosi ke segala arah, seperti meminta bantu ke teman anda untuk memberitahu bahwa anda menjual produk ini itu, bangunlah jejaring yang besar, berpromosi di perusahaan pay per click, dan terapkan teknik promosi online ini.

~ Langkah 4

  • Menunggu pelanggan pertama dan berikanlah layanan terbaik.

~ Langkah 5

  • Dalami dan pelajari selalu info-info tentang bisnis online. Kalau bisa ikutilah seminar-seminar tentang bisnis online.

Cara-Cara Bisnis Online

Inilah inti dari CARA BISNIS ONLINE. Namun, sebenarnya bisnis online tersebut memiliki model dan cakupan yang luas. Berikut  2 cara bisnis online yang saya pelajari dari berbagai sumber.

1. Cara Bisnis Online Lewat Facebook.

Kurangilah waktu untuk nongkrongin facebook sambil baca status orang yang tiada guna bila itu status pribadi :D. Kalo status yang membahas agama, info, bisnis, dan pendidikan itu harus dibaca karena ada manfaatnya. Dan mulailah berbagi melalui facebook, serta  $$$ mengalir terus. Berikut cara bisnis online lewat facebook.

~ Pertama :  Buat fanspage dengan tema yang sering dicari oleh penggu internet, seperti artis, info bisnis, dakwah, berita olahraga, film, peliharaan, kesehatan, dan lain-lain.
Intinya sering dan ada fans dari tema fans page yang anda buat.
~ Kedua : Bangun fans page tersebut hingga mendaftarkan ribuan like. Dan ciptakanlah interaksi antara anda dengan para liker fanspage tersebut.
Bagaimana cara dapat liker sebanyak itu ?

1. Pasang iklan fanspage anda di fb ads.
2. Bergabung denga grup yang bertema sama dengan fanspage anda dan promosikan
3. Promosikan fanspage tersebut kemana saja ( sesuai target pasar judan anda nantinya ).

~ Ketiga : Monetize atau hasilkan uang. Inilah saat yang ditunggu-tunggu hasilkan $$$ dari fanspage yang anda bangun. Metode monetize paling sederhana adalah dengan menyediakan produk sendiri, lalu menjualnya. Kedua, menjadi affiliate marketers di situs affiliate, seperti amazon.com, ebay.com, clickbank.com, lazada.co.id, dll.

Dan produk yang anda tawarkan tersebut harus bertema sama dengan fanspage tersebut. Bila fanspage bertema artis, misalnya Demi Lovati, produk yang anda tawarkan bertema tentang Demi Lovato juga. Lakukanlah hal di atas secara rutin, dan siap menerima $$$$ tiap bulannya. Selamat berjuang.

2. Cara Bisnis Online Lewat Blog

Ada dua metode bisnis online lewat blog, takni membuat toko online dan sebagai penjual klik iklan (PPC). Berikut langkah cara berbisnis online lewat blog.

1) Berdagang secara online (online marketing)

~ Langkah 1 : Sediakan produk yang bisa dikirimkan atau memenuhi syarat pengiriman. Intinya bisa dikirim keseluruh dunia. Misalnya bubur, apakah bubur bisa dikirim ke eropa dengan waktu tempuh ± 5 hari ? Bisa, tapi waktu di eropa udah basi :D ( tak cocok dengan syarat pengiriman ) → berupa barang.

Produk berupa jasa, seperti jasa menulis artikel, jasa desain web, jasa seo, jasa broker, dan sebagainya.

~ Langkah 2 : Promosikan ke marketerplace, iklan baris, menjadi advertiser, dan berpromosi lewat forum.

~ Langkah 3 : Buatlah sebuah website sebagai pemasaran yang teroptimasi SEO.

SELESAI !

2) Sebagai Penjual Klik (PPC)

~ Langkah 1 : Buatlah sebuah blog.

~ Langkah 2 : Isi dengan konten yang banyak dicari dan berkualitas bagi search engine maupun berkualitas bagi pencari, ini hal yang HARUS anda lakukan. Berkualitas ! :)

~ Langkah 3 : Terus isi dengan konten-konten dan update secara berkala. Dan usahakan trafik sehari lebih dari 1000 unik visitor ( berbeda IP).

~ Langkah 4 : Setelah langkah 3 tercapai, bergabunglah dengan perusahaan pay per click atau menyediakan slot iklan untuk para advertiser.

SELESAI !

Sepertinya mudah ! Namun, kedua metode di atas membutuhkan waktu serta perjuangan. Bila dibandingkan dengan hasil yang anda dapatkan nantinya tak akan seberapa waktu & perjuangan dengan hasil. Bersungguh-sungguh, pantang menyerah, fokus, dan waktu adalah kuncinya. Semoga bermanfaat.

P.S :   Dimohon bantuannya untuk men-share artikel ini Cara Rahasia Bisnis Online Untuk Pemula . Jika teman anda sama terbantunya dengan anda, Insha Allah anda akan mendapatkan pahala. Tolong di share dengan tombol di bawah ini.

Baca juga:  Melihat Bagaimana Online Marketing yang Dilakukan Situs Lazada