Penggunaan ponsel yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk berkomunikasi, tampaknya memang benar-benar membantu manusia untuk berinteraksi, berbisnis maupun untuk keperluan lain. Namun tentunya Anda sudah pernah mendengar tentang radiasi ponsel yang juga berbahaya.

Sebelumnya Anda perlu tahu apa itu radiasi. Pada sebuah ponsel terdapat transmitter yang sanggup mengubah suara menjadi gelombang sinusoidal kontinu dan pada selanjutnya dipancarkan keluar lewat antenna serta gelombang yang berfluktuasi melalui udara.

Nah, pada Gelombang RF (radio frequency) inilah yang ternyata bisa menimbulkan radiasi elektromagnetik. Saat seseorang sedang menggunakan ponsel, misalnya orang menelpon, ponsel biasanya diletakkan dekat kepala. Pada posisi ini, peluang terpapar radiasi dari HP kepada jaringan tubuh tentunya sangat besar.

Setidaknya ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk mengurangi bahaya radiasi ini. Berikut ulasannya:

1. Ganti profile menjadi Flight Mode di HP

Fitur mode terbang digunakan untuk menonaktifkan sinyal jaringan, baik  itu untuk masuk maupun untuk keluar. Ternyata ini cukup besar manfaattnya untuk mengurangi radiasi HP, khususnya bagus digunakan ketika Anda sedang tidur maupun sedang tidak menggunakan jaringan mobile. Jadi sebaiknya jika sedang menonton video offline, maupun musik dan kegiatan di HP non aktifkan jaringan. Trik ini hampir sangat jarang digunakan pengguna ponsel.

2. Matikan Handphone sepenuhnya

Cara yang benar-benar sangat ampuh menghindarkan Anda dari pancaran radiasi tentu saja adalah mematikan ponsel. Disini Anda akan benar-benar aman karena tidak ada perangkat yang aktif. Mungkin memang cocok untuk Anda yang ingin konsentrasi tidur atau bekerja tanpa gangguan.

Baca juga:  7 Rahasia Kecanggihan Sistem Operasi Windows 7 Yang Jarang Diketahui

3. Gunakan Headset

Penggunaan headset ternyata juga penting, bukan sekedar gaya-gayaan, namun juga mampu secara efektif membuat Anda terhindar dari bahaya radiasi. Ini dikarenakan ponsel tidak tersentuh langsung dengan kulit Anda. Namun yang perlu hati-hati adalah, jangan sampai suara headset yang keras merusak kuping Anda. Cukup dengan volume yang sewajarnya saja.

4. Manfaatkan Fitur Loadspeaker

Loudspeaker juga sangat efektif untuk menghindarkan Anda dari bahaya radiasi. Bertelepon dengan seseorang tanpa harus menempelkan ponsel ke kuping. Mungkin kualitas suara tidak sebagus fitur biasa, namun setidaknya cara ini efektif menstop radiasi. Anda bisa menempatkan ponsel beberapa senti didepan Anda.