Kecanggihan-Kamera-DSLR

Ada Nikon, Canon, Sony, Panasonic, Olympus, Fuji, Pentax, Leica atau GoPro. Mungkin Anda sedikit bingung karena terlalu banyak produk kamera yang ditawarkan dan semuanya mengklaim menjadi yang terbaik, tercanggih dan paling solid. Lalu sebenarnya mana kamera khususnya DSLR yang memiliki kecanggihan sejati alias kecanggihan asli yang benar-benar bisa berguna?

Penting untuk mengetahui seberapa kecanggihan kamera DSLR bagi Anda yang berencana membeli untuk berbagai keperluan agar tidak menyesal kemudian hari. Tidak sulit sebenarnya untuk melihat spesifik kecanggihan sebuah teknologi kamera, hanya saja memang perlu memperhatikan secara seksama spesifikasi satu per satu.

Nah, berikut ini adalah cara bagaimana melihat seberapa kecanggihan kamera DSLR:

Artikel lain: Membuka Bisnis Studio Foto Dengan Budget Dibawah 10 Juta

1. Ketahui Ukuran Sensornya

Sensor ibaratnya adalah nyawa sebuah kamera digital karena komponen ini adalah alat yang bisa menghasilkan gambar. Semakin besar ukuran fisik sensor, maka semakin bagus kamera tersebut. Untuk DSLR umumnya memiliki fisik sensor berukuran 23.6 mm × 15.6 mm untuk crop format. Namun sensor terbaik adalah DSLR Full Frame yang mencapai 36.0 mm × 23.9 mm.

Dari segi detail gambar, sensivitas dan warna, sensor yang Full Frame lebih baik. Jangan harap hasil terbaik dari sensor kamera ponsel atau sejenisnya karena bagaimana pun ukuran sensornya sangat kecil.

2. Megapiksel Bukanlah Standar Kecanggihan

Sering kali orang awam mendefinisikan angka Megapiksel sebagai standar kecanggihan sebuah kamera. Banyak pendapat bilang semakin besar angkanya maka semakin bagus. Padahal besarnya Megapiksel tidak mempengaruhi kualitas sebuah foto. Megapiksel hanya merupakan sejuta titik elemen gambar atau sederhananya hanya mempengaruhi besarnya sebuah foto.

Baca juga:  Inilah Beberapa Jasa dan Jualan Online Terunik Serta Aneh, Pasti Ga Nyangka

Semakin besar angka, hanya membuatnya semakin besar, bukan menambah kualitasnya. Jadi jangan terpengaruh dengan iklan kamera dengan MP besar. Tetap lihat spesifikasi lainnya.

3. Lihat Kecanggihan AutoFockus-nya

Pastikan Anda melihat detail spesifikasi fitur AutoFokus sebuah kamera DSLR karena ada kamera DSLR yang ternyata hanya memiliki kemampuan standar. Yang canggih adalah sistem AF dengan 3D Tracking dimana fokus akan tetap dapat meski objek bergerak. Selain itu ketika menggunakan fitur perekaman video, kamera juga tetap dapat digunakan dengan mode AutoFokus.

4. Memiliki Fitur IR Untuk Wireless Shutter

Banyak yang tidak memperhatikan fitur sebuah kamera, salah satunya adalah fitur IR (Infra Merah) untuk konfigurasi dengan Remote Shutter. Fitur ini berguna pemotretan dengan menggunakan Remote, seperti Anda mematikan dan menyalakan televisi dengan Remote. Biasanya untuk foto selfie atau foto grup dimana pemilik kamera harus ikut berfoto.

5. Continous Shoot

Pernahkah Anda menyadari bahwa kamera DSLR umumnya dapat memotret hingga 2 sampai 3 foto dalam waktu satu detik? Ini bisa dilakukan dengan fitur yang disebut Continous Shoot atau Continous Brust. Tetapi 3 foto dalam satu detik masih standar, karena masih banyak kamera berkualitas yang mampu memotret hingga 4 sampai  6 foto dalam waktu satu detik.

6. ISO Tinggi Namun Dengan Noise Sedikit

Banyak DSLR, tetapi banyak juga yang ternyata tidak mempu mempertahankan kualitas gambar bersih saat penggunaan angka ISO tinggi. Bahkan angka 800 sudah sangat berbintik-bintik. Lebih baik cari DSLR dengan kemampuan peredaman noise baik, bahkan ada yang sampai angka 6400 namun tetap terlihat bersih. Biasanya kemampuan peredaman noise berkaitan dengan besarnya sensor dan kualitas prosesor didalamnya.

Baca juga:  Apa itu COD, Ini Yang Harus Kita Ketahui Tentang Transaksi Cash On Delivery

7. Bukan Seberapa Banyak Mode

Dikira semakin banyak Mode pemotretan pada bulatan semakin bagus. Padahal ini adalah salah kaprah, justru semakin tinggi kelas sebuah kamera maka semakin sedikit Mode yang tersedia. Tidak ada lagi Mode Lanscape, Portrait, Macro dan sejenisnya. Bahkan DSLR seri D4S terbaru dari Nikon hanya bisa dioperasikan secara Manual saja.

8. Fitur Video

Untuk saat ini DSLR canggih di identikan dengan dukungan fitur video. Pastikan DSLR yang Anda pilih mampu menghasilkan video kualitas HD 1080p atau minimal 720p yang berjalan pada 24fps sampai 30fps.

Baca juga: Jangan Asal Memotret Produk yang Diposting di Web

9. Semakin Canggih Semakin Berat

Memang ini menjadi fakta yang menjadi pro kontra, tetapi kenyataannya setiap DSLR canggih memiliki bobot yang lebih berat. Jadi jangann takut untuk membeli DSLR dengan bobor berat.