Koran
Surat Kabar

 

Pada umumnya kita para beginner yang baru menulis ingin cepat sukses dan mendapatkan apa yang ia impikan sebelumnya. Kebanyakan dari mereka berpikir dengan menulis langsung mendatangkan uang,  hal ini harus diperhatikan agar tidak kecewa ditengah jalan. Semua di dunia ini membutuhkan proses dan usaha, No Pain No Gain ! proses dan usaha itulah yang akan membawa kita kepada kesuksesan. Bagi seorang beginner hal yang paling utama ialah tujuan ia menulis dan tekat yang kuat untuk melakukanya. Ini adalah artikel yang saya buat mengenai hal-hal penting menulis dan tujuan menulis [ KLIK ]. Mencari segala cara cepat untuk mendatangkan kesuksesan dengan cepat pula tanpa memikirkan bahwa itu akn berhasil atau tidak.

Banyak sekali sekarang buku yang membahas tentang cara cepat tulisan menembus media massa, tetapi di dalam buku tersebut hanya teori-teori saja,hal yang harus dilakukan disamping teori adalah Praktek / Action. 

Bila ingin menjadi seorang penulis di media massa, web/blog, ghost writer, ataupun penulis lepas itu mudah saja. Caranya ialah dengan lakukan menulis, menulis, menulis lagi, dan menulis terus. Ibaratkan sebuah pisau, semakin diasah maka akan semakin tajam. Begitu pula dengan menulis semakin sering menulis maka tulisan tersebut akan semakin berbobot dengan gaya bahasa ala anda sendiri.

Berikut ada tiga cara cepat tulisan diterima media massa. Yaitu, Salin Kembali , Salin Kembali + Pendapat Anda, dan Menulis Terus.

1. Salin Kembali

Salin kembali maksudnya adalah anda menuliskan kembali artikel /opini yang sudah dimuat di media massa dalam jangka waktu seminggu. Sebaiknya anda menulis kembali didalam sebuah catatan khusus atau dengan mengetik di komputer. Dalam satu hari anda menulis ulang satu artikel / opini, lakukanlah hal tersebut selama seminggu. Jika anda terbiasa membaca artikel tulis ulang artikel tersebut, tetapi jika anda terbiasa membaca opini tulis kembali opini tersebut. Disarankan untuk fokus pada satu koran saja. Ingat ! Lakukanlah ini setiap hari secara rutin, jika satu hari tidak terkerjakan berarti hari esok anda harus bekerja double.

Baca juga:  Tips Cara Mudah Menulis Artikel

Tujuan dari Salin Kembali yakni, Anda dapat menentukan jumlah kata yang diperlukan oleh media massa, seberapa banyak kertas yang mesti diperlukan untuk menulis di media massa.

2. Salin Kembali + Pendapat Anda

Setelah anda melalukan salin kembali selama seminggu, sekarang anda diminta kembali untuk menyalin kembali isi media massa tersebut tetapi tambahkanlah pendapat anda di dalam artikel/ opini tersebut selama satu minggu. Salin kembali + pendapat anda bertujuan untuk menambah wawasan, mendapatkan artikel / opini yang relevan dengan artikel minggu sebelumnya, dan menumbuhkan keberanian anda untuk menulis dengan gaya bahasa sendiri.

Jika disaat menulis ulang artikel / opini ada yang anda rasa kurang, segera tambahkan pendapat anda jangan ragu. Ingat ! Pendapat yang anda tambahkan tersebut ada bukti dan referensinya. Salin kembali dan + Pendapat anda untuk 3-4 hari akan terasa berat bagi anda, tetapi dengan rutinitas insyaallah jika tekat yang kuat itu akan menjadi kuat.

3. Tulis Sendiri dan Menulis Terus

Ini adalah saatnya untuk membuktikan hasil dari ” Salin Kembali dan Salin Kembali + Pendapat Anda ”. Ini adalah waktu dimana anda diminta untuk menulis dengan gaya bahasa sendiri. Jika belum mempunyai ide, pada awal-awal anda diperbolehkan untuk menulis yang relevan dengan media massa yang pernah anda tulis sebelumnya, tetapi dengan gaya bahasa sendiri. Dari ” Salin Kembali dan Salin Kembali + Pendapat Anda ” anda akan mengetahui cara mengawalai tulisan yang baik, membuat body tulisan, dan mengakhiri tulisan yang baik. Dengan melakukan tiga langkah ini anda dapat mengetahui gambaran topik apa yang dibutuhkan oleh media massa,tepatnya tulisan yang dibutuhkan oleh media massa ialah ” Topik Aktual ”.

Baca juga:  Cara Menjadi Penulis Artikel

Praktekanlah 3 langkah diatas dalam waktu 3 minggu. Setelah melakukan hal tersebut cobalah untuk mengirimkan tulisan anda ke media massa. Kirimkanlah tulisan anda tersebut dalam waktu tertentu, misalkan 3 hari satu artikel atau 2 hari satu artikel. Insyaallah jika artikel / opini tersebut memenuhi syarat dan topik aktual tulisan anda tersebut akan dimuat.

Mari membuktikan. Smeoga Bermanfaat.