Bisnis-Wisata-Pendakian-Gunung

Entah mengapa saat ini gunung menjadi tempat wisata yang benar-benar sangat ramai di akhir pekan atau hari libur. Terutama pada gunung yang terkenal namanya seperti gunung Merapi, Merbabu, Semeru, Sindoro, Sumbing, Gede Pangrango dan sebagainya. Padahal awal mulanya pendakian gunung hanya dilakukan oleh kelompok tertentu seperti organisasi pecinta alam, komunitas mahasiswa maupun kelompok tim peneliti.

Alhasil saat sekarang ini gunung menjadi tempat wisata yang populer untuk umum, bukan didominasi oleh komunitas tertentu saja. Meski demikian tetap saja kegiatan pendakian merupakan kegiatan yang sebenarnya berbahaya dan butuh persiapan khusus. Ada banyak pemula yang tidak memiliki wawasan pendakian, bahkan karena keteledorannya bukan wisata menyenangkan yang didapat justru malah maut.

Alternatif pendakian lebih amat dan memenuhi safety adalah menggunakan penyedia jasa wisata gunung. Perjalanan dengan bergabung dengan layanan semacam ini bisa dibilang cukup memenuhi standar safety karena ketersediaan peralatan komplit serta adanya pemandu. Jadi bagi Anda seorang anggota pecinta alam yang memiliki banyak pengalaman mendaki gunung khususnya di Indonesia, mengapa tidak menjadikan gunung sebagai sumber pendapatan? Sembari menyalurkan hobi, sekaligus mendapatkan penghasilan dari wisata pendakian ini. Berikut tipsnya:

Matangkan Pengalaman

Untuk membuka jasa layanan tour atau wisata gunung pastikan pengalaman Anda sudah matang. Anda harus merasakan banyak pendakian di beberapa gunung, dan memiliki pengalaman pendakian kondisi cuaca baik cuaca ekstrim maupun cuaca bersahabat. Semakin matang pengalaman Anda semakin bagus karena tanggung jawab yang besar dari layanan tour wisata gunung ini. Agen wisata gunung Anda tidak akan laku jika Anda sendiri selaku leadernya belum berpengalaman.

Paket Pendakian Lengkap

Umumnya penyedia jasa layanan tour pendakian gunung memiliki paket yang lengkap, baik untuk paket open trip maupun private. Untuk paket open trip adalah event atau kegiatan pendakian yang diadakan oleh penyedia tour gunung. Dalam open trip setiap orang bisa ikut dengan batas kuota tertentu serta dengan biaya yang sudah ditentukan. Sedangkan private adalah tour pendakian bersama klien khusus baik perorangan maupun satu kelompok seperti rombongan orang kantor, anak-anak sekolah atau keluarga. Semakin lengkap paket semakin layanan tour Anda ramai.

Pintarlah Dalam Matematika

Ingat pendakian gunung bukanlah jalan-jalan biasa, melainkan perjalanan panjang yang penuh tantangan bahkan terkadang harus dilakukan beberapa hari. Sebagai penyedia jasa tour pendakian Anda harus memperhitungkan segalanya, dan pastikan harga paket memenuhi kebutuhan selama pendakian. Sebagai contoh yang harus diperhitungkan adalah biaya perjalanan, logistik, perlengkapan team pendakian (tenda, sleeping bag, kompor, nesting, dll), dan sebagainya. Jangan sampai Anda salah memperhitungkan hingga tidak mendapat keuntungan bahkan merugi. Paket yang baik adalah tidak terlalu mahal dan tidak terlampau murah.

Safety Adalah Utama

Keamanan dalam pendakian menjadi hal yang diutamakan dari penyedia jasa layanan wisata gunung. Jadi, kesimpulannya Anda tidak boleh hanya memikirkan keuntungan semata namun utamanya adalah keselamatan klien. Patuhi peraturan di gunung, dan tegas mengambil keputusan. Sebagai contoh ketika cuaca badai, pastikan Anda menghentikan perjalanan tim dan tidak meninggalkan seorang pun klien ketika sudah tidak kuat dalam perjalanan. Agen tour pendakian gunung yang baik adalah yang mengutamakan keselamatan.

Jadilah Ramah

Pastikan orang yang menggunakan jasa tour pendakian Anda merasa puas dan nyaman. Salah satu yang membuat nyaman tentu adalah keramahan Anda yang bisa membuat suasana camping menjadi menyenangkan.

Kemampuan Marketing Mumpuni

Lagi-lagi strategi marketing harus Anda miliki ketika mengelola penyedia jasa tour dan wisata gunung. Maksimalkan apa yang ada terutama untuk strategi marketing online, seperti memanfaatkan media sosial, situs website, blog dan forum-forum khusus bertema gunung. Gunakan trik SEO agar semakin banyak orang mengetahui jasa wisata pendakian milik Anda melalui mesin pencari internet. Saran kami adalah gunakan nama jasa tour Anda yang familiar dengan bahasa pendakian, sebagai contoh adalah nama wisata trecking, mustika adventure, edelweis tour dan lain-lain. Sepertinya nama Harapan makmur atau sumber jaya tidak cocok dijadikan nama perusahaan jasa tour pendakian.

Berminat menjadikan keindahan gunung sebagai bisnis dan sumber pendapatan? Setidaknya tips dari kami bisa membantu.