Ilustrasi Brain ( Tingkatkan Kecerdasan )

Kecerdasan seseorang mengarah kepada otak dan kekuatan seseorang akan mengarah kepada energi dan otot. Otak dan otot saling membutuhkan diantara mereka untuk menghasilkan hasil yang optimal. Otak juga memerlukan latihan seperti otot, latihan otak sederhana ialah menyeimbangkan otak tersebut salah satunya dengan senam otak. Gunakanlah otak dengan tepat dan bermanfaat bagi diri sendiri & orang lain. Jadilah seorang pemikir yang pintar dan terdidik. Berikut 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anda.

1. Minimalkanlah Waktu Anda Bersama Gadget

Pada zaman sekarang, gadget semakin berkembang dan sudah menjadi kebutuhan sebagian besar manusia. Beragam jenis gadget diproduksi oleh perusahaan, mereka berpacu-pacu menciptakan gadget dengan berbagai kelebihan dan model daripada yang lain. Gadget tipe ponsel sangat digemari, seperti BlackBerry, Samsung, Nokia, HTC, Mito, dan Sony ( Kalo ada yang lain mohon tambahkan di kolom komentar ). Minimalkan waktu anda bersama gadget tersebut. Karena gadget dapat memperlambat kinerja otak. Contoh sederhana, di kelas admin yang juara 1 ( pertama ) dari hasil penelitian sekilas tampak bahwa meminimalkan meggunakan gadget dapat mempercepat kinerja otak, tampak ketika teman-temanya sibuk bergurau melalui facebook, twitter, dan youtube>>( download video korea -_-” ), tetapi ia malah memilih untuk berdiam diri dibandingkan menggunakan gadget. Terutama ponsel, penggunaan ponsel secara rutin akan memperlelet kinerja otak anda.

2. Berolahraga yang Rutin

Baca juga:  7 Kebijakan Tentang Pendidikan Terbaik di Finlandia

Berolahraga dapat melancarkan pembuluh-pembuluh darah dan oksigen. Sehingga oksigen akan mudah ke otak, dengan begitu otak akan lebih fresh dan daya tangkap lebih tinggi. Penelitian terbaru di Universitas of Texas di Amerika Serikat mengatakan bahwa jika berolahraga 30 menit per hari dapat mengubah anda menjadi pintar. Penelitian yang dilakukan dari 1100 mahasiswa, mahasiswa yang mendapatkan nilai A lebih lama berolahraga daripada mahasiswa yang berolahraga tak selama yang mendapatkan nilai A. Berolahraga akan meningkatan energi, fokus, suasana hati menjadi lebih baik, meingkatkan produktivitas, dan olahraga dapat meningkatkan memori.

3. Banyak Membaca

Membaca akan membuka gerbang masa depan yang cerah. ” Baca Buku Buka Dunia ”. Temukanlah gaya membaca yang asyik bagi anda, agar membaca menjadi sebuah hobi. Sebaiknya anda membaca buku-buku yang memotivasi diri sendiri, merangsang psikis anda untuk maju dan meningkatkan daya pikir serta kemampuan menulis. Bagi pelajar hal itu dilakukan sebagai nomor 2 disamping membaca buku pelajaran sekolah. Sebaiknya membaca buku yang membuat anda fokus dan memotivasi seperti buku yang menceritakan kisah hidup Dahlan Iskan. Jika waktu anda kosong manfaatkanlah itu untuk membaca. Ingat ! Membaca adalah menyerap 100% informasi yang dibutuhkan bukan membaca 100% informasi yang disampaikan oleh penulis.

4. Cepatlah Tidur dan Cepatlah Bangun

Berkonsentrasi disaat mata sudah 5 watt itu sangat susah. Usahakanlah untuk tidur cepat dan bangun cepat. Ketika seseorang begadang itu akan membuat konsentrasinya melemah dan disaaat bangun pagi akan lesu. Contoh pengalaman Cepatlah Tidur dan Cepatlah Bangun adalah seseorang tidur pada jam 9 malam dan bangun pada jam 4 pagi. Disaat pagi otak dan lingkungan terasa fresh sangat baik digunakan untuk berolahraga dan belajar. Pengalaman pribadi disaat belajar pada jamĀ  4 pagi s/d 6 pagi otak lebih produktif dan menyerap informasi lebih mudah dibandingkan belajar hingga jam 12 malam. Pada siang hari anda sebaiknya juga tidur selama 10 s/d 20 menit, hal itu akan membuat konsetrasi lebih meningkat dan fokus disaat anda hendak bekerja lagi setelah bangun.

Baca juga:  Pakar Inggris Tolak Aturan Sekolah Usia 5 Tahun

5. 3 R ( Refleksi, Relaksasi, dan Rekreasi )

Ketika syik bekerja, karena keisbukan yang berujubg kewalahan akan membuat konsentrasi terganggu. Sediakanlah waktu anda untuk berrefleksi ( menenangkan diri yang akan memberikan kesempatan untuk mengatur pikiran dan memprioritaskan tanggung jawab ). Relaksasi dan rekreasi akan menjadikan otak anda kembali segar dan siap untuk berkerja kembali. Fokus dan konsentrasi akan terjaga.

Semoga Bermanfaat.